Ini dia perawatan branjangan Pengkor, jawara Danyon Cup Jakarta

Om David Bonny sudah cukup lama main di arena lomba burung. Namun khusus branjangan baru enam bulan terakhir, sejak dia melakukan take-over terhadap Pengkor. Gaco inilah yang Minggu (27/4) lalu menjuarai Danyon Cup di Jakarta. Bagaimana perawatan branjangan Pengkor di tengah kesibukan Om David sebagai pemilik lawfirm atau firma hukum?

Branjangan Pengkor
Branjangan Pengkor, juara Danyon Cup Jakarta, 27 April 2014.

Branjangan Pengkor menunjukkan ketangguhannya saat berlaga dalam even Danyon Cup di Jakarta, 27 April lalu. Gelar juara 1 pun diraihnya, mengalahkan lawan-lawannya seperti Brajamusti milik Ahon (Kebon Jeruk), BBG milik Riki (Taruna SF), dan Jupiter milik Tony Music (Duta KM Cup VIII), yang masing-masing menjadi juara 2-4.

David Bony
David Bonny

Om David Bonny meminang branjangan Pengkor sekitar enam bulan lalu. Sejak pandangan pertama, Om David yang tinggal di Tangerang sudah yakin kalau Pengkor merupakan burung prospek.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Materi lagunya mewah dan rajin bunyi. Saat membawakan lagu, Pengkor juga aktif mengepakkan kedua sayapnya di atas batu.

“Speed juga rapat, dan volumenya tembus. Saat itu juga, saya langsung membelinya. Ya, saya yakin, suatu hari nanti, burung ini pasti menjuarai lomba,” kata Om David, soal pertemuan pertamanya dengan Pengkor, enam bulan lalu.

Benar saja. Sejak di tangannya, branjangan Pengkor selalu mencetak prestasi di berbagai even yang diikutinya. Puncaknya terjadi dalam even Danyon Cup, ketika Pengkor tampil sebagai yang terbaik.

Perawatan harian branjangan Pengkor

Bagaimana kiat Om David merawat gaconya, di tengah kesibukannya sebagai pemilik firma hukum? Menurut dia, perawatan Pengkor sebenarnya mudah, praktis, alis tidak ribet. Berikut ini ringkasannya, sebagai salah satu referensi bagi para BR mania lainnya:

  • Pagi, setelah buka kerodong, burung dianginkan beberapa saat.
  • Selanjutnya, burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah. Dalam hal ini, Om David menyetel hand sprayer secara halus, sehingga semprotannya berupa embun.
  • Usai mandi, burung dijemur tetapi tidak langsung terkena sinar matahari. Jadi, sekadar diangin-anginkan di teras hingga pukul 09.00.
  • Extra fooding (EF) berupa jangkrik kecil 3 ekor pada pagi hari, dan 3 ekor lagi pada sore atau malam harinya.
  • Kroto segar hanya diberikan dua hari sekali.
  • Saat istirahat, baik siang atau malam hari, Pengkor selalu ditempel burung cucak cungko dan pentet yang menjadi masterannya selama ini. Kedua burung master ini sudah memiliki isian lengkap, yang siap diserap brangjangan Pengkor.

Perawatan khusus lomba

Tiga hari menjelang lomba (H-3), branjangan Pengkor mulai menjalani perawatan khusus lomba. Porsi jangkrik yang semula 3/3 ditingkatkan menjadi 5/5. Kroto yang semula dua hari sekali, kini diberikan full setiap hari.

Minggu pagi sebelum dibawa ke lapangan, burung mendapat menu tambahan berupa dua ekor ulat hongkong.

Perawatan branjangan Pengkor
Om David: Perawatan branjangan Pengkor relatif simpel.

”Kalau sudah di-setting seperti itu, Pengkor sudah siap tempur saat dibawa ke lapangan. Bahkan, meski dalam kondisi masih dikerodong, Pengkor langsung hoovering di dalam sangkar,” jelas Om David.

Yang penting, pemilik harus selalu mengawasi branjangannya agar jangan terlalu sering bunyi sebelum digantang, agar power dan staminanya tetap full saat lomba. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.