Kacer Magic Sakti, jawara baru dari Kota Jambi

Ada beberapa kacer jawara asal Jambi yang dikenal kicaumania luar provinsi karena sering menjuarai even nasional atau Sumatera. Misalnya Bajing Ireng, Senpi, Geger, dan Tikus. Tapi masih sedikit yang mengenal kacer Magic Sakti. Padahal, dalam dua bulan terakhir, gaco milik Om Memed ini kerap menjuarai lomba di Sumatera. Terakhir, Minggu (9/2), Magic Sakti tampil sebagai juara 1 Kelas Ebod Joss dan juara 4 Ebod Vit dalam Seri II Liga Ronggolawe Sumatera di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Kacer Magic Sakti
Kacer Magic Sakti sukses menjuarai Seri II Liga Ronggolawe Sumatera.

Setiap berlomba, Om Memed selalu mendaftarkan Magic Sakti dengan nama pemilik Mirabela. Siapa Mirabela? “He.. he.., itu nama anak perempuan saya. Saya juga menggunakan nama Mirabela untuk toko batik saya,” kata Om Memed, saat ditemui Om Kicau di kediamannya, Jalan MM Ibrahim No 7 Kota Jambi.

Saat berkunjung ke rumahnya, Om Kicau ditemani Om Tole, ketua Nusantara BC Jambi. Menurut dia, sudah lama dia ingin mencari burung kacer prospek. Sudah 10 ekor kacer yang diliriknya, tetapi tidak jadi dibeli.

Setiap mau beli burung, Om Memed memang selalu meminta pendapat dua perawat burung yang sudah lama dipercayainya, yaitu Saiful dan Sutris. Jadi, dia tidak berani memutuskan sendiri, karena ada yang lebih ahli.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Memed Jambi
Om Memed: Tak sia-sia membeli Magic Sakti.

“Kalau beli burung tidak minta saran yang lebih ahli, wah… bisa jadi sasaran empuk. Tidak sedikit lho kicaumania yang hanya mendapat burung buangan. Tak ada salahnya meminta saran atau pendapat yang lebih ahli,” kata Om Memed, yang dikenal sebagai pengusaha Batik Mirabela di Kota Jambi.

Suatu hari, Om Memed mendapat laporan Saiful dan Sutris usai mengikuti latber. Kedua perawat ini mengatakan ada kacer prospek, milik Om Evi, yang kualitasnya di atas rata-rata.

Setelah diskusi dan dilanjutkan dengan memantau langsung burung tersebut, terjadilah deal dengan mahar di atas Rp 10 juta. Burung tersebut tidak lain Magic Sakti.

Sutris, perawat Magic Sakti
Sutris, perawat kacer Magic Sakti.

Perburuan burung prospek ini terbukti membuahkan hasil. Setiap kali dilombakan, burung ini selalu masuk dalam daftar juara. Bahkan sudah beberapa kali menjadi juara pertama, termasuk dalam even sekelas Liga Ronggolawe Sumatera.

Berikut ini beberapa prestasi kacer Magic Sakti dalam dua bulan terakhir sejak di tangan Om Memed:

EVENWAKTUPRESTASI
Reagan Cup, Jambi29 Des 2013Juara 1 Kelas Bintang
Liga Ronggolawe Sumatera #1 19 Jan 2014Juara 4 Kelas Ronggolawe
(Lapangan Bakung, Jambi)Juara 4 Kelas Ebod Joss.
Marene Cup, Jambi2 Feb 2014Juara 1 Kelas Mega Bintang
Juara 2 Kelas Bintang
Liga Ronggolawe Sumatera #2 9 Feb 2014Juara 1 Kelas Ebod Joss
(Padang Pariaman, Sumbar)Juara 4 Kelas Ebod Vit

Om Tole Jambi
Om Tole (Nusantara BC)

Menurut pengamatan Om Tole, Magic Sakti merupakan kacer dengan tipe ngerol-nembak, dengan tonjolan suara cililin, cucak jenggot, jalak kebo, dan burung gereja tarung.

Saat lomba, sebagian besar isian tersebut mampu dibongkarnya dengan dahsyat. Gayanya juga oke, sering mengubah posisi kepala ke kiri dan kanan, sambil nancep di atas tenggeran.

“Burung jarang sekali melompat ke dasar sangkar maupun ngeruji. Durasi kerjanya juga maksimal, sejak awal digantang hingga akhir lomba terus bekerja,” ujar Om Tole.

Om Tole saat ini dipercaya Andre Sutanto merawat kacer Senpi, dan dulu juga merawat kacer Charly. Keduanya merupakan jawara nasional, meski Charly kini berpindah tangan ke H Rihan Variza (Binuang, Kalsel).

Om Memed berharap, Magic Sakti bisa terus berprestasi, setidaknya sepanjang tahun ini, agar dapat ikut meramaikan persaingan kelas kacer di Jambi pada khususnya, dan di Sumatera pada umumnya. (Kelana Lana)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.