MB Kaisar dan kacer King Arthur terbaik di Wali Kota Cup Magelang

Murai batu Kaisar milik Didik (Magelang) dan kacer langganan jawara King Arthur milik Koko (Doraemon SF) tampil sebagai yang terbaik dalam Lomba Burung Berkicau Wali Kota Cup Magelang di halaman kantor Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kota Magelang, Minggu (4/5) lalu. Jawara lain dalam even ini adalah kenari Orchestra milik Sarwoko CJT (Jogja), lovebird Tuan Muda milik Rafik (Magelang), dan cucak hijau Viola milik Agung (Netral BC).

Even Wali Kota Cup Magelang yang digelar dalam rangka Hari Jadi Ke-1108 Kota Magelang ini memiliki kemasan unik, dan jarang dijumpai pada lomba burung berkicau lainnya. Sebab panitia hanya membuka lima kelas, yaitu murai batu, kacer, kenari, lovebird, dan cucak hijau.

Setiap jenis burung hanya terdiri atas satu kelas saja, sehingga pengelolaan menjadi lebih simpel. Selain itu, untuk mendapatkan juara sejati, panitia yang digawangi Om Budi Magnalia, Om Darsin Hutapea, dan kawan-kawan menerapkan sistem penyisihan sebagaimana dikenal dalam kontes Papburi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lomba burung Wali Kota Cup Magelang
Babak penyisihan ala Papburi dalam even Wali Kota Cup Magelang, Minggu (4/5).

Dari beberapa sesi penyisihan untuk setiap jenis burung, tim juri akan memilih 10 burung terbaik, lantas diadu lagi di babak final. Model seperti ini juga sering diterapkan dalam kontes murai batu di Singapura dan Malaysia, untuk menghasilkan juara sejati.

Kelas murai batu didominasi pemain tuan rumah. Murai batu Kaisar milik Didik (Magelang) tampil sebagai juara 1, diikuti Sarkali milik Budi S (Magelang) di posisi kedua dan Jaguar milik Aziz (Armed II) sebagai juara 3.

King Arthur milik Koko (Doraemon SF) sukses menjuarai kelas kacer. Kacer King Arthur memang sering menjuarai even di Blok Tengah. Posisi runner-up ditempati Stroom milik Agung Kenter (Netral BC) dan juara ketiga diraih Baru Klinting, kacer andalan Rangga dari Jogja.

Netral BC juga menjuarai kelas cucak hijau, melalui Viola milik Agung. Posisi kedua ditempati Punk Rock, gaco milik Yoyok Magelang. Adapun cucak hijau Evo 3 kepunyaan Eka Harsanta (Klaten) berada di urutan ketiga.

Kelas lovebird kembali didominasi kicaumania Magelang, melalui Tuan Muda milik Rafik yang menjadi juara pertama, serta Jager milik Allavis / Nunung sebagai juara ketiga. Posisi runner-up ditempati Ratu, lovebird milik Sun dari Wonosobo.

Netral BC
Netral BC: Juara 1 cucak hijau dan juara 2 kelas kacer.
Yoyok dan cucak hijau Punk Rock
Yoyok dan cucak hijau Punk Rock.

Yang tak kalah menarik adalah penampilan kenari Orchestra milik Sarwoko CJT (Jogja) yang memperkuat Duta Papburi Klaten. Meski dikepung gaco-gaco andalan dari Duta Papburi Klaten, Orchestra tampil apik dan sukses menjadi juara 1.

Kenari Orchestra milik Sarwoko CJT Jogja
Dikepung lima jawara dari Klaten, kenari Orchestra tampil sebagai juara 1.

Juara kedua dan ketiga masing-masing diraih Raja Petir milik Daru Prakoso (Duta Papburi Klaten), dan Pusaka Dewa besutan Yoga / Dodooke (Mahabrata).

Duta Papburi Klaten menempatkan lima gaconya di babak final. Selain Raja Petir yang menempati posisi runner-up, empat gaco lainnya adalah Sekutu milik Ari 067 (juara 5), Violet milik Vio (juara 6), Ilusi milik Tari S (juara 7), dan Verot kepunyaan Zimon DP di urutan kesembilan.

Sarwoko CJT Jogja
Sarwoko CJT: Orchestra punya isian siskin yang sedang ngetren.

Kelas kenari dalam Wali Kota Cup Magelang ini diberi titel Kenari Campursari atau gabungan kenari isian dan kenari standar. Orchestra merupakan kenari isian, yang didominasi lagu siskin. Materinya istimewa, sehingga para peserta lainnya pun mengakui kehebatan Orchestra.

“Raja Petir kalah lagu dari Orchestra. Sebab even di Magelang tidak memisahkan kelas isian dan standar, tapi digabung atau dicampur dalam Kelas Campursari,” kata Daru Prakoso, pemilik Raja Petir yang harus puas di urutan kedua.

Daru Prakoso dan kenari Raja Petir
Daru Prakoso bersama kenari Raja Petir.

Raja Petir merupakan kenari F3 dengan lagu standar, dan kerap menjuarai even Papburi. Bahkan dalam dua pekan sebelumnya, Raja Petir selalu moncer, yaitu menjuarai Kelas Standar dalam kontes Papburi Jogja (27/4) dan juara 2 Kelas Standar dalam even Papburi Klaten (20/4).

Menurut Om Sarwoko, saat ini isian yang sedang ngetren untuk kenari adalah lagu siskin. Orchestra yang sudah memiliki isian siskin dan mampu menyanyikannya secara fasih pun sering dijadikan sebagai “guru” bagi kenari-kenari yunior yang ada di rumahnya, sebelah utara Jogja Expo Center.

Secara keseluruhan, kontes Wali Kota Cup Magelang berlangsung sukses dan meriah. Panitia berencana menjadikannnya sebagai even tahunan, dan digelar berdekatan dengan momentum peringatan Hari Jadi Kota Magelang. (Waca)

Panitia Wali Kota Cup Magelang
Panitia Wali Kota Magelang: Bakal menjadi even tahunan.

Hasil Lomba Wali Kota Cup Magelang (Minggu, 4 Mei 2014)

KENARI CAMPURSARI
1. OrchestraSarwoko CJTDuta Papburi Jogja
2. Raja PetirDaru PrakosoDuta Papburi Klaten
3. Pusaka DewaYoga-DodookeMahabrata
4. GladiatorTonipawiroJogja
5. SekutuAri 067Duta Papburi Klaten
6. VioletVioDuta Papburi Klaten
7. IlusiTari SDuta Papburi Klaten
8. TurkijoSigitGrabak
9. VerotZimon DPDuta Papburi Klaten
10. GlugutRatno 75Klaten
MURAI BATU
1. KaisarDidikMagelang
2. SarkaliBudi SMagelang
3. JaguarAzizArmed II
4. DarkombesWawanMagelang
5. KompresorCak AliParakan
6. MaskotSusilo`Purworejo
7. Black NinjaDidik KFCNetral Bc
8. KinaraAntokMagelang
KACER
1. King ArturKokoDoraemon Sf
2. StroomAgung KenterNetral Bc
3. Baru KlintingRanggaJogja
4. –WawanMagelang
5. Gunung KeludMustofoSleman
6. ToletGunturSleman
7. BolodewoSony-RickiDt.A2BRKMI Cup
8. ClelseaRikoMagelang
9. Putra PetirNetral BcMagelang
CUCAK HIJAU
1. ViolaAgungNetral BC
2. Punk RockYoyokMagelang
3. Evo 3Eka HarsantaKlaten
4. JebretBudiMagelang
5. SulewaEkaTemanggung
6. CeriaDwi SusantoGrabag
7. HangerAli SotoJogja
8. Pak RteJuniMagelang
9. The MoonAny Te ElKlaten
10. Inv 05NunungMagelang
LOVEBIRD
1. Tuan MudaRafikMagelang
2. RatuSunWonosobo
3. JagerAllavis-NunungMagelang
4. BeningHariyadiNetral Bc
5. PaijoInuMagelang
6. SoimahAdiNetral Bc
7. BagongExcelNgadirejo
8. GelengLutfi SfDt.LSC Solo
9. BlangkonYudi LFPurworejo
10. Si PinLutfi SfDt.LSC Solo

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.