Dealova: Hattrick di Media BnR Cup, nyaris nyeri di HUT TVRI Jabar

Cucak hijau Dealova sesungguhnya merupakan gaco lawas yang sudah lama berprestasi. Tahun lalu, prestasi terbaiknya adalah menjuarai even nasional BnR Award di Cibubur, Jakarta Timur (3/3/2013). Tahun ini, dua prestasi besar diraihnya secara beruntun, yaitu hattrick dalam Media BnR Cup di Jakarta (23/2) dan juara Kelas dalam HUT TVRI Jabar di Bandung (2/3). Bagaimana sih Joko Emerald, sang pemilik, merawat cucak hijau Dealova?

cucak hijau dealova
Cucak hijau Dealova moncer dalam dua pekan teriakhir.

Dalam catatan Om Joko, kicaumania dari Emerald SF Cikarang, Bekasi, Dealova sudah mengoleksi lebih dari 50 gelar juara selama tiga tahun di tangannya. Prestasinya tahun lalu benar-benar mengkilap.

Selain menjuarai BnR Award, tahun lalu Dealova juga menjuarai Ronggolawe Cup di Cibubur, Galamedia Cup di Bandung, dan berbagai even akbar lainnya.

Tahun ini sudah dua kali tampil dalam even nasional, dan semuanya membuahkan hasil maksimal. Dealova bahkan menjadi satu-satunya burung yang berhasil meraih hattrick dalam Media BnR Cup di Lapangan Banteng Jakarta, 23 Februari lalu.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Turun di tiga kelas, Dealova berhasil memenangi semuanya, yaitu Kelas Majalah, Tabloid, dan Online. Beberapa cucak hijau jawara yang dikalahkannya antara lain Dahsyat milik Mr Yayang, Giok milik Steven / Mining, dan Sinchan milik M Arif.

Dalam kontes HUT TVRI Jabar di Bandung, 2 Maret lalu, Dealova turun di tiga kelas, dengan hasil menjuarai Kelas Jatijajar dan runner-up Kelas E-Bodre.

Dealova memiliki senjata andalan berupa tembakan tengkek yang dibawakan panjang-panjang, bahkan nyusun-nyusun. Selain itu, suara cerecetan burung gereja tarung juga menjadi senjata pamungkasnya, karena juga dibawakan secara nyusun panjang, sehingga kerap menyita perhatian juri dan penonton.

Perawatan cucak hijau Dealova

Joko Emerald
Joko Emerald: Dealova sudah mengoleksi lebih dari 50 gelar juara.

Lantas, bagaimana kiat Joko Emerald dalam merawat dan mengkondisikan cucak hijau Dealova? Perlu diketahui, Om Joko lebih suka merawat sendiri gaconya daripada harus mempercayakan pada joki.

“Apalagi perawatan Dealova juga tidak ribet, sehingga bisa saya tangani sendiri,” jelas Om Joko.

Setiap bagi, begitu buka kerodong, burung langsung dianginkan sambil diberi 3 ekor jangkrik. Sore hari, burung kembali mendapat jatah 3 ekor jangkrik.

Mandi cukup dua hari sekali, kemudian durasi penjemuran 1-2 jam (tergantung kondisi cuaca).

Dalam keseharian, Dealova dirawat dalam sangkar harian. Kandang umbaran digunakan hanya pada hari Senin dan Rabu saja, sejak pagi sampai sore.

Perawatan lomba dimulai sehari sebelumnya (H-1), di mana porsi jangkrik dinaikkan menjadi 5 ekor pagi hari dan 5 ekor sore hari. Ulat hongkong juga diberikan dalam porsi 5 ekor pagi dan 5 ekor sore hari.

Pada hari lomba, Minggu, burung dimandikan dulu sebelum dibawa ke lapangan. Ketika sudah berada di lapangan, burung harus selalu full kerodong. Baik menjelang digantang maupun saat istirahat menunggu sesi berikutnya.

Dengan perlakuan seperti inilah, Dealova selalu tampil maksimal di lapangan, dengan mengeluarkan seluruh performa terbaiknya. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.