Lindu Bumi dan Elang Biru jawara di Dan Brig Palur

Lindu Bumi? Mungkin nama ini terasa asing bagi sebagian kacermania. Namun, ini sesungguhnya jagoan yang cukup mumpuni, khususnya di kawasan Solo Raya. Pembuktian terbaru adalah ketika Lindu Bumi menjuarai Lomba Burung Berkicau Dan Brig 6/2 Kostrad Cup di Palur Solo, Minggu (15/12) lalu. Sang pemilil, Pak Kanjeng, memang jarang menurunkannya sampai jauh ke luar kota. Kebetulan, kacer ini juga belum lama pulih dari masa mabung.

Kacer Lindu Bumi
Kacer Lindu Bumi milik Pak Kanjeng (Solo).

—-

Kacer Lindu Bumi baru turun pertama kali pasca-mabung pada IKPBS Special Open, 30 November lalu, dan waktu itu langsung nyeri juara 1 alias double winner. Diturunkan lagi dua pekan kemudian, tepatnya dalam even Dan Brig 6/2 Kostrad Cup di Palur, 15 Desember lalu, dengan hasil juara 1 Kelas Pandawa dan juara 3 Kelas Trisakti.

Penampilannya oke banget, termasuk saat “hanya” menjadi juara 3 di Kelas Trisakti. Kelas ini dimenangi dua kacer jawara lainnya, yaitu Family milik Fandi dari Kalasan – Jogja (juara 1) dan Jos Bush kepunyaan Cak Bahri dari Handayani BC (juara 2).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Fandi Kalasan dan kacer Family
Fandi Kalasan dan kacer Family.

—-

Di Kelas Pandawa, Lindu Bumi mampu mengalahkan kacer Ningrat yang sebenarnya mempunyai kualitas nasional, serta gaco Idris Salim (Salatiga) bernama Dakota. Dakota tampil sebagai runner-up, sementara Ningrat di posisi ketiga.

Melihat penampilan Lindu Bumi pada dua kelas tersebut, banyak penggemar kacer yang kesengseng dan mencoba melamarnya. Namun Pak Kanjeng belum punya rencana menjualnya. Maklum, pada dasarnya, dia dikenal sebagai penggemar kacer sejati.

Kacer Lindu Bumi
Kru Pak Kanjeng bersama kacer Lindu Bumi.

—-

Burung lain yang makin moncer pasca-mabung adalah lovebird Elang Biru milik Anto 999 dari Ananta BF Sragen. Penampilan yang sangat oke membuatnya meraih juara 1 dan juara 3.

Suaranya sangat receh (rajin bunyi), panjang-panjang, terutama pada sesi kedua (Kelas Bharata). Di kelas ini, Elang Biru berhasil menjadi juara, menyisihkan beberapa rivalnya seperti Dewi Amor milik Nyoman Sumanata dari Legian (Bali) dan Semeru milik Mr Ase (Solo).

Lovebird Elang Biru
Anto 999 dan lovebird Elang Biru.

—-

Sesi pertama, Kelas Trisakti, dimenangi Naga Kencana milik Jeffry Osella yang juga langganan juara di kawasan Solo Raya. Juara 2 Roro Jonggrang milik Mr Aris dari Cokroningrat BC, juara 3 Elang Biru, serta juara 4 Barong hasil breeding Wahyu WS BF Jogja.

Lovebird Naga Kencana
Jeffry Osella: Naga Kencana kembali juara.

—-

Harve Papua (Jogja) kali ini kurang beruntung. Bukan karena lovebird andalannya, Sniper, hanya juara 7 dan juara 9. Secara tak sengaja, kakinya terkena paku besi pada pagar. Karena hujan dan tergenang, ada peserta lain yang menginjak pagar, kemudian sisi pagar terangkat dan bagian yang berpaku mengenai kaki Harve Papua. Untunglah, dia segera dibawa ke klinik setempat.

Bersama rekannya Wahyu WS BF yang memiliki lovebird Barong, Harve Papua siap menjajal Anniversary Black Jazz di Ponorogo, Minggu (22/12) lusa.

Mr Bara yang kini menjadi kru Aditya 21 Klaten tampak pede saat menurunkan kenari Green Bell. Dengan lagu standar, namun bercengkok merdu, panjang-panjang dan volume tembus itu, kenari ini akhirnya menjadi yang terbaik.

Mr Bara dan kenari Green Bell
Mr Bara dan kenari Green Bell.

—-

Secara umum, lomba yang digelar atas prakarasa Ko Mbombo, tokoh lama dari Solo, berlangsung ramai dan meriah. Hadiah pun memuaskan, karena diberikan utuh tanpa potongan. Hadiah juga sudah siap sebelum lomba dimulai. Meski terganggu hujan, peserta bisa langsung mengambilnya setelah urutan juara diumumkan.

Ko Mbombo
Ko Mbombo (kanan) siap jadikan Dan Brig 6/2 jadi agenda rutin.

—-

Hujan yang turun sejak sesi ke-9 sampai selesai memang sedikit mengganggu. Untungnya panitia sudah mengantisipasi dengan menyiapkan pedok yang cukup mengelilingi lapangan, sehingga para peserta bisa menyiapkan burungnya tak jauh dari gantangan. Selain itu, tempat berteduh permanen tersedia dalam jumlah cukup di sekeliling lapangan.

Dan Brig 6/2 Palur Solo
Namanya juga musim hujan, wajar kalau turun hujan, he… he…

—-

Suasana lomba di kelas lovebird
Kemeriahan suasana lomba di kelas lovebird.

—-

Selain menuju Anniversary Black Jazz Ponorogo, sebagian kicaumania akan mengikuti Latpres Perwira Team di sebelah Stadion Mini Bekonang, Sukoharjo, sebelum menuju Gebyar Tutup Tahun IKPBS Solo, Minggu, tanggal 29 Desember mendatang. (Waca)

—-

Hasil Lengkap Dan Brig 6 / 2 Kostrad Cup

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.