Tiga metode perawatan pleci tanpa voer

Burung kicauan dalam sangkar memang lebih afdol dibiasakan makan voer. Tujuannya untuk memudahkan kita dalam penyediaan pakan. Sebab, selain mudah didapatkan, pakan kering ini mengandung nutrisi dasar yang bisa dikatakan cukup lengkap.

Dalam praktiknya, tidak semua individu burung berkicau mau makan voer. Selain itu, ada juga pemilik burung (khususnya kalangan pemain) yang sengaja tidak menggunakan voer dengan alasan agar burung rajin bunyi. Bagaimana jika burung pleci tidak diberi voer? Apakah bisa mempercepat proses buka paruh dan makin gacor?

Pleci di habitatnya selalu terpenuhi kebutuhan protein dan nutrisinya, sehingga mereka cukup aktif dan rajin berkicau
Di alam liar, pleci tercukupi kebutuhan nutrisinya melalui insting.

Untuk menanggapi pertanyaan apakah pleci yang dipelihara dalam sangkar bisa hidup tanpa voer, ya tentu saja jawabannya BISA. Bukankah di alam liar mereka juga tidak mengenal voer? Yang menjadi tantangan Anda adalah mampukah memberikan pakan alami tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan gizinya?

Untuk keamanan atau meningkatkan peluang hidup, memang disarankan menggunakan voer pada aneka burung kicauan, termasuk pleci. Tetapi jika kebetulan memiliki pleci yang susah ngevoer, meski sudah dicoba berkali-kali, boleh juga menerapkan perawatan pleci tanpa voer, seperti yang akan diuraikan Om Kicau dalam artikel ini.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagian burung jawara memang dirawat tanpa pemberian voer sama sekali. Misalnya cucak hijau Histeris milik Agung Tattoo (Bali) yang saat ini tercatat sebagai cucak hijau terbaik nasional. Begitu pula dengan kacer Panglima Sumatera milik H Rico (Lampung), yang bahkan hanya full kroto. Atau murai batu Panglima milik Yongka Jambi yang juga dirawat tanpa voer.

Tetapi jangan salah, banyak juga burung jawara yang setiap hari rutin diberi voer, termasuk kacer Rincong Aceh milik M Khadafi (Lampung). Artinya, jangan ada kesimpulan bahwa burung tanpa voer akan lebih hebat daripada burung yang rutin mengkonsumsi voer. Ini sama seperti kandang umbaran, di mana sebagian burung jawara tidak pernah diumbar, dan sebagian lagi menggunakan kandang tersebut. Jadi, bijaklah dalam membuat kesimpulan, he.. he..

Dengan pertimbangan di atas, maka artikel perawatan pleci tanpa voer lebih ditujukan bagi pemilik burung yang selama ini kesulitan membiasakan burung mau makan voer. Namun, kalau ingin menerapkannya secara sengaja, Om Kicau menganjurkan untuk melakukannya pada burung yang baru dibeli dengan harapan nantinya lebih cepat buka paruh.

Bagaimana jika diterapkan pada pleci yang selama ini sudah ngevoer, lalu diubah tanpa voer? Meski Om Kicau tak menganjurkannya, siapa yang bisa melarang? Namun, seluruh risiko menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Oke?

Perawatan harian pleci tanpa voer

Kenali karakter pleci agar pleci bisa tampil maksimal
Perawatan pleci tanpa voer, mengandalkan buah dan serangga.

Merawat pleci tanpa voer tentu bukan hal yang mudah, terutama bagi plecimania yang sibuk, sehingga tidak akan memiliki banyak waktu untuk memantau kondisi burung kesayangannya. Namun, kembali pada pakan alami bagi pleci, Anda bisa saja menyediakan nektar buatan seperti air gula campur madu, buah-buahan seperti pepaya, dan serangga.

Untuk itu ada beberapa metode yang bisa diberikan di sini, yaitu :

  1. Menggunakan buah-buahan, dengan tambahan serangga.
  2. Memanfaatkan tepung jangkrik / ulat hongkong kering yang dihaluskan.
  3. Menghilangkan buah-buahan, dan hanya memberikan pakan serangga.

Berikut rinciannya:

1. Menggunakan buah, dengan tambahan serangga

Cara pertama adalah memberikan buah-buahan, dengan tambahan pakan hidup berupa serangga. Cara ini paling popular di kalangan plecimania yang merawat momongannya tanpa voer.

Ketika Anda mendapatkan pleci dari kandang ombyokan di pasar burung, metode pertama ini dapat diterapkan. Karena burung sebelumnya tidak mengenal voer, Anda tak perlu repot melatihnya untuk makan voer.

Konsekuensinya, Anda harus memberikan pakan alami yang mirip seperti ketika mereka masih di alam liar. Jenis pakan yang bisa diberikan adalah:

  • Buah-buahan, misalnya pepaya, yang diberikan setiap dua hari sekali.
  • Kroto, diberikan setiap pagi sebanyak 1/2 sendok teh (sejumput kecil saja).
  • Setelah kroto, bisa diberikan ulat kandang (1 cepuk kecil). Ulat kandang bisa diberikan lagi sore hari, dengan porsi yang sama.
  • Ulat hongkong putih hanya diberikan sebagai selingan saja, yaitu setiap beberapa jam sekali.
  • Jangan lupa selalu menyediakan nektar buatan (air gula + madu).

Penjemuran dimulai pukul 06.00 hingga 10.00. Selanjutnya, burung dianginkan di teras sambil dipancing dengan menggunakan suara kicauan dari pleci yang ngerol melalui suara burung mp3.

2. Memanfaatkan tepung jangkrik atau UH kering

Metode kedua ini sebenarnya sama seperti yang pertama. Tetapi ada tambahan berupa tepung jangkrik dan / atau ulat hongkong kering yang sudah dihaluskan. Sediakan pula tulang sotong yang sudah digerus menjadi bubuk, lalu dicampurkan pada tepung jangkrik atau bubuk UH kering.

Jadi, dalam metode ini, burung tetap rutin diberi buah-buahan seperti pepaya, nektar buatan, kroto, maupun ulat kandang. Pemberian tepung jangkrik atau UH kering yang dihaluskan berfungsi memastikan kecukupan protein dan nutrisi dasar lainnya.

3. Menghilangkan buah, hanya memberikan serangga

Nah, untuk metode ketiga, kita benar-benar menghilangkan buah, dan hanya mengandalkan serangga. Memang berkesan mengingkari kebiasaannya di alam liar. Metode ini pernah dilakukan wawan.solo dan terbukti pleci yang didapatkannya dari ombyokan di Pasar Burung Pramuka dalam waktu seminggu sudah menunjukkan tanda-tanda buka paruh dan ngerol.

Berikut ini resepnya, yang pernah dibagikannya pula dalam sebuah thread di forum.kicaumania.or.id :

  • Pakan yang diberikan tiap hari adalah ulat kandang (1 cepuk) dan susu kental manis (1/2 cepuk pakan paling kecil untuk pleci. Khusus malam hari, susu diganti dengan madu. Pakan buah-buahan tidak diberikan sama sekali selama 1 minggu, atau hingga pleci mulai buka paruh.
  • Penjemuran dilakukan Om Wawan cukup ekstrem, karena dilakukan mulai pukul 05.00 hingga pukul 13.00.  Tetapi, menurut Om Kicau, jika sinar matahari cukup panas, sebaiknya penjemuran dihentikan setiap pukul 11.00. Apapun alasannya, penjemuran terlalu lama kurang bagus, dan belum tentu individu pleci yang Anda miliki sekuat pleci milik Om Wawan.
  • Pada malam hari, pleci tidak dikerodong. Semalaman dibiarkan berada di teras rumah dengan posisi agak tinggi.
  • Ada satu lagi yang dilakukan Om Wawan: membiarkan pleci di lantai setelah pukul 13.00, untuk dimaster. Pemasterannya juga lumayan ekstrem, karena speaker diletakkan tepat di depan sangkar pleci, lalu audio suara kicauan pleci yang sudah ngerol diputar dengan volume sangat kencang. Soal volume, Anda juga tidak perlu copy-paste 100%.

Itulah beberapa alternatif dari metode perawatan burung pleci tanpa voer. Silakan diterapkan secara bijak.

Catatan Om Kicau:

    • Voer sebenarnya mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral, selain nutrisi dasar seperti protein kasar, lemak kasar, serat kasar, karbohidrat, dan energi metabolisme.
    • Peniadaan voer membuat peluang burung mengalami defisiensi vitamin dan mineral sangat besar.
    • Jika Anda memutuskan merawat pleci tanpa voer, sangat dianjurkan untuk mengamankannya melalui pemberian multivitamin seperti BirdVit (2-3 kali seminggu) dan multimineral seperti BirdMineral (1-2 kali seminggu).

    Penting:

    1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
    2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
    3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



    ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

    JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

    BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

    Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

    PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

    6 Comments

    1. om mau tanya pleci saya udah ngeroll tapi kalau sendiri kalau ada kawan nya ya ngerumpi ,terus kalau di bawa ke tempat kawan yang punya pleci udah pada gacor burung saya pun sudah ikut gacor nya cuman volume nya belum keras, apa kah ada saran? lebih sering di bawa bawa atau bagaimana? terimakasih

    2. kalo gak ada ulat kandang diganti pakai apa om?
      satu lagi, susu kental manisnya langsung ditaruh di cepuk atau diseduh/dicampur air dulu?

      • sebenarnya harus UK om, karena uK sudah terbukti bisa buat pleci lebih aktif, tapi klo kesulitan mendapatkannya, bisa saja diganti dgn kroto lengkap dengan semut merahnya. susu dicampur air dulu om, kalo tidak, karena terlalu kental nanti malah ngundang semut

        • ulat kandang emang sulit om dapetnya, pedagang burung dekat eumah saya cuma jual ulat hongkong doang..
          ok, makasih om infonya..

    3. om, kalo untuk bikin serindit muda jantan jd gacor apa harus di cash atau di pancing dengan betina seperti ciblek, karena pakannya tetap buah-buahan dan air minum saya berikan air gula merah dan di rumah pun saya tempel dengan opior dan kenari..mohon pencerahannya om

    Komentar ditutup.