Cara Yogi Naga Hitam merawat kenari di musim hujan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Masyarakat di wilayah Jabodetabek kini sedang berduka, karena banjir masih mengepung tempat tinggalnya. Beberapa kicaumania pemula tak hanya bingung bagaimana menjalani aktivitas ke tempat kerja, ke kampus, dan sebagainya. Mereka juga bingung memikirkan burung piarannya yang nyaris terabaikan. Kali ini, Om Kicau akan membagikan tips Yogi Naga Hitam dalam merawat kenari di musim hujan. Beberapa poin dapat diterapkan pada jenis burung kicauan lainnya.

Yogi Naga Hitam SF
Yogi Naga Hitam (kanan): Jangan paksakan menjemur burung di musim hujan.

Untuk daerah yang mengalami banjir cukup parah, dengan ketinggian air 2 – 4 meter, dan rumah tidak bertingkat, disarankan menitipkan (sementara) kenarinya ke rumah saudara, kerabat, atau sahabat yang tak kebanjiran, atau minimal genangan air tak terlalu tinggi.

Jika dipaksakan bertahan, banyak dampak negatif yang muncul. Mulai dari kemungkinan tercemar penyakit leptospirosis (disebarkan tikus), hingga pengaruh langsung dari hawa dingin, baik dari genangan air di bawah sangkar maupun terpaan udara dingin.

Untuk sobat kicaumania yang kebetulan rumahnya berlantai dua atau tiga, burung relatif lebih aman, meski pengerodongan harus terus dilakukan saat cuaca terlihat mendung.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Note: Semua ini dilakukan setelah seluruh keselamatan dan kesehatan anggota keluarga dibereskan dulu. Bagaimana pun, manusia lebih berharga daripada burung.

Saat mendung, cukup dianginkan saja

Penjemuran kenari
Saat mendung, cukup dianginkan, dikerodong (kecuali bagian depan).

Masalah lain adalah bagaimana merawat kenari pada musim hujan, terutama bagi pemain yang kerap menurunkan burungnya di lapangan, atau nonpemain yang berharap momongannya tidak mengalami drop berkepanjangan.

Menurut Om Yogi, punggawa Naga Hitam SF, pada saat cuaca kurang mendukung akibat hujan terus-menerus seperti saat ini, kita tidak perlu memaksakan burung untuk dijemur.

“Jika cuaca kurang mendukung, burung cukup dianginkan saja setiap pagi di tempat yang aman. Kalau jumlah kenari lebih dari seekor, burung bisa dianginkan secara berjejer, dan sangkar harus dikerodong, kecuali bagian depannya dibiarkan terbuka,” pesannya.

Dalam kondisi cuaca tidak bersahabat seperti sekarang, jangan ragu memberikan vitamin C kepada burung agar daya tahannya menjadi lebih baik. Lebih bagus lagi multivitamin (misalnya BirdVit), yang memiliki kandungan vitamin lengkap, mulai vitamin A, B-Complex, C, E, K, dan sebagainya.

Kandang umbaran kenari
Kandang umbaran kenari milik Sonny Wistrop. (Foto: Agrobur)

Apabila rumah tidak kebanjiran, kenari untuk sementara bisa ditempatkan dalam kandang umbaran di dalam rumah, atau bisa juga di lantai atas. Penempatan kenari dalam kandang umbaran merupakan salah satu solusi jika burung tidak sempat dijemur.

“Kenari sangat rentan terhadap angin dalam kondisi cuaca ekstrem. Kandang umbaran ini membantu mengatasi minimnya penjemuran. Saya biasanya melakukannya mulai Senin hingga Rabu,” jelas Om Yogi.

Bagi pemilik kenari untuk hiburan di rumah, tips ini bisa diteruskan sampai Minggu. Tapi bagi para pemain, burung sejak Kamis tidak perlu diumbar lagi, karena harus menjalani perawatan khusus lomba.

Dalam hal ini, Om Yogi mulai memberikan extra fooding sayuran berupa salada dan sawi secara berselang-seling. Pada hari-H, buah apel dan sepotong telur puyuh rebus menjadi menu wajib bagi kenari.

Dengan cara seperti ini, kenari masih bisa berprestasi, meski kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Itu sebabnya, burung-burung koleksi Om Yogi tetap berprestasi di lapangan, bahkan menjuarai dua even berbeda pulau. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. maaf om saya pemain pemula sebelumnya saya gatau cara merawat kenari dicuaca extrem saya masih kasih perawatan yang seperti biasa pagi sore saya mandikan dan dijemur tapi itu dalam kondisi tidak hujan apa bisa berdampak buruk buat kenari saya? trims sebelumnya om

    • Sepanjang matahari masih bersinar dengan intensitas cukup, dan itu terjadi selama beberapa hari, tentu tidak masalah.
      Kalau kondisi di kota Om Jajang sepanjang hari hujan terus, atau tidak hujan tapi mendung / gerimis terus, ini kurang bagus karena suhu udara dan terpaan angin dingin bisa membuat burung (bukan hanya kenari) mudah drop.
      Begitu, Om Jajang.

      • oh gitu om,jadi metode perawatan yang baik dimusim hujan itu kaya gimana? dan kebetulan burung saya juga masih bahan hehe mau tau tipsnya aja nih om burung saya lokal baru 3 bulan baru bisa ngriwik dan bunyinya suka gajelas om ibarat kaya orang nyanyi tapi gatau lirik hehehe solusi untuk perawatannya gimana ya om?

        • Untuk perawatan kenari, sudah banyak dibahas di Om Kicau. Silakan searching di omkicau dengan kata kunci “perawatan+kenari”.

Komentar ditutup.