Kreasi CTTV kertas untuk mencegah maling burung beraksi

Terinspirasi tulisan om dookienookie di forum kicaumania.or.id tentang penggunaan kamera palsu untuk menekan potensi pencurian burung, maka Om Kicau mengumpulkan beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kamera pengawas (CCTV) dari kertas. Karya seni kertas (papercraft) berbentuk CCTV ini setidaknya bisa digunakan untuk mencegah maling burung beraksi, atau minimal membuat para maling harus berfikir dua kali sebelum mencuri burung milik Anda.

Papercraft merupakan karya seni berbahan baku kertas, yang digunakan untuk membentuk benda-benda nyata yang ada di dunia ini semirip mungkin. Papercraft berkembang pesat di Jepang dan sejumlah negara Barat. Saat ini, banyak orang kreatif di Indonesia yang menekuni hobi papercraft.

Di beberapa website banyak tersedia printable papercraft, atau model benda tertentu yang sudah dibuat dengan skala tertentu, warna-warna yang sesuai bentuk aslinya, sehingga kita tinggal download, dicetak (printing), lalu dipotong atau dilipat sesuai dengan petunjuk.

Melalui karya seni ini, kita bisa membuat miniatur Menara Eifel, Tugu Monas, aneka hewan, tokoh kartun, mobil formula 1, dan sebagainya, termasuk kamera pengawas / CCTV yang menjadi topik bahasan dalam artikel kali ini.  Untuk hasil yang lebih baik, disarankan menggunakan kertas foto atau glossy.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kamera CCTV yang dibuat dengan menggunakan kertas, sangat mirip bukan ?
Kamera CCTV yang dibuat dengan menggunakan kertas, sangat mirip bukan ?

Hasil cetakan tersebut kemudian dipotong atau dilipat sesuai dengan gambar, lalu dipasangkan sesuai dengan urutannya, hingga menjadi sebuah bentuk yang kita kenal. Kamera pengawas dari kertas ini bisa dipasang di lokasi strategis, tetapi cukup aman dari terpaan air hujan.

Nantinya, jika ada orang yang berniat mencuri di rumah Anda, begitu melihat kamera CTTV terpasang di dekat sangkar burung yang tergantung, kemungkinan besar orang tersebut membatalkan niatnya lantaran takut terekam kamera.

Tentu saja, semua ini tergantung dari niat dan tindakan nekat  pelaku. Setidaknya, Anda telah berusaha, atau dalam “bahasa langit” sudah melakukan ikhtiar. Kalau sudah ikhtiar, tindakan selanjutnya adalah doa dan tawakal (pasrah, berserah diri).

Sebenarnya di pasaran banyak juga dijual dummy kamera CTTV dummy, atau kamera pengawas aspal (asli tapi palsu). Tetapi apa salahnya kalau Anda mencoba membuat kreasi sendiri dari bahan kertas.

Berikut beberapa model kamera CCTV yang bisa anda download di sini.

1. Kamera CCTV model 1

kamera cctv

  • Download modelnya di sini:

DOWNLOAD CCTV MODEL 1

  • Download panduan perakitan di sini

DOWNLOAD PETUNJUK PERAKITAN

2. Kamera CCTV model 2

cctv 2

Download model dengan panduannya di sini

DOWNLOAD CCTV MODEL 2

Petunjuk perakitan kamera pengawas dari kertas:

Silakan download terlebih dulu model yang diinginkan. Format yang digunakan adalah PDF. Jadi komputer Anda harus terinstal software Acrobat Reader, atau boleh juga Foxit Reade,r untuk membuka file tersebut lalu mencetaknya dalam kertas foto atau kertas glossy.

Setelah tercetak, gambar dipotong / digunting sesuai dengan bagian-bagiannya, lalu bagian yang terpisah itu disatukan dengan bagian lain menggunakan lem, sesuai dengan petunjuk yang sudah tersedia.

Untuk pemasangan, sebaiknya dipasang di lokasi strategis. Namun bisa juga terlihat dari jarak yang jauh, misalnya dari pintu gerbang. Karena kamera kertas ini jika dilihat dari jarak yang jauh akan sangat mirip aslinya. Dengan begitu, maling burung akan berfikir ulang untuk mencuri burung kesayangan Anda.

Alternatif lain

Selain dua model kamera CCTVB di atas, Anda bisa menggunakan alternatif lain. Misalnya membuat tempat sarang untuk burung gereja yang dibentuk menyerupai kamera cctv. Selain bisa mencegah aksi pencurian, kamera terpadu ini juga berfungsi untuk menangkar burung gereja liar.

Tempat sarang berbentuk CCTV yang memiliki dua fungsi, sebagai sarang burung dan sebagai kamera tipuan
Kotak sarang berbentuk CCTV yang bisa menjadi sarang burung sekaligus kamera tipuan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

13 Comments

  1. Walahh.. artikelnya diangkut kemari, mantebbbbbb om…
    Oya om Aries Munandi, ID KM nya apa ya? Sorry om newbie, hehe..
    Salam..

    • hehehe, itu kan cuma bohong-bohongan saja alias kamera dummy untuk membuat maling berpikir dua kali sebelum mencuri di rumah kita.

Komentar ditutup.