Royhan BF Jakarta, spesialis cucakrowo ropel

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tuhan tidak akan mengubah nasib kaumnya, jika kaum itu sendiri tak mau mengubahnya. H Ahmad Fahmi sangat meyakini benar firman Allah tersebut. Setelah malang-melintang sebagai agen penjualan burung cucakrowo, dia mencoba memperbaiki nasibnya dengan menjadi penangkar burung bersuara mewah ini. Enam tahun lalu, berbekal tekad serta aneka referensi, Om Fahmi membangun Royhan Bird Farm (BF) di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, dan terus berkembang hingga sekarang.

Breeding cucakrowo Royhan BF Jakarta
Anakan cucakrowo ropel produk Royhan Bird Farm Jakarta.

Om Fahmi dikenal sebagai spesialis pencetak cucakrowo kualitas ropel. Seluruh indukan yang ada di Royhan BF memang bersuara ropel. Saat ini ada 10 kandang indukan, enam di antaranya sudah berproduksi.

Selain cucakrowo, dia juga menangkar murai batu dengan jumlah indukan sebanyak tujuh pasang. Semua kandang disusun rapi dan berderet di atas dak lantai dua rumahnya, kawasan Buncit Raya, Jakarta Selatan.

Selain beternak burung cucakrowo dan murai batu, Om Fahmi juga dipercaya menjadi ketua Taman Radja Enterprise, sebuah event organizer (EO) independen penyelenggara lomba burung di kawasan Buncit Raya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Karena produknya yang terbatas dan mengedepankan kualitas ini yang membuat permintaan pelanggannya tak terpenuhi. Dengan terpaksa, peminat harus sabar inden mengantri giliran. Ada beberapa pasang anakan menurutnya itupun sudah pesanan pelanggannya.

Suara gemericik air

Melihat lokasi penangkaran yang berada di tengah kota, Anda mungkin bertanya, apakah pasangan induk cucakrowo tak terganggu oleh keramaian lingkungan sekitarnya? Apalagi kandang ditempatkan di atas dak yang tentu cukup panas.

Om Fahmi punya cara tersendiri agar cucakrowo tetap nyaman di kandang penangkaran. Dalam hal ini, dia menempatkan 2 paralon kecil sebagai saluran air yang mengaliran air ke bak plastik penampungan, kemudian diputar terus-menerus.

Breeding cucakrowo Royhan BF Jakarta
Pemasangan paralon untuk menghasilkan suara gemericik air.

“Tujuannya untuk menciptakan suasana alami, dengan suara gemericik air yang mengalir terus-menerus. Jadi, suasananya seolah-olah seperti di habitat aslinya. Alhasil, burung pun merasa lebih nyaman,” jelas Om Fahmi.

Dalam penangkaran cucakrowo, extra fooding (EF) seperti jangkrik sangat menentukan produktivitas indukan. Untuk itu, Om Fahmi memberi puluhan ekor jangkrik untuk setiap pasangan siap kawin.

Tetapi jika induk betina sudah mulai bertelur dan mengeram, porsi jangkrik diupayakan seminimal mungkin. “Cukup 5-10 ekor saja per hari. Ini agar induk yang mengeram tidak saling menggangu. Buah pisang dan pepaya juga tidak boleh lupa,” tambahnya.

Model kandang tertutup

Meski beberapa penangkar kini “berani” menggunakan model kandang terbuka, sampai saat ini Om Fahmi masih menggunakan model kandang tertutup seperti yang dilakukan sebagian breeder cucakrowo lainnya.

Alasannya, burung cucakrowo memiliki sifat dan karakter yang sensitif terhadap manusia atau binatang dan lingkungan sekitarnya. Karena itu, dia membangun kandang kokoh menggunakan batako atau bata merah yang dipleseter.

Semua dinding tertutup baik dinding samping, maupun belakang, dan depan. Separo  bagian atap bersifat terbuka, ditutup menggunakan kawat halus / strimin. Lubang angin ditempatkan di atas dan di bagian bawah kandang agar sirkulasi udara di dalam kandang lancar.

Ukuran setiap petak kandang relative. Idealnya lebar kandang 1,2 – 1,5 meter, panjang (ke belakang) 1,6 – 2 meter, dan tinggi 2,5 -3 meter.

Kandang menggunakan pintu utama yang terbuat dari papan / plat besi ukuran 50 cm x 60 cm, atau seukuran tubuh manusia untuk keluar-masuk mengontrol sarang atau memanen anakan. Diusahakan engsel pintu berada di bagian samping, agar kita tak repot saat membuka dan menutupnya.

Breeding cucakrowo Royhan BF Jakarta
Dua pintu, masing-masing ukuran besar untuk kontrol kandang, dan pintu kecil untuk kontrol pakan / air minum.

Selain pintu keluar-masuk untuk perawat, pintu kecil juga perlu disediakan untuk mengisi atau mengganti tempat pakan dan air minum. Ukurannya cukup 20 x 20 cm2.

Lubang intip juga harus dibuat sebagai sarana pemantau kegiatan burung di dalam kandang. Lubang bisa menggunakan paralon diameter 3/4 inci. Ketinggian lubang intip idealnya 160 cm dari permukaan tanah, atau disesuaikan dengan tinggi badan manusia.

Kebutuhan lain yang tak kalah penting adalah bak mandi. Bak mandi bisa diletakkan lantai kandang, atau ditempel pada tembok kandang.

Untuk kondisi cuaca panas yang menyengat, bak mandi harus selalu terisi penuh setiap saat. Setiap hari, diusahakan mengganti air minimal dua kali.

Penempatan dan model sarang juga penting diperhatikan. Sebab kenyamanan sarang turut menentukan kenyamanan produktivitas burung. Burung akan menempati sarang yang dirasa nyaman.

Bahan baku sarang terbuat dari rotan / lidi yang diberi ijuk, agar sarang lebih kuat ketika dicabik-cabik indukan. Sebaiknya, ijuk dijahit menyatu dengan sarang.

Ada berbagai model sarang yang bisa digunakan. Demikian pula dengan penempatannya di dalam kandang. Ada sarang yang ditempatkan di tembok kandang, diletakkan di antara celah batang pohon, atau bisa juga digantung.

Sarang gantung juga digemari burung cucakrowo, dan biasanya menggunakan model sarang dari batok kelapa.

Jenis lainnya adalah sarang tancap, di mana sarang ditancapkan di sudut atau tengah kandang, dengan dikelilingi air. Model sarang ini lebih aman dari gangguan semut.

Panen anakan cucakrowo

Om Fahmi biasanya memanen anakan ketika berumur lebih dari 1 minggu. Anakan lalu dipindah ke kandang khusus yang dilengkapi lampu penghangat. Di kandang ini burung akan dibesarkan.

Pakan untuk lolohan anak cucakrowo berupa adonan voer yang bersifat sekali pakai. Jadi, setiap membuat adonan harus habis, karena pakan yang tersisa mudah basi. Bisa juga diselingi dengan jangkrik kecil yang sudah dibersihkan kaki-kakinya.

Memasuki umur 2 minggu atau lebih, anakan cucakrowo sudah bisa dipasangi ring kode pemiliknya.

Breeding cucakrowo Royhan BF Jakarta
Om Fahmi, spesialis penghasil anakan cucakrowo ropel.

Setelah umur 1 bulan, anakan mulai dilatih makan pisang. Pada usia ini, anakan biasanya sudah bisa makan sendiri. Umur dua bulan, anakan sudah bisa dipasarkan.

Namun, kata Om Fahmi, karena produknya sudah banyak dipesan melalui indent, anakan yang baru berumur 1 bulan terkadang sudah diambil pemesannya.

Meski peminatnya di arena lomba cenderung menurun, pasar cucakrowo cenderung stabil bahkan harga terus meningkat. Itu sebabnya, Om Kicau pernah menempatkan cucakrowo sebagai burung penangkaran paling prospektif tahun 2014.

Menurut Om Fahmi, harga anakan cucakrowo ropel umur 1,5 bulan saja sekitar Rp 9 juta hingga Rp 10 juta per pasang. Artinya, harganya masih di atas anakan murai batu.

“Pada periode ini, anakan sudah mulai dimaster dengan suara ropel. Karena dasarnya dari indukan yang bersuara ropel, maka proses pemasterannya tidak terlalu sulit. Burung lebih cepat menangkap suara yang didengarnya,” tandas Om Fahmi. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Alhamdulillah …. hari ini tanggal 7 maret 2014 bisa singgah ke kediaman beliau ke kediaman Bp H. Ahmad Fahmi , saya ucapkan terima kasih buat beliau atas keramah tamahannya dan atas kelonggarannya bisa lihat kandang nya dan atas ilmu nya …. dan hari ini tadinya cuma pengen maen … tapi jadi kepincut juga sama anakan cucak rowo , buat nganti CR saya yang beberapa hari yang lalu mati 1 ekor …. salam buat kicau mania …

Komentar ditutup.