Analisis breeding burung berkicau tahun 2014

Prospek breding murai batu tahun 2014

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Breeding murai batu
Breeding murai batu tetap prospektif dan berada di level 1.

Tabloid Agrobur juga menempatkan murai batu sebagai salah satu komiditas penangkaran burung yang paling menguntungkan tahun depan (2014). Om Kicau, sebagaimana cucakrowo, menempatkan murai batu dalam level 1 burung penangkaran paling prospektif tahun depan.

Meski ada gejala penurunan jumlah peserta dalam beberapa lomba burung kicauan di Blok Tengah dan Blok Timur, murai batu tetap menjadi primadona lomba di Sumatera dan Blok Barat (khususnya di wilayah Jabodetabek). Di Sumatera dan Jabodetabek, kelas murai batu tetap dipenuhi peserta.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Jumlah penggemar murai batu untuk dijadikan hiburan di rumah tak menyusut, bahkan mengalami peningkatan terus. Ini berdampak pada peningkatnya permintaan anakan murai batu dan / atau MB trotolan.

Breeder murai batu pun terus bermunculan, sebagian besar sudah memiliki pasar masing-masing. Ini akan menjadi ujian, ketika jumlah penangkar murai batu sudah memadai, apakah orang-orang masih memburu murai batu di alam liar?

Sebagian breeder baru muncul dari kalangan pemain sendiri. Mereka sudah punya bekal dalam cara merawat, tinggal mengasah kemampuannya dalam ilmu penangkaran. Namun, dibandingkan dengan pemula biasa, penangkar baru yang berasal dari kalangan pemain lebih siap. Mereka juga memiliki pasar potensial, yaitu kalangan pemain juga.

Indukan murai batu
Pasangan induk murai batu di SKL Bird Farm.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Harga anakan anakan murai batu yang sudah bisa makan sendiri, atau umur 1 bulan lebih, memang bervariasi di tingkat penangkar. Ini wajar, karena produk penangkaran juga memiliki brand images masing-masing.

Produk SKL Bird Farm milik Om Syamsul Saputro di Jatibarang, Indramayu, misalnya, memiliki harga mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah per ekor, dan tetap laris-manis karena sudah memiliki brand images yang bagus, dengan puluhan pelanggan setia dan ratusan calon pelanggan.

Pada level menengah, dan memiliki brand images paling bagus di wilayah Jabodetabek, adalah Arco BF Serang Banten. Harga anakan termurah sekitar Rp 8 juta. Banyak murai batu jawara berasal dari bird farm ini, sehingga menumbuhkan kepercayaan tersendiri di kalangan pembeli.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Arco-Kapuk BF Serang
Om Darlian (Arco BF Serang), penangkar sukses murai batu.

Selebihnya, dalam kisaran rara-rata, harga anakan MB umur 1 bulan paling murah Rp 2,5 juta. Harga ini pun sebenarnya sudah memberi keuntungan layak bagi penangkarnya.

Hampir semua penangkar murai batu tidak kesulitan dalam pemasaran produknya. Sebab, peminat selalu antre, bahkan tidak sedikit yang rela indent (pesan dulu) ketika induk baru bertelur.

“Penjualan anakan murai batu lebih mudah, peminatnya antre,” jelas H Fathulloh, pemain yang juga mengembangkan breeding murai batu. Padahal, produk yang dijualnya memiliki banderol di atas rata-rata, sekitar Rp 4 juta / ekor.

Tingginya harga anakan ini dikarenakan indukan yang digunakan adalah trah burung jawara. “Hampir semua indukan jantan maupun betinanya mengalir darah burung jawara. Nggak pernah tersisa, baru menetas sudah dipesan teman-teman,” ujarnya.

Nah, apakah Anda juga tertarik menangkar murai batu? Untuk komoditas ini, pasar belum jenuh dan harga masih bagus. (*)

Sebelumnya <<         >> Berikutnya

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. Gan, kira² burung kenari mulai mengalami penurunan harga kapan ya?
    Masa saya baru ternak harga Üϑα ancur sih
    Kan agak merinding dengernya ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƚɑƗƚɑ

    • Sebenarnya itu tahun lalu Om, sekarang sudah relatif lebih bagus, banyak kok penangkar yang meraih untung daripada merugi.
      Om Adat Sudrajat bisa memanfaatkan forum jual-beli di Om Kicau, gratis. Boleh juga bikin profil penangkarannya untuk dipublikasikan di omkicau, juga gratis. Silakan email artikel dan gambarnya di redaksi[
      at]omkicau.com. Insya Allah berkah.

  2. iya om bener pesan terahir itu,saya (asal : balikpapan) pernah mendengar pencari burung hutan ( murai borneo,kacer) katanya suda sepi di daerah yg biasanya dijumpainya banyak… jadi para pencari burung liarnya semakin masuk kedalam hutan untuk mencari burung murai borneo dan kacernya…

  3. om, harga indukan murai batu sepasang memang segitu kah? bukankah masing2 breeder ngasih harga beda2 ya? breeder recommended yang bisa ngirim indukan seharga segitu ke luar jawa dimana ya?

    makasih

    • Tentu Om, soal harga, tidak pernah ada yang baku. Ini sekadar contoh harga pasangan induk untuk mendapat hasil yang berpeluang lebih bagus.
      Semua angka dalam analisis ini bersifat relatif, tidak akan pernah bisa sama. Jadi cukup diambil 1 sampel saja, jika diambil semua variasi harga, halaman nggak cukup, he.. he..

      • mohon maaf OOT, numpang nanya om

        indukan saya sudah sata satukan ke kandang penangkaran dan akur, saya lihat sarang sudah ada yg diangkut, tapi blm banyak. Yang saya bingung, kenapa yang suka (seolah-olah) ngeram malah jantannya, padahal sarang belum jadi sempurna dan betina belum bertelur?adakah makanan atau treatment yang bisa mempercepat birahi MB, baik jantan maupun betina?yg jantan tampak adem ayem saja. Lalu, apa dampak pemberian BirdMature yang melebihi dosis?

        makasih om

Komentar ditutup.