Sudah siapkah pleci Anda dilombakan ?

Biasanya, pleci yang bagus untuk dilombakan sudah dirawat sedikitnya selama 1 tahun. Ini untuk memastikan burung benar-benar sudah dewasa, sudah memiliki mental yang kuat. Bisa juga Anda membeli pleci dari kolega / teman yang sudah merawatnya cukup lama. Apabila masih ragu soal umur, pleci siap lomba biasanya bisa ngerol kapan dan di mana saja.

Pleci Mania sempat mengalami naik turun pada tahun lalu
Pleci Mania sempat mengalami naik turun pada tahun lalu

—-

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa kondisi yang mempengaruhi pleci saat lomba.

Untuk mengetahui apakah pleci sudah memiliki mental yang cukup untuk lomba, Anda bisa membuat suasana lomba di rumah, dengan menggantung sangkar pada ketinggian kurang lebih 2,5 meter seperti yang biasa kita lihat di lapangan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika ada burung yang mulai bersuara atau ngerol, langsung kita dekati sampai berada tepat di bawah sangkarnya. Jika pleci mulai gelisah, ditandai dengan tidak meneruskan kicauannya dan cenderung melompat-lompat, itu berarti burung belum siap lomba.

Sebaliknya, jika burung tetap berkicau dan cuek bebek melihat ada orang di depan atau di bawah sangkarnya, itu artinya pleci sudah siap tempur. Simulasi ini mirip dengan tim juri yang akan mendekati setiap sangkar pleci yang digantang saat lomba.

Suasana pada perlombaan pleci
Suasana dalam lomba burungdi kelas pleci.

—-

Ada beberapa metode perawatan yang sering diterapkan sebagian plecimania sebelum melombakan burung kesayangannya, yaitu:

Untuk perawatan harian

  • Memandikan pleci pada malam hari (mandi malam), dengan cara menyemprot halus pleci menggunakan sprayer dari jarak setengah meter hingga basah kuyup. Ini bisa dilakukan pukul 19.00 – 21.00.
  • Burung di anginkan di tempat terang, sambil diberikan kroto dan ulat hongkong. Disarankan tidak memberikan ulat kandang.
  • Setelah itu, pleci dikerodong dan diembunkan semalaman hingga pagi hari dalam keadaan full kerodong.
  • Pagi hari, setelah cahaya matahari mulai hangat, buka kerodong lalu mandikan dengan semprotan halus.
  • Usai mandi, berikan EF berupa 2 sendok teh kroto dan ulat hongkong warna putih.
  • Jemur burung pukul 07.00 – 10.00, dengan durasi penjemuran yang disesuaikan.
  • Setelah penjemuran, burung dianginkan selama 15 menit. Biasanya saat itu akan terlihat apakah pleci sudah siap dilombakan dengan mendengar suara kicauannya, yaitu mengeluarkan suara call disertai ngalas dan ngeroll. Jika cuma bersuara call dengan suara ngeriwikannya, berarti burung belum siap dilombakan.
  • Jika sampai hari Sabtu (H-1) burung mampu mengeluarkan suara call disertai ngalas dan ngeroll, serta tidak takut dan tetap berkicau ketika didekati manusia, maka bisa dilanjutkan ke perawatan jelang lomba berikut ini.

Perawatan jelang lomba

  • Sabtu malam, dilakukan mandi malam seperti cara di atas. Setelah itu, dianginkan selama 1 jam di tempat terang, dan diberi 2 sendok teh kroto dan 3 ulat hongkong berwarna putih.
  • Selanjutnya, burung kembali dikerodong untuk beristirahat total hingga pagi hari, dan kembali diberikan cara yang sama pada pagi harinya.
  • Sesampai di lapangan, sebelum burung digantang, kerodong dibuka selama 15-30 menit dan biarkan pleci berkoar-koar sepuasnya. Setelah itu kembali dikerodong.
  • Kalau Anda berniat mengecas dengan pleci lainnya, sebaiknya dilakukan pada 10-15 menit sebelum mulai digantang.
  • Beberapa menit sebelum digantang, segera bersihkan sangkar dari sisa-sisa pakan seperti ceceran kroto, UH, dan sebagianya. Cabut semua pakan  dan air minum.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

13 Comments

  1. Om mau tanya,sbnrnya biar cpt ngerol buka paruh gmn ya?
    Saya plihara 2 pleci. Bli dari ombyokan smua.
    Yg 1 ekornya gk ada.
    Yg 1 seminggu di rumah dah ngriwik,yg gk pnya ekor cm cuit” doang.
    Sampe saat ini dah sya plihara slma 2 bln,yg 1 msh aj cm ngriwik,yg dulunya gk punya ekor skrg dah tmbuh tp msh cuit” doang.
    Saking jengkel,pur tak lepas, cm ad air gula,buah, ma pgi sore UH 1 sendok teh.
    Eh trnyata hbs itu roll riwikanya makin agak keras. Apa harus d perbanyak UH atau sekalian full UH aj ya,biar mau roll buka paruh. Apa UH bagus untuk pleci?

  2. Saya punya Pleci ngalas gacor ngeroll tp jari tengahnya patah terpaksa d.amputasi yang
    Saya tanyakan bisakah di ikutkan lomba Om Makasie.

  3. Om, pleci saya sudah gacor. Dimanapun di gantang, pasti bunyi. Tp kalo di tempel sama pleci lain ga mau bunyi, pling dket jrknya 3 m bru mau bunyi. Gmn ya om solusinya, biar mau bunyi walau di dktn. Tks

  4. Om, apakah pleci yg udah ciri2 jantan di rawat jg udah lama, tp susah ngalas,ngeplong om, cuma nada call dan crecetan pendek aja. Apakah msh ada harapan untuk ngeplong om?(tp tanpa TBB), atau memang kualitasnya ga bagus ya om?

    • kalau sudah karakter plecinya kayak gitu kayaknya susah om, kecuali plecinya yang jaminan jantan di kolonikan dengan beberapa pleci betina untuk merangsang birahinya. karena biasanya pleci jantan yang cuma bisa manggil2 doang itu usianya sudah sangat dewasa / tua.

Komentar ditutup.