Ini dia burung kolibri yang sebenarnya: Dengar dan download kicauannya!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dalam berbagai artikel mengenai burung-madu, Om Kicau selalu menjelaskan burung ini termasuk dalam kelompok sunbird, bukanlah kolibri alias hummingbird. Banyak penggemar burung-madu yang keukeh dan tetap menganggap piarannya sebagai burung kolibri. dengan beragam embelan seperti kolibri ninja, kolibri wulung, dan sebagainya. Oke, untuk membuka wawasan sobat kicaumania yang terlanjur keliru memahami burung-madu dan kolibri, berikut ini deskripsi, gambar, dan suara burung kolibri yang sebenarnya, agar kita bisa menjalankan hobi burung secara benar.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung kolibri
Hummingbird atau kolibri dikenal sebagai burung terkecil di dunia.

Berbeda dari burung-madu yang banyak dijumpai di Afrika, Australia, Asia Selatan, serta Asia Tenggara termasuk Indonesia, wilayah persebaran burung kolibri / hummingbird terbatas hanya di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Dalam beberapa hal, burung kolibri memiliki kebiasaan / perilaku yang menyerupai burung-madu. Misalnya sama-sama menyukai nektar sebagai salah satu sumber makanan utamanya.

Namun morfologi tubuhnya tak sama. Itu sebabnya, para ornitholog dunia memisahkan keduanya dalam kelompok berbeda. Burung-burung jenis kolibri dimasukkan dalam kelompok hummingbird, dan burung-madu dimasukkan dalam kelompok sunbird.

Burung kolibri termasuk dalam keluarga Trochilidae, sedangkan burung-madu termasuk dalam keluarga Nectariniidae. Jadi menilik taksonomi atau klasifikasi ilmiah pun, keduanya pun berasal dari keluarga yang berbeda.

Dengan ukuran tubuhnya yang mungil, 6 – 13 cm (tergantung spesiesnya), burung kolibri makin leluasa dalam menghisap nektar dari tanaman bunga. Burung ini memiliki kemampuan hoovering atau terbang diam saat menghisap nektar.

Kolibri disebut pula dengan istilah hummingbird. Istilah ini mengacu pada suara dengung (humming) yang muncul saat burung  mengepakkan kedua sayapnya. Kecepatan gerak kedua sayapnya bisa mencapai 200 kali / detik, yang menghasilkan suara dengungan cukup unik, mirip suara dengung yang diciptakan lebah madu.

Dengan kemampuan mengepakkan sayap yang luar biasa itulah, burung kolibri sanggup terbang dengan kecepatan 54 km / jam. Untuk melihat seperti apa kepak sayap kolibri dalam gerak lambat, silakan lihat video dokumentasinya di sini.

Untuk bisa memiliki kemampuan yang sangat luar biasa tersebut, kolibri memiliki metabolisme yang cukup tinggi.  Bahkan untuk menghemat energi ketika burung merasa kesulitan dalam mencari pakan, terutama pada musim dingin, mereka memiliki kemampuan melakukan hibernasi ( kondisi seperti mati suri), sehingga tingkat metabolisme menjadi 1/15 lebih lambat daripada kondisi normal.

Kolibri
Kolibri memerlukan pakan serangga yang cukup banyak untuk menjalani aktivitas hariannya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Pakan utama burung kolibri adalah nektar, yaitu cairan manis yang terdapat dalam bunga. Seperti halnya lebah, burung kolibri sanggup menilai kadar gula yang terdapat dalam nektar yang dihisapnya. Jika kadar gula kurang dari 10%, burung tidak akan mengisapnya, dan pindah ke tanaman bunga lain yang memiliki nektar dengan kadar gula lebih tinggi.
Meski rutin mengisap nektar, burung kolibri tetap mencari pakan lain seperti serangga kecil, agar nutrisi lainnya terpenuhi.
Burung hummingbird
Burung kolibri hanya dapat ditemukan di wilayah Amerika termasuk Amerika Utara dan Selatan.

Suara kicauan burung kolibri

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung kolibri ternyata memiliki suara kicauan yang cukup unik, sehingga layak dijadikan sebagai suara masteran atau untuk memancing burung lain berbunyi. Berikut beberapa jenis burung kolibri yang memiliki suara kicauan cukup unik.
1. Maginificent hummingbird (Eugenes fulgens)
2. Blue-throated hummingbird (Lampornis clemenciae)
bluethroatedSuara blue-throated hummingbird | DOWNLOAD
3. Ruby-throated hummingbird (Archilochus colubris)
rubythroatedSuara rubby-throated hummingbird | DOWNLOAD
4. Anna’s hummingbird (Calypte anna)
annaSuara anna’s hummingbird | DOWNLOAD
5. Rufous hummingbird (Selasphorus rufus)
rufousSuara rufous hummingbird | DOWNLOAD
6. Calliope hummingbird (Selasphorus calliope)
caliopeSuara calliope hummingbird | DOWNLOAD
7. Broad-billed hummingbird (Cynanthus latirostris)
broad billedSuara broad-billed hummingbird | DOWNLOAD
8. Buff-bellied hummingbird (Amazilia yucatanensis)
buff beliedSuara Buff-bellied hummingbird | DOWNLOAD

Itulah sebagian deskripsi, gambar, dan suara burung kolobri yang sebenarnya, sehingga bisa mengoreksi pemahaman keliru dari beberapa sobat kicaumania yang selama ini menganggap burung-madu sebagai burung kolibri.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.