Potoo, burung berwajah lucu dengan suara menyeramkan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Untuk menambah khazanah perburungan di Bumi ini, kali ini Om Kicau akan menjelaskan spesies burung lucu (atau aneh?), dengan mata besar melotot. Namanya burung potoo dari keluarga Nyctibiidae, dengan bulu-bulu burik cokelat keabu-abuan. Kepalanya besar, paruhnya pun lebar. Potoo memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan burung nightjar dan frogmouth. Tidak mengherankan kalau potoo juga memiliki kemampuan “bersembunyi” seperti burung nightjar.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung potoo
Mata besar dan melotot membuat penampilan burung potoo terlihat lucu.

Potoo termasuk burung nocturnal, artiya aktif pada malam hari, untuk mencari serangga sebagai makanan utama. Seperti burung sikatan dan cendet, potoo berburu serangga sambil bertengger pada batang pohon.

Siang hari, burung ini bertengger di bagian ujung batang pohon, untuk mengkamuflase tubuhnya sehingga seolah-olah menjadi bagian dari pohon.

Potoo memiliki cara bertahan hidup yang unik. Jika merasa terancam, dia akan membekukan dirinya pada batang pohon, tanpa gerakan tubuh apapun, termasuk bernafas.

Burung potoo sering diam bertengger dibatang pohon pada siang hari
Siang hari, burung potoo sering diam bertengger di batang pohon.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Potoo termasuk burung monogami. Pasangan induk akan mengerami telur dan membesarkan anaknya hingga dewasa. Mereka tidak membangun sarang sebagaimana burung lainnya. Telur yang hanya sebutir akan diletakkan pada celah-celah batang pohon, atau di atas batang pohon yang lapuk.

Burung potoo
Burung potoo berkamuflase pada batang pohon.

Telurnya berwarna putih, dengan bintik-bintik ungu kecokelatan, yang akan dierami induk jantan dan betina berdasarkan waktu. Kalau siang, tugas induk jantan. Pada malam hari, telur dierami induk betina.

Masa pengeraman cukup lama, sekitar 30 hari. Anakan mulai meninggalkan sarang setelah berusia dua bulan. Jika melihat hewan predator, anakan burung potoo akan meringkuk dalam celah atau pada batang pohon, sehingga terlihat seperti gumpalan jamur.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burng potoo
Burung potoo terdiri atas tujuh spesies, tersebar di Amerika Selatan dan Tengah.

Burung potoo terdiri atas tujuh spesies, serta dijumpai di seluruh wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Beberapa spesies juga ditemukan di Amerika Utara, kecuali Kanada dan Amerika Serikat. Tujuh spesies yang dimaksud adalah :

  • Great potoo (Nyctibius grandis) : Tersebar di Belize, Bolivia, Brazil, Kolombia, Costa Rica, Ekuador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Suriname, dan Venezuela.
  • Long-tailed potoo (Nyctibius aethereus) : Argentina, Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, dan Venezuela.
  • Northern potoo (Nyctibius jamaicensis): Belize, Kuba, Republik Dominika, El Salvador, Guatemala, Haiti, Honduras, Jamaika, dan Meksiko.
  • Grey potoo / common potoo (Nyctibius griseus) : Argentina, Bolivia, Brazil, Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, French Guiana, Guyana, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Suriname, Trinidad and Tobago, Uruguay, dan Venezuela.
  • Andean potoo (Nyctibius maculosus) : Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela.
  • White-winged potoo (Nyctibius leucopterus) : Brazil, Guyana, dan Peru.
  • Rufous potoo (Nyctibius bracteatus) : Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, French Guiana, Guyana, dan Peru.

Mereka senang mendiami lingkungan hutan yang di dalamnya terdapat semak belukar.

Lucu tapi suaranya menyeramkan
Lucu, tapi suaranya menyeramkan.

Suara burung potoo | DOWNLOAD

Suara burung potoo mirip burung hantu, namun lebih mengalun dengan irama mendayu-dayu. Biar tidak penasaran, silakan dengar suara burung potoo berikut ini:

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Menurut saya wajahku juga seram Om. Komplit wajah dan suaranya menyeramkan
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar ditutup.