Eksotisme burung surga: Bisakah untuk masteran?

Indonesia memiliki keragaman jenis satwa liar, termasuk burung, yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Keragaman ini menempatkan Indonesia dalam 5 besar negara dengan jumlah spesies burung terbanyak di dunia. Salah satu wilayah yang memiliki spesies burung paling beragam, terutama burung endemik, adalah kawasan Wallacea di wilayah timur Indonesia. Sebagian di antaranya merupakan burung eksotis yang sering disebut burung surga (birds of paradise), yang hanya bisa ditemukan di Papua.

Burung Surga

Kecantikan, kemolekan, dan eksositesme burung-burung yang disebut penduduk asli sebagai burung dewa yang turun dari langit (surga) ini mengundang minat para ilmuwan/peneliti asing, pengamat burung (bird watcher), hingga produser film-film dokumenter, untuk berkunjung dan melihat sendiri kemolekan mereka di habitat aslinya.

Bahkan seorang fotografer alam liar bernama Tim Laman menghabiskan waktu selama 8 tahun untuk mendokumentasi dan mencatat pertemuan dengan bermacam spesies burung surga (silakan baca pengalaman Tim Laman di Tanah Papua di sini).

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Selain memiliki warna bulu dan penampilan cantik jelita, sebagian burung surga yang berada di Papua dan pulau-pulau sekitarnya juga memiliki suara kicauan yang tak kalah merdu. Anda bisa mendengar dan mengunduh beberapa audionya di bagian bawah artikel ini.

Bisakah burung surga dijadikan burung master, seperti yang ditanyakan pada judul artikel ini? Tentu saja bisa, terutama untuk burung-burung yang pandai meniru seperti cucak hijau, cucak hijau mini, murai batu, kacer, keluarga anis, dan sebagainya.

Burung-burung dari keluarga leafbird, misalnya cucak hijau, cucak ranting, cucak hijau kepala kuning, cucak biru, dan cucak hijau mini, serta burung samyong, mempunyai peluang paling besar untuk merekam suara burung-burung surga dan melagukannya secara fasih.

Bahkan jika dijadikan masteran untuk burung kesayangan Anda, tentu menimbulkan keunikan tersendiri bagi burung piaraan Anda.

Nah, berikut ini beberapa suara spesies burung surga, yang bisa dijadikan referensi dan koleksi suara kicauan burung, maupun untuk masteran bagi yang sering memberikan isian-isian unik pada burung piaraannya di rumah.

Dengan audio ini pula, cukuplah bagi sobat kicaumania untuk memiliki suara burung surga, sehingga tak perlu membeli apalagi menangkap mereka di alam liar, karena hampir semua spesies burung surga termasuk dalam daftar burung dilindungi di Indonesia.

Eksotisme burung surga sebagai plasma nuftah Indonesia
Eksotisme burung surga sebagai plasma nutfah Indonesia.

—-

1. Cendrawasih belah-rotan / magnificent bird-of-paradise (Cicinnurus magnificus)

2. Cendrawasih botak / wilson’s bird-of-paradise (Cicinnurus respublica)

3. Cenderawasih goldi / goldie’s bird-of-paradise (Paradisaea decora)

4. Cenderawasih merah / red bird-of-paradise (Paradisaea rubra)

5. Cenderawasih panji / king of saxony bird-of-paradise (Pteridophora alberti)

6. Paruh sabit cokelat / brown sicklebill (Epimachus meyeri)

7. Paruh sabit paruh putih / pale-billed sicklebill (Drepanornis bruijnii)


8. Manucodia jambul keriting / curl-crested manucode (Manucodia comrii )

DOWNLOAD KUMPULAN AUDIO BURUNG SURGA

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

4 Comments

Komentar ditutup.