Apa yang mesti dilakukan jika burung branjangan mabung?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Seiring dengan meningkatnya kembali pamor burung branjangan di arena lomba, kini banyak pemula yang mencoba memeliharanya. Berbeda dari kicaumania yang pernah memeliharanya, BR mania pemula sering kebingungan saat burungnya memasuki masa mabung. Sebagai panduan bagi pemula, berikut ini beberapa perawatan yang mesti dilakukan jika burung branjangan mabung agar selepas mabung burung tetap pada kondisi rajin bunyi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Branjangan mabung
Burung branjangan yang sedang mabung membutuhkan perawatan yang tepat.

Perawatan mabung yang tepat pada burung branjangan bisa menentukan apakah burung tersebut akan tetap rajin bunyi seperti sebelumnya, atau menjadi macet alias tidak mau bunyi lagi. Sebab, seperti halnya anis merah, branjangan memiliki karakter yang labil ketika memasuki masa mabung.

Berikut ini enam tips perawatan yang mesti dilakukan pada burung branjangan selama masa mabung:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

1. Perhatikan masalah kerodong

Masalah full kerodong dan tanpa kerodong memang masih menjadi pro-kontra di kalangan branjangan mania. Sebagian beranggapan, branjangan yang selama masa mabung diberikan full kerodong, maka usai mabung akan sulit kembali ke performa awalnya sebagai burung yang rajin bunyi.

Anggapan itu menjadi benar terutama pada burung yang dalam perawatan kesehariannya (di luar masa mabung) memang sudah terbiasa tidak dikerodong. Jadi, ketika selama mabung dikerodong, apalagi jika kerodongnya berwarna cerah atau memiliki motif tertentu, burung menjadi ketakutan dan bisa berakibat stres.

Dampak lanjutannya, proses mabung berjalan tidak sempurna. Itulah sebabnya, selepas mabung, burung branjangan tidak mau berbunyi seperti sebelum mabung.

Jika Anda terbiasa tidak memberikan kerodong pada branjangan, maka selama mabung pun burung tidak perlu dikerodong.

Namun, kalau branjangan sehari-hari sudah terbiasa dikerodong, maka selama mabung perlu dikerodong agar memperoleh ketenangan yang memang diperlukan selama masa pergantian bulu tersebut.

Dengan demikian, sebenarnya tidak ada istilah pro-kontra dalam penggunaan kerodong selama burung mabung. Semuanya disesuaikan dengan kebiasaan dan karakter burung selama ini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lihat tips lainnya:

Extra fooding | PenjemuranBebas kutuSuplemen burung mabung | Pemasteran

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.