Tips menyambung bulu (imping) pada burung berukuran besar

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kerusakan bulu dapat dialami oleh semua jenis burung, termasuk burung yang hidup di alam liar maupun dalam perawatan manusia. Untuk bulu berukuran kecil dan sedang, kerusakan bulu bisa diatasi dengan beberapa cara seperti mencabut paksa atau menunggu masa mabung berikutnya. Tetapi jika kerusakan bulu terjadi pada burung berukuran besar, seperti falcon, burung hantu, kakatua, macaw, dan sejenisnya, metode yang dianggap efektif adalah melakukan penyambungan bulu atau dikenal dengan istilah imping.


Kerusakan bulu pada burung-burung tersebut memang cukup mengganggu, tidak hanya dari segi penampilan saja, melainkan juga menghambat aktivitas mereka. Terlebih lagi burung-burung dari jenis raptor, burung hantu, atau kakatua yang kerap dilatih untuk terbang sendiri. Jika ada bulu-bulu sayap yang rusak, tentu hal ini akan berpengaruh terhadap gaya atau kontrol terbang mereka.

Menyambung bulu burung
Bulu yang rusak setelah menjalani wing clipping bisa diperbaiki dengan teknik imping (penyambungan).

Penyambungan bulu merupakan salah satu cara alternatif yang cukup efektif dan efisien, lantaran kita tidak perlu menunggu tumbuhnya bulu baru atau menunggu hingga burung mabung.

Selain itu, metode penyambungan bulu / imping bisa juga diterapkan pada burung-burung yang sebelumnya telah menjalani pemotongan sayap (wing clipping) yang biasa dilakukan pada tahap awal penjinakan burung. Nah, jika burung sudah terlatih dan sudah jinak, maka penyambungan bulu bisa dilakukan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Cara menyambung bulu burung
Menyambung bulu dengan menggunakan potongan bambu kecil [foto wildlifecenter.org]

Pada kesempatan kali ini, Om Kicau akan memberikan panduan tentang teknik penyambungan bulu yang benar. Namun, sebelumnya, Anda harus menyiapkan beberapa bahan.

Bahan yang harus disiapkan :

  • Bulu burung yang sudah disiapkan. Bulu-bulu yang masih baik biasanya sudah disiapkan. Misalnya saat burung sedang mabung atau kebetulan ada sebagian bulunya yang copot atau terlepas entah disengaja atau tidak. Banyak penggemar burung yang sengaja menyimpan bulu-bulu ini, agar kelak bisa digunakan saat dibutuhkan.
  • Lem yang cukup kuat dan aman, misalnya power glue.
  • Pin yang menggunakan bahan dasar potongan bambu, tulang bulu, atau lidi.
  • Obeng kecil atau jarum ukuran besar, untuk melubangi tulang bulu untuk tempat pin atau sambungannya.

Untuk membuat pin berbahan dasar bulu yang rusak, Anda bisa melakukannya sendiri dengan menerapkan cara seperti dalam gambar berikut ini:

Menyambung bulu yang rusak
Buang bagian bulu yang rusak, sehingga tersisa tulangnya saja [foto: falconry forum uk]
Menyambung bulu yang rusak
Tulang bulu siap dimasukkan ke dalam bulu yang akan digunakan untuk menyambung [foto: falconry forum uk]

Cara penyambungan:

  • Potong terlebih dulu bulu yang rusak dengan menggunakan pisau pemotong atau cutter. Hal yang sama dilakukan juga pada bulu pengganti yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Buatlah sebuah lubang pada tulang dari kedua bulu tersebut, baik yang menempel pada tubuh burung maupun pada bulu penggantinya. Lubang ini nantinya akan dimasuki pin.
Menyambung bulu burung
Melubangi bulu dengan menggunakan obeng kecil atau mata bor kecil [foto: parrot university]

  • Masukkan pin ke dalam lubang bulu yang akan digunakan untuk menyambung. Untuk contoh pin yang telah dipasangkan pada bulu, Anda bisa melihatnya pada gambar sebelumnya di atas.
Cara menyambung bulu
Pin bisa berupa potongan bambu atau bahan lain yang kuat [foto parrot university ]

  • Bagian sambungan dilem menggunakan lem yang kuat, lalu mulai menyambungkan bulu pengganti tersebut pada tulang bulu yang masih menempel pada tubuh burung.
  • Rekatkan bagian sambungan dengan menggunakan lem power glue.
  • Berikutnya, menyambung bulu pengganti pada bulu yang masih menempel di tubuh burung dengan cara memasukkan pin melalui lubang yang sudah dibuat. Jika pin terlalu kepanjangan, Anda bisa memotong pin tersebut sampai didapatkan ukuran yang sesuai.
menyambung bulu yang rusak
Bagian akhir dari proses penyambungan bulu.
  • Sekarang rekatkan kembali dengan lem power glue, agar sambungan bisa menempel dengan kuat.
  • Setelah itu, biarkan beberapa saat agar lem mengering.
  • Lakukan hal yang sama jika terdapat beberapa bulu lainnya yang rusak dan perlu diganti.

Perlu diketahui, metode penyambungan bulu ini sering menjadi salah satu trik pedagang burung yang tidak jujur. Mereka biasanya menyambung bulu ekor pada burung murai batu yang memiliki ekor pendek dengan bulu sambungan yang didapatkan dari seekot murai batu ekor panjang, untuk tujuan mendapatkan keuntungan.

Karena itu pula, kita harus lebih cermat dan memiliki pengetahuan yang cukup sebelum berburu burung di lapak atau pasar burung. Lebih amannya, Anda bisa mengajak rekan yang cukup berpengalaman.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.