Perawatan Golden Boy: Tidur sekamar Om Rizal, kandang beralas bola-bola

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sepanjang kuartal pertama tahun ini, lovebird Golden Boy (GB) merajai berbagai lomba di Blok Barat, sebagian di antaranya even nasional. Kemonceran burung jawara milik Om Hany Faroko dari Brothers SF Bekasi ini tidak terlepas dari kerja sama tim, terutama dalam mensetting kesehariannya di rumah dan di arena lomba. Berikut ini perawatan lovebird Golden Boy, sekaligus untuk memenuhi permintaan beberapa pembaca setia omkicau.com.

Meski lovebird Golden Boy milik Om Hany, ternyata dalam kesehariannya burung ini bukan ditempatkan di rumahnya. Lalu, di mana burung ini disimpan?

Ternyata Golden Boy sehari-hari di bawah penanganan mekanik andalnya, Om Rizal. Lewat tangan dinginnya, prestasi Golden Boy nyaris tanpa henti sejak Desember 2013 (daftar prestasi bisa dilihat di sini).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Tim mekanik lovebird Golden Boy
Om Rizal (tengah) dan tim mekanik lovebird Golden Boy.

Yang paling gres, burung ini baru saja meraih double winner dalam even Jatijajar Cup di Jakarta, Minggu (6/3) kemarin. Pekan sebelumnya, Golden Boy juga mencetak hattrick dalam even Kebersamaan Cup yang digelar Free York BC.

Burung ini memang lengket benar dengan Om Rizal. Keterikatan hubungan emosi antara sang perawat dan burung tidak hanya terjadi di lapangan, tetapi juga dalam keseharian di rumah Om Rizal.

Bahkan, asal tahu saja, lovebird Golden Boy tidur sekamar dengan Om Rizal setiap malam. “Ya, Golden Boy memang tidur bareng, alias sekamar dengan saya dan istri,” beber Om Rizal.

Lovebird Golden Boy
Lovebird Golden Boy di kamar Om Rizal.

Hubungan batin keduanya kerap terbawa sampai di lapangan. Dengar nih penuturan Om Hany Faroko yang mungkin bisa membawa pemahaman kita mengenai karakter burung lovebird, juga burung paruh bengkok (parrot) lainnya.

“Kalau hati Om Rizal sedang kurang nyaman, lagi enggak enak, itu biasanya berdampak pada kinerja Golden Boy di lapangan. Golden Boy pasti kurang nampil,” kata Om Hany.

Ini pernah terjadi dalam Happy Anniversary Owen di Lapangan Banteng Jakarta, 23 Maret lalu. Saat itu, untuk pertama kali sejak awal Februari 2014, Golden Boy gagal meraih juara 1. Hasil yang diraih ketika itu hanya juara 2 dan juara 5.

Selain kualitas maupun kedekatan batin, ada satu lagi kunci keberhasilan Golden Boy sehingga stabil di lapangan. Dalam keseharian di rumah, burung ini ditempatkan dalam kandang yang lantainya dipenuhi bola-bola plastik aneka warna.

Hany Faroko dan Golden Boy
Om Hany (kiri) – Bola warna-warni bikin Golden Boy stabil.

Metode ini bertujuan agak burung lebih anteng di atas tangkringan, dan bisa mencegah kebiasaan nakal sebagaimana lazimnya lovebird yang suka naik-turun, dari tangkringan ke dasar kandang. Beberapa lovebird jawara seperti Mata Dewa milik Ardhy Happard juga menggunakan metode ini (silakan cek di sini).

Lovebird Golden Boy
Golden Boy, terus berprestasi sejak Desember 2013.

Berikut ini tips singkat perawatan Golden Boy seperti dituturkan Om Rizal:

  • Setiap pagi, kerodong dibuka, sangkar dikeluarkan, dan burung langsung dianginkan.
  • Beberapa menit setelah dianginkan, burung langsung mandi dengan cara disemprot. Hal ini dilakukan apabila cuaca cerah. Jika mendung, apalagi hujan, acara mandi ditunda.
  • Beres dimandikan hingga basah kuyup, burung kemudian dianginkan lagi.
  • Setelah bulu-bulunya agak kering, Golden Boy selanjutnya dijemur selama satu jam.
  • Beres dijemur, burung kembali dianginkan untuk diistirahatkan.
  • Kebutuhan pakan harian sangat simpel, hanya millet putih, tanpa campuran apapun.
Piagam prestasi lovebird Golden Boy
Setumpuk piagam prestasi lovebird Golden Boy.

Selain itu, untuk menjaga birahinya agar tidak berlebihan, Om Rizal biasa menurunkan Golden Boy dalam even latber hari Selasa dan Kamis, seperti pernah ditulis di sini. Jadi, ketika tampil di lomba yang sesungguhnya di hari Minggu, penampilan Golden Boy lebih maksimal. (d’one)

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Saya sangat yakin dan percaya ada keterikatan bathin antara manusia dengan hewan peliharaannya, hewan punya insting demikian juga manusia punya bathin.
    jadi memang tidak berlebihan, jika (GB vs perawatnya) akan tampil secara maksimal/ tdk tergantung bathin perawatnya saat peliharaannya mau masuk arena lomba.
    Wallohu a’lam bi showab…..

Komentar ditutup.