21 Jenis burung cabai di Indonesia dan kicauannya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung cabai (bukan cabe), atau sering juga disebut burung kemade, merupakan spesies burung kecil dari genus Dicaeum. Burung-burung ini termasuk jenis flowerpecker, atau burung penyanyi kecil yang kerap berada di pepohonan yang sedang berbunga. Mereka kerap terlihat bersama burung kacamata / pleci saat mencari makanan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sebagian dari kita pernah melihat burung cabai di sekitar halaman rumah, apalagi jika di halaman ini terdapat tanaman buah seperti jambu air, kersen, ceri, dan sebagainya. Berikut ini 21 spesies burung cabai yang ada di Indonesia, beserta suara kicauannya.

Burung cabe-cabean atau burung kemade
Burung cabe-cabean atau burung kemade

—-

Mengapa Om Kicau menulis burung cabai, kemudian dalam tanda kurung terdapat tulisan “bukan cabe”? Bukan apa-apa, ini hanya sekadar cara kita menghormati kesepakatan yang sudah dibuat para ornitholog Indonesia. Lagi pula, dalam bahasa Indonesia, tulisan yang benar memang cabai, bukan cabe. Ya, kita perlu membiasakan memakai istilah yang benar, meski sekilas berkesan sepele.

Burung cabai memiliki persebaran cukup luas, yaitu daerah tropis di wilayah selatan Asia, mulai wilayah timur India hingga Filipina, kemudian ke selatan (Indonesia dan Australia). Genus Dicaeum memiliki keterkaitan dengan genus Prionochilus (sejenis pentis) dan membentuk kelompok monofiletik.

Dalam artikel sebelumnya (cek di sini), sudah dijelaskan salah satu spesies dari burung cabai, yaitu cabai jawa (Dicaeum trochileum). Dalam perawatannya, burung ini bisa disandingkan dengan pleci, atau bisa juga digunakan untuk memancing burung lain berbunyi karena suara crecetannya yang khas.

Kali ini, Om Kicau akan mengulas 21 spesies burung cabai yang ada di wilayah Indonesia, beserta gambar dan suara kicauan sebagai referensi bagi Anda.

1. Burung cabai benalu 

burung cabai benalu
Burung cabai benalu jantan (kiri) dan betina.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Burung cabai benalu atau mistletoebird (Dicaeum hirundinaceum) berukuran sekitar 9 cm. Pada burung jantan, bulu bagian atas berwarna hitam berkelir kebiruan. Adapun tubuh bagian bawah berwarna merah jambu.

Pada burung betina, bagian atas tubuhnya berwarna cokelat-zaitun. Tunggir berwarna kemerahan, sedangkan bagian bawah berwarna putih.

Spesies ini memiliki empat ras / subspesies yang tersebar di Australia dan beberapa pulau kecil di kawasan timur Indonesia.

Suara kicauan burung cabai benalu | DOWNLOAD

——

>>> BERIKUTNYA

—–

Anda juha bisa melihat spesies burung cabai lainnya, beserta rupa dan suara kicauannya, dengan mengklik link  berikut ini :

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  1. Burung cabai benalu
  2. Burung cabai bunga-api
  3. Burung cabai dada-api
  4. Burung cabai dahi-hitam
  5. Burung cabai emas
  6. Burung cabai gesit
  7. Burung cabai gunung
  8. Burung cabai jawa
  9. Burung cabai kelabu
  10. Burung cabai lombok
  11. Burung cabai mantel-merah
  12. Burung cabai merah
  13. Burung cabai panggul-hitam
  14. Burung cabai panggul-kelabu
  15. Burung cabai panggul-kuning
  16. Burung cabai papua
  17. Burung cabai perut-kuning
  18. Burung cabai polos
  19. Burung cabai rimba
  20. Burung cabai sulawesi
  21. Burung cabai tunggir-cokelat

—–

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. hanya dengan kicauan burung hati menjadi tenang, ini alasan mengapa saya memelihara burung, selain keindahan suaranya juga dapat menghilangkan rasa letih setelah selesai beraktifitas. salam..

    • iya om, kebanyakan memang hasil rekaman dari hutan bukan dari sangkar , jadi cukup banyak noise yang gak bisa dihilangkan.

Komentar ditutup.