Serindit jawa, burung endemik yang kian tersingkir

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung serindit jawa / yellow-throated hanging parrot (Loriculus pusillus) memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan burung serindit melayu / blue-crown hanging parrot (Loriculus galgulus) yang biasa dilombakan di Sumatera dan Kalimantan. Serindit jawa merupakan burung endemik di Pulau Jawa dan Bali. Namun kerusakan habitat membuat populasinya jauh menurun. Jadi bukan karena penangkapan, karena jarang sekali kicaumania di Jawa dan Bali yang memeliharanya.

Serindit jawa
Keberadaan burung serindit jawa di Taman Menteng Jakarta tahun 2008. (foto: FOBI)

Burung serindit jawa memiliki panjang tubuh sekitar 12 cmukuran terkecil dari rata-rata burung paruh bengkok, ukurang panjangnya adalah 12 cm, sedikit lebih besar daripada serindit melayu (11 cm).

Sebagian besar warna bulunya hijau kekuningan, dengan bercak kuning pada tenggorokan. Tubuh bagian atas berwarna hijau terang, adapun penutup ekor berwarna merah menyala. Iris mata dan paruh berwarna kuning.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Penampilan burung serindit jawa betina sekalias mirip burung jantan. Perbedaan yang nyata terlihat pada bercak kuning di tenggorokan, yang jauh lebih kecil dan samar daripada burung jantan.

Serindit Jawa dan perbedaan jantan dengan betina serindit jawa
Serindit Jawa dan perbedaan jantan dengan betina serindit jawa

Biasanya burung serindit jawa hidup mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi berketinggian 2.000 meter. Mereka senang mendiami area perkebunan, rawa-rawa, hutan, dan wilayah yang banyak ditumbuhi pepohonan rimbun.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, habitat mereka makin terusik oleh kerusakan lingkungan serta maraknya alihfungsi hutan. Akibatnya, serindit jawa makin tersingkir, dan diperkirakan pindah ke dataran lebih tinggi sehingga sulit dijumpai seperti dulu.

Di luar musim kawin, serindit jawa biasanya terlihat dalam kelompok kecil yang terdiri atas keluarga inti dan koloni kecil lainnya. Terkadang mereka bergabung dengan kelompok lain di wilayah yang memiliki sumber pakan berlimpah, terutama tanaman buah atau tanaman lain yang sedang berbunga.

Serindit Jawa (Loriculus pusillus)
Serindit jawa (Loriculus pusillus)

Burung serindit jawa memiliki warna bulu yang mirip dengan dedaunan, sehingga keberadaannya kerap tersamar oleh warna bulu yang dimilikinya.

Sebagaimana jenis burung serindit lainnya, misalnya serindit melayu, pakan alami burung ini adalah nektar, buah-buahan, kuncup bunga, dan biji-bijian.

Dalam perawatannya, semua jenis burung serindit memiliki kesamaan dalam hal pakan. Berikan buah yang disukai, seperti pir, apel, pisang, dan berbagai jenis sayuran.

Selain itu, serindit dikenal juga menyukai biji-bijian seperti beragam jenis millet dan canary seed, juga egg food, dan ulat hongkong.

Populasi burung serindit jawa kini mengalami penurunan serius, sehingga Badan Konservasi Internasional (IUCN) memasukkannya dalam status Near Threatened (NT) atau Hampir Terancam. Pemerintah RI pun sudah memasukkan serindit jawa dalam daftar burung dilindungi berdasarkan PP Nomor 7/1999.

Burung serindit jawa memang makin jarang ditemukan di habitat aslinya. Dibutuhkan peranserta seluruh kicaumania di Jawa dan Bali, dalam bentuk tidak pernah memeliharanya.

Kalau mau menangkar, itu lebih baik. Namun, mengingat statusnya sebagai burung dilindungi, konsultasi terlebih dulu dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di masing-masing provinsi, daripada nanti menjadi persoalan ketika usaha penangkaran sudah berjalan.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Audionya kok ndak ada ya om Aries..hehehe
    sekalian mau request dong artikel tentang burung2 kecil bermental fighter & artikel tentang C.jenggot Sumatra…
    suwon…

Komentar ditutup.