Tiga audio kicauan burung madi injap

Burung madi injap atau long-tailed broadbill (Psarisomus dalhousiae) memiliki tipe suara yang unik, berupa siulan panjang dan berulang untuk nada song (kicauan) serta siulan pendek untuk nada call (panggilan). Cukup bagus untuk isian burung berkicau lainnya, termasuk murai batu. Om Kicau sudah menyediakan tiga audio kicauan burung madi injap. Silakan dengar, boleh juga diunduh.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung madi injap
Burung madi injap: Cantik rupanya, unik pula suaranya.

Secara fisik, burung ini sangat cantik, karena memiliki bulu berwarna-warni, yang terdiri atas hijau tua, hijau (warna dominan), hijau pupus, biru, hitam, putih, kuning tua, dan kuning muda.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Semua warna itu terlihat kontras, seperti tanpa gradasi antara warna yang satu dan warna lainnya. Om Kicau sudah pernah menulis artikel mengenai burung madi injap, silakan lihat di sini.

Burung madi injap
Bulu ekor biru, di tengah dominasi warna tubuh yang hijau.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sekadar tambahan, burung madi injap terdiri atas lima subspesies / ras, satu di antaranya terdapat di Indonesia. Berikut ini lima ras burung madi injap:

  • Psarisomus dalhousiae dalhousiae (Jameson, 1835): Wilayah persebaran di kaki Pegunungan Himalaya, India, Nepal, Bangladesh, Tibet, wilayah selatan China (Yunnan, Guizhou, Guangxi), Laos, Vietnam, Myanmar, Thailand.
  • Psarisomus dalhousiae cyanicauda (Riley, 1935): Wilayah persebaran di Thailand dan Kamboja.
  • Psarisomus dalhousiae divinus (Deignan, 1947): Burung endemik di wilayah selatan Vietnam.
  • Psarisomus dalhousiae psittacinus (S Müller, 1836): Wilayah persebaran di Semenanjung Malaysia dan Sumatera.
  • Psarisomus dalhousiae borneensis (Hartert, 1904): Burung endemik di wilayah utara Kalimantan, yang termasuk wilayah kedaulatan Malaysia dan Brunei Darussalam.
Burung madi injap
Sepasang burung madi injap.

Burung madi injap memang belum terlalu popular di Indonesia. Di beberapa negara ASEAN, misalnya Thailand, burung ini cukup digemari bahkan memiliki kelas tersendiri. Itu berarti burung ini juga bisa merekam suara kicauan burung lain.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suaranya yang unik, siulan merdu yang panjang-berulang, atau siulan pendek, sangat bagus dijadikan masteran alternatif untuk murai batu dan jenis burung berkicau lainnya yang membutuhkan variasi lagu yang unik.

Burung madi injap
Penampilan burung madi injap dari depan.

Adakah kicaumania di Indonesia yang sudah menggunakan burung madi injap sebagai masteran? Ada, antara lain Om Robby Dodda (Ansel SF Pejaten). Viking, murai batu jawara miliknya (dulu milik Om Yudi Voltus), memiliki beberapa isian unik termasuk suara burung madi injap.

Siulan-siulan madi injap, ketika terekam dalam memori seekor murai batu, akan menghasilkan tembakan panjang yang unik.

Burung madi injap
Suara kicauan burung madi injap berupa siulan panjang dan berulang.

Audio kicauan burung madi injap

  • Kicauan burung madi injap versi 1
  • Kicauan burung madi injap versi 2
  • Kicauan burung madi injap versi 3

Silakan klik di bawah ini untuk mengunduh:

Download audio burung madi injap

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.