Van Helsing hattrick di Owen: Yuk, kita lihat persiapan sebelum lomba!

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Kenari Van Helsing milik Waqi Wafi / Andre Sutanto kembali menunjukkan prestasinya yang stabil dalam tiga bulan terakhir ini. Tampil dalam even akbar Happy Anniversary Owen di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Minggu (23/3) kemarin, Van Helsing sukses menjuarai tiga kelas alias hattrick. Kali ini, Om Kicau akan mengajak sobat kicaumania untuk menelusuri rahasia persiapan Van Helsing menjelang lomba.

Kenari Van Helsing
Van Helsing mencetak hattrick dalam Happy Anniversary Owen di Jakarta, Minggu (23/3).

Begitu mobil yang membawa kenari Van Helsing sudah tiba di lapangan, dalam hal ini Lapangan Banteng Jakarta, burung langsung “disekap” dalam sebuah ruang tertutup di salah satu sudut bangunan yang ada di sekitar lapangan.

Om Kicau pun menyempatkan diri mampir ke sana, karena memang ingin menulis artikel yang khusus membahas persiapan burung jawara menjelang lomba.

Menurut Iwan dan Tommy, dua mekanik yang dipercaya Om Waqi Wafi untuk menangani Van Helsing, burung ini perlu diasingkan dari burung sejenis agar tidak bunyi terus-menerus.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Selain itu, Om Iwan dan Om Tommy memiliki kebiasaan khas sebelum menurunkan Van Helsing dalam lomba. “Biasanya kita turunkan ke lapangan sejak Rabu, dalam even latberan, sebelum turun pada  arena lomba yang sesungguhnya hari Minggu. Begitu pula menjelang even Happy Anniversary Owen,” kata Om Iwan.

Cerita ini mengingatkan kita pada metode yang dilakukan Rizal Brouw, mekanik lovebird Golden Boy milik Om Hany Faroko (Brothers SF), yang bahkan dua kali membawa gaco ini ke arena latberan sebelum lomba yang sesungguhnya.

kenari Van Helsing
Iwan (kiri) dan Tommy, duet mekanik kenari Van Helsing.

Menurut Om Iwan dan Om Tommy, tujuan membawa kenari Van Helsing ke even latberan bukan semata untuk mengejar prestasi atau memburu hadiah. Ini hanya untuk menstabilkan kondisi burung, sehingga tidak cepat dan tidak mudah birahi saat lomba di hari Minggu.

Setelah bertemu puluhan burung sejenis sebelum lomba yang sesungguhnya, kondisi dan perilaku burung menjadi lebih mapan, kinerjanya juga lebih tenang saat membawa lagu-lagunya pada hari lomba.

Seperti diketahui, Van Helsing merupakan kenari standar kecil berwarna kuning. Hampir setiap pekan dalam tiga bulan terakhir ini selalu menuai kemenangan. Om Waqi bergabung dalam N-27 SF pimpinan H Nendra, yang juga punya beberapa koleksi kenari jawara seperti Golden Boy Jr.

Dalam even Happy Anniversary Owen, panitia membuka tiga kelas kenari standar kecil, yaitu Kelas Vita Grow (berhadiah Rp 10 juta untuk juara 1), Kelas AMB (Rp 5 juta), dan Kelas BnR Vit (Rp 2 juta). Semua kelas ini dimenangi Van Helsing.

Boleh dibilang, Van Helsing menjadi kenari standar kecil terbaik di Blok Barat saat ini, karena berbagai even besar di Jabodetabek dan Jawa Barat sudah dimenanginya.

Cengkoknya mewah, durasi kerjanya ngedur tanpa jeda. Burung ini lebih banyak duduk anteng di atas tangkringan, sejak awal digantang hingga menit-menit terakhir. Hal ini pun terlihat saat mencetak hattrick dalam Happy Anniversary Owen. (d’one)

Bagi yang belum sempat melihat video, atau mendengar audionya, berikut ini aksi Van Helsing di dalam rumah Om Waqi, bukan di arena lomba:

Video kenari Van Helsing 1  |  Download

Video kenari Van Helsing 2  |  Download

Audio kenari Van Helsing 1  |  Download

Audio kenari Van Helsing 2  |  Download

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

11 Comments

    • Sudah dijawab langsung oleh Om Waqi. Van Helsing berasal dari induk jantan kenari holland dan induk betina kenari taiwan.

Komentar ditutup.