Resep eggfood untuk kenari, paruh bengkok, dan burung pemakan serangga

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Eggfood merupakan pakan tambahan untuk burung kicauan. Selain bersifat mengenyangkan, eggfood juga memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap. Eggfood bisa diberikan kepada semua jenis burung, baik burung pemakan bijian maupun pemakan serangga. Dengan komposisi bahan yang tepat, eggfood dapat membantu menjaga kesehatan dan kecukupan gizi pada burung kesayangan Anda.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Di Eropa, eggfood tidak hanya diberikan kepada burung pemakan biji-bijian seperti kenari dan finch, atau burung paruh bengkok (parbeng) seperti lovebird dan parkit. Pakan tanbahan ini juga dapat diberikan kepada burung pemakan serangga atau softbill, dengan pertimbangan di sana sulit mencari pakan hidup sepertik kroto dan jangkrik.

Selama ini eggfood hanya diberikan pada burung jenis finch dan paruh bengkok.
Eggfood bisa diberikan kepada kenari dan finch, parbeng, dan burung pemakan serangga [ foto: finchaviary.com].

Membuat eggfood sebenarnya relatif mudah, karena bahan baku utamanua berupa telur rebus. Bahan-bahan lainnya bisa dicampurkan sesuai dengan jenis burung yang mengkonsumsi.

Resep eggfood dengan bahan yang tepat diyakini bisa membuat burung berkicau menjadi lebih aktif, serta lebih rajin berkicau. Bagi burung-burung dalam penangkaran, eggfood juga bisa membantu meningkatkan produktivitas induk.

Sebagai panduan, berikut ini bagaimana proses pembuatan dan pengolahan eggfodd untuk berbagai jenis burung peliharaan.

Bahan dasar dan pembuatan

Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan eggfood adalah telur. Soal jenis telur yang digunakan, itu terserah Anda, boleh telur ayam, telur itik / bebek, maupun telur puyuh.

Eggfood untuk burung
Telur direbus untuk persiapan membuat eggfood [Photo’s courtesy: FInchaviary.com]

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Telur-telur tersebut direbus hingga matang. Setelah itu didinginkan dalam wadah berisi air dingin. Apabila suhunya sudah normal, cangkang telur dikupas.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selanjutnya, telur rebus digiling menggunakan mesin giling atau blender hingga menjadi serpihan kasar.  Setelah itu, bahan sudah siap dicampur dengan bahan baku lainnya.

Dari bahan baku telur rebus inilah, kita bisa melangkah lebih lanjut. Ada beberapa tambahan bahan lain, namun semua itu tergantung dari jenis burung kicauan yang mau diberi eggfood.

Agar panduan lebih terarah, silakan klik resep pembuatan eggfood berdasarkan jenis burung berikut ini:

Eggfood untuk burung kenari / finch 

Eggfood untuk burung paruh bengkok

Eggfood untuk burung pemakan serangga

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.