Mulyono BF Depok: Trotolan murai batu paling murah Rp 2,5 juta / ekor

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Produk murai batu hasil penangkaran Mulyono Bird Farm (BF) Depok kini makin dilirik para pemain di wilayah Jabodetabek, bahkan sampai ke Situbondo, Jawa Timur. Pasalnya gaco-gaconya terus moncer di lapangan. Yang terbaru adalah murai batu Centeng. Jagoan dengan kode ring Mul 221 yang menjuarai Gebyar EB-Odjoss di Jakarta, 11 Mei lalu.

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Murai batu Centeng, salah satu produk Mulyono BF, juara Gebyar EB-Odjoss di Jakarta, 11 Mei lalu.

Selain Centeng yang berumur 2 tahun, masih ada beberapa adiknya yang juga berprestasi di sejumlah even latberan. Misalnya Anak Lanang (Mul 252) yang sudah memasuki masa mabung keduanya.

Dari pasangan induk lainnya, Om Mulyono juga memiliki Dedemit (Mul 210) yang lebih dulu berprestasi daripada Centeng, karena umurnya juga sedikit lebih tua.

Sejak trotolan, murai batu Centeng sudah diboyong rekan sejawatnya, Mr Mumu, hingga besar. Setelah itu, burung dibesutnya untuk diorbitkan ke lapangan dan mendulang beragam prestasi. “Sebelumnya, Centeng sudah beberapa kali juara latber,” kata Om Mulyono.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Mr Mumu, pemilik MB Centeng, dengan kode ring Mul 221.

Lahan terbatas tidak mematahkan semangat Om Mulyono untuk menangkar murai batu.Kandang breeding pun menyatu dengan rumahnya di kawasan Pekapuran, Kelurahan Sukatani, Tapos Pekapuran, Depok.

Dia memanfaatkan dua rumah petak yang dulu pernah disewakan sebagai tempat tinggal. Kini rumah petak itu disulapnya menjadi kandang penangkaran murai batu.

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Om Mulyono: Tak masalah banyak murai dalam satu rumah.

Ruang tamu, kamar, dapur, hingga kamar mandi disekat menggunakan tripleks, sehingga menjadi kandang-kandang murai batu yang produktif.

Setiap kandang induk murai batu memiliki ukuran panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2 meter. Dinding belakang dan samping tertutup tripleks. Adapun dinding depan ditutup kawat halus sehingga bersifat terbuka. Pada dinding depan juga disediakan lembaran kain, kalau sewaktu-waktu ingin menutupnya.

Mulyono Bird Farm Depok
Kandang sederhana, dengan dinding tripleks dan kawat ram.

Sebagian besar pasangan induk sangat produktif. Yang tidak kalah penting, anakan yang dihasilkan rata-rata moncer di lapangan. Hal ini tidak terlepas dari seleksi induk jantan.

“Semua induk jantan pernah juara lomba, mentalnya bagus, memiliki kualitas irama lagu dan volume di atas rata-rata,” ujarnya.

Adapun calon induk betina juga menjalani proses seleksi yang ketat pula. Biasanya, Om Mulyono akan memilih murai batu betina yang memiliki katuranggan bagus, fisik prima, dan mempunyai naluri fighter.

“Yang lebih penting, burung betina sudah mencapai umur dewasa kelamin, atau minimal berumur 8 bulan. Karena pada umur tersebut murai batu betina sudah siap kawin,” jelas Om Mulyono.

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Kandang umbaran untuk melatih murai batu lomba.

Untuk urusan pakan, pasangan induk diberi voer dan jangkrik tanpa batas atau sepuasnya. Jangkrik dimasukkan ke dalam wadah pakan berbahan plastik. Selain itu, pasangan induk juga rutin mengkonsumsi kroto. Cacing hanya diberikan kalau stok tersedia.

Harga trotolan murai batu produk Mulyono BF dijual paling murah seharga Rp 2,5 juta / ekor. Anda berminat? Silakan kontak langsung Om Mulyono. (d’one)

Anakan murai batu Mulyono BF Depok
Anakan murai batu siap dibesarkan dan diorbitkan.
Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Harga trotolan murai batu paling murah Rp 2,5 juta / ekor.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.