Kicuit, kerabat dekat burung apung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

2. Kicuit kerbau   (Motacilla flava)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung kicuit kerbau atau Western yellow wagtail (Motacilla flava) termasuk burung dengan ukuran yang sedang, yaitu sekitar 18cm yang didominasi warna kecoklatan. Penampilan burung ini hampir mirip dengan kicuit batu, namun yang membedakan adalah warna punggungnya bukan abu-abu serta ekor yang lebih pendek dan sayap yang tidak terdapat garis putih.

Beda jantan dengan betina: Kicuit kerbau jantan (kiri) dan Kicuit kerbau betina (kanan)
Burung kicuit kerbau jantan (kiri) dan betina.

Sebagaimana burung wagtail atau kicuit lainnya, kicuit kerbau juga merupakan burung migrasi. Mereka selalu meninggalkan habitat aslinya pada musim dingin, mengembara ke wilayah lain yang lebih hangat.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Burung kicuit kerbau memiliki 17 subspesies / ras, dengan wilayah persebaran yang bervariasi. Kali ini hanya akan dijelaskan 10 ras kicuit kerbau:

  1. Motacilla flava flavissima : Tersebar dan berkembang biak di Inggris dan pesisir Eropa. Pada musim dingin akan bermigrasi ke Afrika.
  2. Motacilla flava thunbergi : Tersebar dan berbiak  di Skandinavia sampai Siberia. Musim dingin bermigrasi  ke kawasan Sub-Sahara Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.
  3. Motacilla flava flava : Tersebar dan berbiak di wilayah utara dan tengah Eropa, sampai Pegunungan Ural, Musim dingin mengembara ke Sub-Sahara Afrika.
  4. Motacilla flava iberiae : Tersebar dan berkembang biak di Iberia, Prancis, dan baratlaut Afrika (sampai Mauritania). Musim dingin bermigrasi ke  wilayah barat dan utara-tengah Afrika.
  5. Motacilla flava cinereocapilla : Tersebar dan berkembang biak di Italia (termasuk Sardinia dan Sisilia) dan Slovenia). Musim dingin bermigrasi ke pesisir Mediterrania dan Afrika tengah-barat (Mali ke timur sampai L Chad).
  6. Motacilla flava pygmaea : Burung penetap di Mesir (Delta Sungai Nil ke selatan).
  7. Motacilla flava feldegg : Tersebar dan berkembang biak di wilayah tenggara Eropa, Turki, Mediterrania Timur, Irak, Kaspia Barat, Iran, dan Afghanistan. Musim dingin bermigrasi ke Afrika (terutama Nigeria ke timur sampai Sudan dan Uganda).
  8. Motacilla flava lutea : Tersebar  dan berkembang biak di wilayah baratdaya Russia dan Kazakhstan Utara. Musim dingin bermigrasi ke Afrika dan Anak Benua India.
  9. Motacilla flava beema : Tersebar dan berbiak di Siberia, Kazakhstan dan Pegunungan Altai, serta Himalaya barat. Musim dingin migrasi ke Anak Benua India, Timur Tengah, dan Afrika Timur.
  10. Motacilla flava melanogrisea : Tersebar dan berkembang biak di Delta Sungai Volga dan Kazakhstan

Suara kicauan burung kicuit kerbau

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini suara kicauan burung kicuit kerbau, yang terdiri atas lagu tunggal, dan dilagukan secara berulang-ulang :

Download

Dua spesies kicuit lainnya:

Kicuit batu  l  Kicuit hutan

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.