Kicuit, kerabat dekat burung apung

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Sama seperti burung apung, kicuit juga termasuk anggota keluarga Motacillidae. Artinya, kedua jenis burung ini memiliki hubungan kekerabatan yang cukup dekat. Jika burung apung memiliki warna bulu dominan kecokelatan dengan corak-corak khasnya, maka burung kicuit memiliki bulu lebih halus, dengan warna bervariasi (tergantung spesiesnya), dan ekornya panjang. Apabila burung apung termasuk jenis pipit, maka kicuit termasuk jenis burung wagtail.

Burung kicuit di seluruh dunia terdiri atas 16 spesies, yang berasal dari dua genus atau marga, yaitu Motacilla (15 spesies) dan Dendronanthus (1 spesies). Dua spesies dari genus Motacilla bisa dijumpai di Indonesia, yaitu:

  • Kicuit batu / grey wagtail (Motacilla cinerea)
  • Kicuit kerbau / western yellow wagtail (Motacilla flava)

Bahkan satu-satunya spesies kicuit dari genus Dendronanthus juga terdapat di negeri kita, yaitu kicuit hutan / forest wagtail (Dendronanthus indicus).

1. Burung kicuit batu (Motacilla cinerea)

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Burung kicuit batu  / grey wagtail (Motacilla cinerea) memiliki postur tubuh berukuran sedang (panjang sekitar 19 cm). Tubuhnya berwarna keabu-abuan, dengan tubuh bagian bawah berwarna kekuningan. Ekornya panjang, dengan bagian tungging berwarna hijau kekuningan.

Beda Jantan dan Betina: Kicuit batu jantan (kiri) dan kicuit batu betina (kanan)
Burung kicuit batu jantan (kiri) dan betina.

Kicuit batu merupakan burung migran yang umumnya berasal dari Eropa dan Asia Utara. Pada musim dingin, mereka migrasi ke selatan, termasuk ke Indonesia. Jalur migrasi ke Indonesia sangat luas, karena mencakup seluruh wilayah Nusantara, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Sebagian burung kicuit batu akhirnya menjadi burung penetap. Biasanya mereka mendiami kawasan yang dekat dengan aliran air dan penuh bebatuan. Mereka mencari pakan di hamparan kerikil atau pasir lembab. Terkadang dijumpai pula di padang rumput Alpin di Papua.

Spesies ini terdiri atas enam subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut :

  1. Motacilla cinerea cinerea : Tersebar di Inggris dan Fennoscandia, lalu ke selatan melalui Eropa Barat ke Iberia dan kepulauan di Laut Mediterania, Afrika Baratlaut (Moroko, Aljazair utara), Turki, Kaukus dan Iran.
  2. Motacilla cinerea melanope : Menyebar dan berkembang biak di Asia Utara, termasuk Afghanistan dan Himalaya. Musim dingin, mereka migrasi ke Afrika Timurlaut, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.
  3. Motacilla cinerea robusta : Menyebar dan berkembang biak di Asia Timur Jauh (Kamchatka dan Amurland)  sampai Korea dan Jepang. Musim dingin migrasi ke Sunda Besar, Sunda Kecil, dan Papua.
  4. Motacilla cinerea patriciae : Menyebar di Azores (Furnas, São Miguel).
  5. Motacilla cinerea schmitzi : Menyebar di Madeira.
  6. Motacilla cinerea canariensis : Menyebar di Kepulauan Canary.

Suara kicauan burung kicuit batu

Berikut ini suara kicauan kicuit batu, yang terdengar nyaring, dengan suara tunggal :

Download

Dua spesies kicuit lainnya:

Kicuit kerbau  l  Kicuit hutan

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.