Trisakti BF datangkan kenari yorkshire dari Turki

Awal tahun ini, Trisakti Bird Farm Jakarta mendatangkan ratusan ekor kenari yorkshire dari Turki. Lho, kok Turki. Mengapa tidak yorkshire dari Belgia, Belanda, atau Inggris? “Ada beberapa alasan mengapa saya mendatangkannya dari Turki,” kata Arif, pemilik Trisakti BF. Karena merupakan negara mediterania (perbatasan Eropa – Asia), adaptasi YS dari Turki terhadap iklim Indonesia lebih cepat daripada YS dari negara-negara Eropa lainnya.

Kenari yorkshire dari Turki
Kenari YS asal Turki di Trisakti Bird Farm Jakarta.

Alasan lainnya, saat ini Eropa sedang memasuki musim dingin. Burung biasanya susah berkembang biak pada musim seperti ini. Bahkan sebagian besar burung migran di alam liar biasanya bermigrasi ke wilayah selatan, termasuk Indonesia, pada musim dingin.

Meski demikian, Trisakti BF masih memiliki stok kenari YS dari Eropa, baik dengan ring kode IOA (Inggris), NB (Belanda), maupun AOB (Belgia). YS dari ketiga negara inilah yang selama ini dijadikan indukan bagi para penangkar kenari di Indonesia, baik untuk mencetak YS lokal maupun F1 dan F2 YS.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Namun, dibandingkan dengan kenari YS dari Inggris, Belanda, dan Belgia, sebenarnya yorkshire dari Turki lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan di negara kita. YS dari Turki memiliki ring kode TKF,” tambah Om Arif.

Kenari yorkshire dari Turki
YS asal Turki lebih cepat beradaptasi terhadap iklim Indonesia.

Ratusan ekor YS dari Turki kini membanjiri galeri Trisakti BF di Jalan Dwijaya 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan. Burung yang didatangkan sudah gacor semua, bahkan sudah siap diternak pula.

“Paling muda berumur satu tahun, bahkan beberapa di antaranya berumur lebih dari satu setengah tahun,” jelasnya.

Selain YS, Trisakti juga menyediakan aneka jenis kenari lainnya, mulai dari border, scot fancy, spanish timbrado, roller, american singer, phaeo, grey canary, gloster, lizard, black red, red intensive, dan lancaster, hingga burung finch seperti blackthroat, brimstone, dan sebagainya.

Saat ini, dia memang lebih fokus ke yorkshire, karena permintaan pasar yang meningkat akhir-akhir ini, baik untuk burung lomba, burung rumahan, atau burung siap diternak.

Trisakti Bird Farm Jakarta
Pembeli bebas memilih sesuai dengan selera.

“Pembeli terbanyak umumnya penangkar dan calon penangkar kenari yorkshire. Ini yang membuat permintaan pasar meningkat drastis,” jelas Arif.

Harga YS di tempatnya bervariasi, tergantung kualitas dan kondisi burung, namun dalam kisaran Rp 5,5 juta – Rp 8 juta per ekor. Pembelian bisa secara eceran, partai kecil, hingga partai besar.

Selain melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, sebagian pelanggan Trisakti BF juga berasal dari luar kota, baik di Jawa maupun luar Jawa. Untuk pelanggan luar Jawa, yang paling banyak wilayah Sumatera Bagian Selatan / Sumbagsel.

Untuk para penangkar, Om Arif selalu memilihkan burung jantan dan betina yang benar-benar dalam kondisi siap diternak. Para pelanggan mengaku burung cepat ngisi, sehingga cepat berproduksi dan cepat balik modal.

Trisakti berencana membangun kemitraan dengan breeder binaannya. Dia menyediakan induk betina dan jantan untuk diternak mitranya. Selanjutnya, anakan dijual di galerinya dengan menggunakan ring kode Trisakti. (d’one)

Trisakti Bird Farm Jakarta
Arif Trisakti BF: Melayani eceran dan partai, Jawa dan luar Jawa.

Om Arif / Trisakti BF

Alamat: Jl Dwijaya 4 RR 12 / RW 01, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Kontak: WA 0815 7435 6889 /  0812 8615 9518 | Pin BB  d313ab30

Website: trisakti_birdfarm.com

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.