Analisis breeding burung berkicau tahun 2014

Prospek breding cucakrawa tahun 2014

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

kandang-terbuka-cucakrowo
Induk cucakrowo sedang meloloh anaknya.

—- 

Tabloid Agrobur masih menempatkan cucakrowo sebagai burung yang paling menguntungkan untuk ditangkarkan tahun depan (2014). Om Kicau sepakat, serta memasukkannya dalam level 1 bersama murai batu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ada beberapa alasan yang diungkap Agrobur. Sampai saat ini, anakan cucakrawa masih tetap dicari dan memiliki nilai jual sangat tinggi. Anakan cucakrawa umur 1 bulan lebih, atau sudah bisa makan sendiri, dibanderol pada kisaran Rp 7 juta – Rp 8 juta sepasang.

Harga ini memang bervariasi, tergantung dari tingkat kepercayaan konsumen terhadap penangkar / breeder itu sendiri. Sebab ada juga yang menjual anakan cucakrowo dengan umur yang sama hanya seharga Rp 3,5 juta per ekor, atau Rp 6 juta per pasang.

Kisaran harga yang ditampilkan Agrobur itu nampaknya mengacu pada penangkaran cucakrowo H Syafruddin, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang memang memiliki puluhan pasang indukan berkualitas  top-markotop.

“Permintaan cucakrowo dari tahun ke tahun terus meningkat, padahal harga juga naik terus. Mereka umumnya membeli cucakrowo yang masih anakan,” kata H Syafruddin kepada Agrobur.

Sepasang indukan cucakrowo di kandang penangkaran Om Gunawan 3
Pasangan induk cucakrowo di penangkaran Om Gunawan Solo.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Banyak kicaumania yang heran, kenapa cucakrowo yang pamornya di lomba burung terus merosot, namun tetap digemari banyak orang. Mengapa burung mahal itu tetap laris, meski hanya dijadikan burung rumahan.

Menurut H Syafruddin, mahalnya harga cucakrowo disebabkan populasi di alam liar memang sudah makin menipis, bahkan susah sekali untuk menjumpai di habitatnya. “Di hutan-hutan sudah mulai menyusut. Di sisi lain, banyak breeder yang mengalami kendala atau kesulitan teknis,” ujarnya.

Inkubator anakan cucakrowo di GRD Bird Farm Balikpapan
Inkubator anakan cucakrowo di GRD BF Balikpapan.

Namun, jawaban ini belum menemukan konteks dengan alasan mengapa banyak orang masih terus menggemari cucakrowo, ketika burung ini sudah jarang dilombakan, bahkan sebagian besar event organizer (EO) sepertinya sudah “menghapus” kelas cucakrowo.

Berdasarkan pengamatan Om Kicau, hal ini tidak terlepas dari filosofi Jawa mengenai seorang lelaki sejati, yang harus memiliki lima hal: wisma (rumah; boleh diartikan apa adanya, tempat kediaman / beristirahat), wanodya (perempuan; bisa diartikan istri, pendamping hidup), turangga (kuda; boleh diartikan sebagai kendaraan: mobil, motor), curigo (keris, senjata; bisa diartikan sebagai kecerdasan, kebijakan, juga kekayaan), dan kukilo (burung; bisa juga diartikan sebagai hobi, apapun jenisnya).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Prospek breeding cucakrowo
Dirawat hingga 1-1,5 bulan, kemudian dipasarkan.

Sebagai bagian terbesar dari penduduk Indonesia, masyarakat Jawa bukan hanya terkonsentrasi di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur, tetapi juga hampir di seluruh Indonesia. Mereka, terutama kaum tua yang masih menjunjung filosofi ini, akan memilih dua jenis burung sebagai ikon kukilo: perkutut dan cucakrowo.

Perkutut dan cucakrowo menjadi burung kelangenan sejak nenek-moyang kita, dan sering dianggap melambangkan status sosial pemiliknya. Anggung perkutut masih dapat terdengar dari jarak sekitar 100 meter.

Cucakrowo lebih lantang lagi. Di masa lalu, ketika rumah-rumah belum berimpitan seperti sekarang, kicau cucakrowo bisa terdengar dalam radius 1 km. Apalagi kalau suaranya ropel, dan terus-menerus berkicau, bisa membuat pemiliknya bangga.

Itu sebabnya, penggemar burung cucakrowo umumnya kalangan yang sudah berusia tua, atau anak-anak mereka yang sejak kecil dididik mengenai filosofi kehidupan seorang lelaki dewasa. Sebagian lagi memang penggemar sejati cucakrowo, yang tidak peduli soal filosofi, tetapi memang menyukai keindahan suaranya.

CUCAKROWO: DIBUTUHKAN KEPEDULIAN BERSAMA DARI CR-MANIA DAN EO LOMBA
Cucakrowo, burung kelangenan nenek-moyang kita sejak dulu.

Beberapa penangkar kondang seperti H Syafruddin pun acapkali kedatangan pembeli dari kalangan anak muda. Mereka membeli untuk ditangkar kembali, karena tahu persis permintaan pasar selama ini bagus, dan harganya relatif stabil bahkan cenderung naik.

Semoga ini bisa beberapa pertimbangan bagi Anda yang ingin menangkar cucakrowo di tahun 2014, meski harus menguasai betul sifat, karakter, kebiasaan, dan perilaku burung cucakrowo. Sebagian ilmu tentang cucakrowo bisa Anda pelajari di website omkicau.com. (*)

Sebelumnya <<         >> Berikutnya

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. Gan, kira² burung kenari mulai mengalami penurunan harga kapan ya?
    Masa saya baru ternak harga Üϑα ancur sih
    Kan agak merinding dengernya ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƚɑƗƚɑ

    • Sebenarnya itu tahun lalu Om, sekarang sudah relatif lebih bagus, banyak kok penangkar yang meraih untung daripada merugi.
      Om Adat Sudrajat bisa memanfaatkan forum jual-beli di Om Kicau, gratis. Boleh juga bikin profil penangkarannya untuk dipublikasikan di omkicau, juga gratis. Silakan email artikel dan gambarnya di redaksi[
      at]omkicau.com. Insya Allah berkah.

  2. iya om bener pesan terahir itu,saya (asal : balikpapan) pernah mendengar pencari burung hutan ( murai borneo,kacer) katanya suda sepi di daerah yg biasanya dijumpainya banyak… jadi para pencari burung liarnya semakin masuk kedalam hutan untuk mencari burung murai borneo dan kacernya…

  3. om, harga indukan murai batu sepasang memang segitu kah? bukankah masing2 breeder ngasih harga beda2 ya? breeder recommended yang bisa ngirim indukan seharga segitu ke luar jawa dimana ya?

    makasih

    • Tentu Om, soal harga, tidak pernah ada yang baku. Ini sekadar contoh harga pasangan induk untuk mendapat hasil yang berpeluang lebih bagus.
      Semua angka dalam analisis ini bersifat relatif, tidak akan pernah bisa sama. Jadi cukup diambil 1 sampel saja, jika diambil semua variasi harga, halaman nggak cukup, he.. he..

      • mohon maaf OOT, numpang nanya om

        indukan saya sudah sata satukan ke kandang penangkaran dan akur, saya lihat sarang sudah ada yg diangkut, tapi blm banyak. Yang saya bingung, kenapa yang suka (seolah-olah) ngeram malah jantannya, padahal sarang belum jadi sempurna dan betina belum bertelur?adakah makanan atau treatment yang bisa mempercepat birahi MB, baik jantan maupun betina?yg jantan tampak adem ayem saja. Lalu, apa dampak pemberian BirdMature yang melebihi dosis?

        makasih om

Komentar ditutup.