Decu timor, burung gesit yang makin langka

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sesuai dengan namanya, decu timor / white-bellied bushchat (Saxicola gutturalis) merupakan burung endemik di Pulau Timor, baik yang masuk wilayah NKRI maupun Timor Leste (mengenai habitat, burung nggak faham soal negara, he.. he..). Burung ini merupakan salah satu anggota keluarga Muscicapidae, serta masih berkerabat dekat dengan decu biasa / decu belang atau pied buschat (Saxicola caprata).

Decu Timor ( Saxicola gutturalis )
Burung decu timor / white-bellied bushchat (Saxicola gutturalis)

Meski status konservasinya berdasarkan IUCN Red List tidak terlalu mengkhawatirkan / Least Concern (LC), Birdlife justru memasukkannya sebagai spesies burung yang hampir terancam, karena wilayah persebarannya sangat terbatas, dengan populasi yang cukup kecil dan terfragmentasi.

Penurunan populasi ini kemungkinan juga disebabkan oleh berkurangnya areal hutan yang termasuk jangkauan habitat terbatas burung decu timor. Sampai saat ini, sedikit sekali informasi mengenai populasi decu timor di alam liar.

Dua ras burung decu timor

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Burung decu timor memiliki panjang tubuh sekitar 17 cm. Wilayah persebarannya terbatas di Pulau Timor, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Roti dan Semau. Hanya ada dua subspesies atau ras decu timor, yaitu:

  1. Saxicola gutturalis gutturalis: habitatdi Pulau Timor dan Roti.
  2. Saxicola gutturalis luctuosus: habitat di ujung baratdaya Timor, dengan ciri warna putih pada ekor jantan lebih sedikti daripada ras guttularis.

Burung jantan dan betina bisa dibedakan dari penampilan fisiknya. Burung jantan memiliki warna lebih cerah. Warna bulu tubuh bagian atas hitam, dengan bercak putih pada bagian bahu, pangkal ekor, dan bagian bawah tubuhnya.

Burung betina memiliki warna bulu cokelat pada tubuh bagian atasnya, dengan tunggir merah-karat, perut putih-bungalan, dan alis keputihan.

Decu Timor jantan sebelah kiri memiliki warna hitam putih sedangkan betina bearna coklat dan bagian bawah putih gelap
Burung decu timor jantan (kiri) dan betina.

Habitat dan perilaku burung decu timor

Decu timor memiliki gerakan yang sangat gesit. Mereka sering dijumpai di hutan monsun serta tanaman sekunder yang hidup di daerah berketinggian hingga 1.200m. Makanan utamanya serangga seperti larva dan ulat.

Musim berkembang biak biasanya antara Oktober hingga November, serta Mei –  Juni. Mereka bersarang pada lubang atau rongga dari batang pohon Eucalyptus dan bertelur sebanyak 2 butir.
Suara kicauan

Sebagaimana decu belang, suara kicuan decu timor juga cukup atraktif, memiliki beberapa variasi suara. Berikut ini dua suara burung decu timor :

Karena populasinya makin menipis, semoga kita bisa melestarikan decu timor di alam liar.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.