Paduan cerecetan, siulan, dan tembakan kecici belalang

Burung kecici selalu diidentikkan dengan belalang, sehingga sebagian besar penamaan secara internasional pun menggunakan embel-embel belalang. Hal itu disebabkan suara kicauannya mirip dengan suara belalang ketika mengerik. Tetapi suara kicauan kecici belalang / pallas’s grasshopper warbler (Locustella certhiola) mempunyai keunggulan dari jenis kecici lainnya, karena adanya perpaduan antara cececetan (mirip suara belalang), siulan, dan tembakan.

Burung kecici belalang
Burung kecici belalang / pallas’s grasshopper warbler (Locustella certhiola).

—-

Kecici sebenarnya bukan burung lokal Indonesia. Burung ini memiliki habitat asli di kawasan Siberia. Kawasan ini sangat luas, mencakup sebagian wilayah Rusia, Asia Utara (Kazakhstan, Mongolia, dan perbatasan China), dan padang rumput luas (steppa) di Eurasia atau perbatasan Eropa-Asia.

Di sanalah burung-burung kecici berkembang biak. Tetapi di luar masa berkembang biak, dan itu terjadi pada musim dingin, mereka akan bermigrasi ke arah selatan, termasuk Indonesia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di Indonesia, sejauh ini hanya ada empat spesies burung kecici yang rajin mampir, yaitu:

  • Kecici lurik / lanceolated warbler (Locustella lanceolata)
  • Kecici siberia / middendorf’s grasshopper warbler (Locustella ochotensis)
  • Kecici abuabu / gray’s grasshopper warbler (Locustella fasciolata)
  • Kecici belalang / pallas’s grasshopper warbler (Locustella certhiola)

Kali ini kita hanya ingin membahas kecici belalang saja. Postur tubuhnya sedang (panjang 15 cm). Warna tubuh bagian atas cokelat, dengan coretan abu-abu dan hitam. Sayap dan ekornya cokelat kemerahan. Ekornya juga bergaris hitam, dengan ujung bulu ekor berwarna putih.

Burung kecici belalang
Ujung bulu ekornya berwarna putih.

—-

Tubuh bagian bawah keputih-putihan, dengan dada dan sisi tubuh kuning tua. Pada burung remaja, tubuh bagian bawah tersapu warna kuning dan terdapat bintik-bintik hitam berbentuk segitiga di bagian dada.

Bagian atas matanya terdapat setrip kuning tua.  Iris mata cokelat. Paruh atas juga cokelat dan paruh bawah kekuningan. Kedua tungkai kakinya berwarna merah-jambu.

Burung kecici belalang
Setrip kuning tua di atas mata burung kecici belalang.

—-

Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat penampilan burung kecici belalang dalam video berikut ini, yang bersumber dari ibc.lynxeds:

—-

Empat ras dan wilayah persebaran

Burung kecici belalang terdiri atas empat subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut

  • Locustella certhiola rubescens (Blyth, 1845): Berbiak di kawasan Siberia, tetapi ketika sedang tidak berkembang biak bermigrasi ke Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
  • Locustella certhiola sparsimstriata (Meise, 1934) : Berbiak di wilayah selatan Siberia, namun saat tidak berbiak diperkirakan juga melakukan migrasi ke Asia Selatan dan Asia Tenggara.
  • Locustella certhiola certhiola (Pallas, 1811) : Berbiak di wilayah timurTrans Baikalia hingga wilayah tenggara Siberia dan timurlaut China. Namun saat tidak berbiak bermigrasi ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
  • Locustella certhiola centralasiae (Sushkin, 1925) : Berbiak di wilayah timur Kazakhstan, timur laut Kyrgyzstan, Rusia, hingga wilayah utara China. Jika sedang tidak berbiak, diperkirakan ke wilayah timur India hingga Myanmar (tidak sampai Indonesia).

Dari gambaran di atas, hanya ras centralasiae yang kemungkinan tak mampir ke Indonesia. Wilayah Indonesia yang disinggahi burung kecici belalang adalah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Mereka sering mengendap-endap di rumpun buluh, daerah persawahan, rawa-rawa, rumpun rumput, payau dekat air, serta di tepi hutan. Jika merasa terganggu, burung ini akan terbang beberapa meter, kemudian bersembunyi lagi dalam kerimbunan pepohonan.

Suara kicauan burung kecici belalang

Burung kecici belalang
Rawa-rawa, salah satu habitat burung kecici belalang.

—-

Jika dibandingkan dengan tiga jenis kecici lainnya, kecici belalang boleh dibilang memiliki komponen suara yang lebih lengkap. Selain cerecetannya yang mirip suara belalang, burung ini juga memiliki siulan yang ngerol, dan tembakan.

Tembakannya memang pendek, dengan speed kurang rapat. Cerecetannya juga tak sepanjang kecici lurik. Tetapi tipikal suara seperti ini justru mudah ditiru sebagian besar burung kicauan termasuk murai batu dan kacer, apalagi siulannya cukup merdu.

Pada beberapa individu, suara kicauannya diawali dari cerecetan yang bergetar keras (cir-cir-cirrr…), disusul siulan, cerecetan lagi, dan diakhiri tembakan. Dalam empat audio yang sudah disediakan Om Kicau, terkadang susunannya berbeda. Silakan dengar dan download:

  • Suara kicauan kecici belalang variasi 1

—-

  • Suara kicauan kecici belalang variasi 2

—-

  • Suara kicauan kecici belalang variasi 3

—-

  • Suara kicauan kecici belalang variasi 4

—-

Jika mau mengunduh, silakan klik link di bawah ini

DOWNLOAD AUDIO KICAUAN KECICI BELALANG

—-

Selamat Tahun Baru 2014.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

    • Sekilas memang ada kemiripan, terutama postur dan setrip kuning tua di atas mata.
      Salah satu pembeda adalah warna paruh. Pada kecici belalang, paruh atas cokelat dan paruh bawah kekuningan. Pada cigun, paruh atas hitam pekat dan paruh bawah putih.
      Ekor cigun juga lebih panjang.

  1. Videonya tidak ada suara kicauannya, audionya bisa diunduh tapi tidak bisa didengarin.
    Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

    • Videonya dari sononya memang begitu, sekadar menunjukkan rupanya saja.
      Kalau audio nggak bermasalah, dulu om febry juga pernah kesulitan memutar audio ya? Coba cek apakah perangkatnya sudah disetel mp3 belum?

Komentar ditutup.