Sambel Ijo hattrick, 5 Burung nyeri di Polder Air Hitam

Kenari Sambel Ijo milik H Fitri BKS (Pelangi BC) tampil memukau dalam Lomba Burung Berkicau HUT PDI Perjuangan di Polder Air Hitam Samarinda, Minggu (19/1) lalu. Turun tiga kelas, Sambel Ijo tidak tertandingi dan meraih kemenangan hattrick alias tiga kali juara 1. Lima ekor burung lainnya berhasil nyeri atau dua kali juara 1, masing-masing kacer Hercules milik H Yantri, cucak hijau Reaktor dan Khanza, lovebird Siluman Ular, dan cendet Remus.

Pelangi BC
Pelangi BC juara umum HUT PDI-P di Polder Air Hitam Samarinda, Minggu (19/1).

Menurut Ketua Pelaksana Lomba, Mr Andung, lomba ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-41 PDI Perjuangan. “Sebagian besar kelas full, tetapi yang paling ramai kacer dan lovebird. Tiket yang terjual sebanyak 795 lembar,” ujarnya.

Banyaknya peserta ini makin membuktikan Arena Lomba Burung Polder Air Hitam menjadi salah satu tempat gelaran lomba burung berkicau paling representatif di Kalimantan Timur. Selain kemasannya menarik, kinerja juri-juri yang diturunkan relatif bisa diterima sebagian besar kicaumania.

“Dalam gelaran Minggu lalu, tim juri yang diturunkan merupakan kolaborasi juri-juri dari Balikpapan, Tenggarong, dan Samarinda. Alhamdulillah, lomba bisa berjalan lancar dan meriah,” tambah Om Andung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Andung dan Ahim
Ketua Pelaksana Andung (kanan) dan Ahim, koordinator juri.

Salah satu inovasi yang dilakukan Polder Air Hitam adalah menyelenggarakan Kelas Best of the Best (BOB) untuk tiga jenis burung, yaitu kacer, murai borneo, dan cucak hijau. BOB adalah kelas khusus yang mempertemukan beberapa burung peringkat atas pada masing-masing sesi.

Panitia membuka empat kelas kacer (di luar BOB), yaitu Bintang, Utama A, Utama B, dan Sejati. Dari empat kelas ini, dua di antaranya dimenangi kacer Hercules milik H Yantri dari YNC SF. Tak hanya itu, Hercules juga dua kali menjadi runner-up.

Dua kelas lainnya dimenangi Raiders, kacer andalan Fitri BKS, dan Kelana milik H Hendra, keduanya dari Pelangi BC.

Yang menarik adalah penampilan kacer Cakra milik Mr Didik dari BKB BC. Burung ini hanya menjadi juara 3 Kelas Bintang dan juara 4 Kelas Utama A. Tetapi karena masuk peringkat atas, Cakra berhak ikut dalam Kelas BOB, dan malah berhasil menjadi juara pertama, mengalahkan Hercules, Raiders, dan Kelana.

Sebagaimana kebiasaan lomba burung berkicau di Kalimantan, panitia selalu memilih burung terbaik pada masing-masing kelas, yang dihitung berdasarkan total poin. Dalam even di Polder Air Hitam kali ini, Hercules ditetapkan sebagai kacer terbaik karena dua kali juara 1 dan dua kali juara 2.

Pertarungan sengit terjadi di kelas cucak hijau yang terdiri atas empat sesi (di luar BOB). Dalam kelas regular ini, Khanza milik Mawi (Pelangi BC) dua kali menjadi juara pertama, dan dua kali pula berhasil mengalahkan Reaktor milik Duta Piala Raja Samarinda yang harus puas menjadi juara 2.

Dua kelas lainnya dimenangi Reaktor dan Kampret milik Berli dari Berlian Burung. Namun saat gaco-gaco papan atas di masing-masing kelas diadu lagi dalam Kelas BOB, Reaktor tampil sebagai juara 1. Dengan raihan dua gelar juara 1 dan dua kali juara 2, Reaktor ditetapkan sebagai cucak hijau terbaik.

Bintang lapangan dalam even HUT PDI Perjuangan tidak lain adalah kenari Sambel Ijo milik Fitri BKS. Burung ini tampil luar biasa di semua (3) kelas yang dibuka, dan selalu berada di posisi teratas. Tidak heran jika Sambel Ijo juga dinobatkan sebagai kenari terbaik.

Kemenangan hattrick Sambel Ijo ikut membantu timnya, Pelangi BC, menjadi juara umum bird club. Secara keseluruhan, Pelangi BC memboyong 11 gelar juara 1. Ini prestasi kesekian kali bagi Pelangi BC sebagai juara umum bird club dalam berbagai even di Kalimantan. Adapun gelar juara umum single fighter menjadi milik Duta Piala Raja Kukar.

Tim juri Polder Air Hitam
Tim juri kolaborasi tiga kota dalam even HUT PDI-P di Polder Air Hitam.

Kepada para peserta, Om Andung mengucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini. “Panitia dan juri juga memohon maaf apabila ada kekurangan di sana-sini,” tuturnya

Adapun Mr Edi Polder selaku pengelola Arena Lomba Burung Polder Air Hitam berencana menggelar even yang lebih besar lagi di tempat yang sama, dengan menghadirkan juri kolaborasi dari Jawa dan Kalimantan.

Mengingat 2014 merupakan tahun politik, beberapa partai politik juga berencana menggelar lomba burung berkicau di Polder Air Hitam. “Sebagai event organizer, kita sambut rencana mereka secara profesional. Tugas kita adalah menggelar lomba, dan tugas pemain adalah melombakan burungnya,” tegas Om Edi.

Berikut ini juara umum dan burung terbaik dalam even HUT PDI Perjuangan di Arena Lomba Burung Polder Air Hitam Samarinda, Minggu (19/1) :

Bird Club Terbaik: Pelangi BC
Single Fighter Terbaik: Duta Piala Raja Kukar
Kacer Terbaik: Hercules (H Yantri – YNC SF)
Cucak Hijau Terbaik: Reaktor (Duta Piala Raja Kukar)
Murai Borneo Terbaik: Baron (Bhimex SF)
Lovebird Terbaik: Siluman Ular (H Agus Gepuk – Pelangi BC)
Kenari Terbaik: Sambel Iji (H Fitri BKS – Pelangi BC)
Cendet Terbaik: Remus (MKS SF)

Panitia Polder Air Hitam
Panitia Arena Lomba Burung Polder Air Hitam Samarinda.

Hasil Lomba Polder Air Hitam (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.