Lovebird Diajeng Jr dan cucak hijau Monster unggul di Kawula Alit Jogja

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Grand Opening Kawula Alit BC di Pasar Tlogorejo Jl Godean Km 4,5 Jogja, Minggu (18/5), berlangsung cukup meriah. Setiap sesi dibatasi 20 gantangan saja, dengan empat orang juri pada empat sisi. Selama penilaian, para juri tidak boleh saling berkomunikasi. Di akhir lomba, barulah para juri berkoordinasi untuk menentukan juaranya. Beberapa burung tampil memukau, seperi lovebird Diajeng Jr, cucak hijau Monster, dan cendet Angin Ribut.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Grand Opening Kawula Alit BC Jogja
Suasana lomba di kelas cucak hijau dalam Grand Opening Kawula Alit BC di Jogja, Minggu (18/5).

Dalam even ini, panitia hanya memilih juara 1-3 apabila peserta di atas 12 ekor burung. Kalau jumlah burung kurang dari 12 ekor, hanya diambil juara 1-2 saja. Selanjutnya, jika jumlah peserta tujuh ekor atau di bawahnya, hanya diambil satu pemenang.

Mr Tego
Mr Tego, punggawa Kawula Alit BC

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Model lomba yang dipilih Mr Tego dan kawan-kawan ini bisa dibilang penggabungan antara model lomba konvensional dan model lomba Paguyuban Penggemar Burung Kenari (Papburi).

Bagi sebagian kicaumania yang terbiasa main pada lomba model konvensional, model Papburi dinilai terlalu lama. Sebab banyak penyisihan mempertemukan 10 ekor burung saja.

“Terkadang beberapa burung tampil bagus di babak penyisihan, namun kurang nampil justru di final yang menentukan,” kata Mr Tego.

Sebaliknya, lomba model konvensional sering dikeluhkan karena tingkat ketelitiannya menurun, dan terkadang ada kecurigaan juri sengaja memenangkan burung tertentu alias “sengaja” mengalahkan burung-burung lainnya.

“Dengan membatasi 20 ekor burung per kelas, peserta dan penonton bisa memantau kinerja burung dengan lebih baik. Juri pun bisa memberikan penilaian lebih cermat. Kalau pesertanya 60 apalagi 70 ekor per kelas, sejujurnya sulit memantau semua burung dengan teliti,” tambah Mr Tego.

Mengapa pemenangnya hanya juara 1-3? Menurut Mr Tego, sesungguhnya penentuan juara 4-10 itu juga sudah kurang teliti. Kalau mau dibilang juara, sesungguhnya ya hanya tiga peringkat teratas.

Model Kawula Alit BC akan diberlakukan dalam latihan rutin, setiap Sabtu sore, yang dimulai tanggal 24 Mei 2014. Jadi, sobat kicaumania di seputaran Jogja bisa menjajal burungnya dalam latihan rutin Kawula Alit BC setiap Sabtu, bertempat di Pasar Tlogorejo Jl Raya Godean Km 4,5 Jogja. Tiket murah-meriah, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Selain latihan rutin, Kawula Alit BC bakal menggelar latpres bulanan khusus di kelas lovebird, kenari (standar, isian, semi isian, kalitan campursari),dan masteran impor. Latpres digelar pada hari Minggu pekan pertama.

Grand Opening Kawula Alit BC, Minggu (18/5), berlangsung cukup ramai. Kelas cucak hijau, kenari standar, lovebird, dan kacer full peserta. Kelas kenari isian, kenari semi isian, anis merah, dan murai batu memang belum penuh. Namun jika panitia konsisten dalam menerapkan sistem penilaian yang objektif, diyakini peserta akan meningkat terus.

Kelas Lovebird A dimenangi Diajeng Jr. Gaco milik Pithek / Tom ini sebelumnya juga menjuarai even di TKKM Jogja. Adapun Kelas Lovebird B dimenangi SOG milik Indra G dari Harpindo Jaya.

Aksi lovebird Diajeng Jr
Aksi lovebird Diajeng Jr

Lovebird Jakem milik Nada dari Jogo KM juga tampil ciamik. Meski tidak menjadi juara 1, burung ini dua kali menjadi runner-up, yang menunjukkan kestabilan prestasinya.

Om Pithek memang tidak henti-henti mengorbitkan lovebird jawara. Meski usianya relatif masih muda, kemampuannya dalam memoles lovebird mendapat pengakuan dari kalangan lovebird lovers di seputaran Jogja (silakan baca profilnya di sini, sekaligus melihat video cara dia mengkondisikan lovebird lomba).

Kelas cucak hijau didominasi Monster, jagoan lawas kepunyaan Dwi KH. Monster menjuarai dua sesi yang dibuka panitia, yaitu Kelas A dan B.

Dua kelas anis merah dimenangi dua burung berbeda. Kelas A dijuarai Bintang, anis merah rawatan Bernard. Namun Kelas B dimenangi jagoan milik H Mansyur Muntilanm, yaitu Sensasi.

Kenari Zorro
Kenari Zorro, belum pecah suara sudah juara pertama.

Di kelas kenari isian / reguler, sesi A dimenangi Harmony milik Mr Angga (Condong Catur). Adapun sesi B dijuarai Zorro milik Rony Cahyana CJT, diikuti koleganya Orchestra milik Sarwoko CJT.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sarwoko dan Rony Cahyana CJT
Sarwoko CJT (kiri) dan Rony Cahyana CJT bersama kenari Zorro.

Bagi para peserta, latber ini menjadi pemanasan sebelum tampil dalam KMYK Idol di Taman Kuliner Condong Catur Jogja, Minggu (25/5) mendatang. Even ini juga menawarkan kelas branjangan dengan tiket gratis. (Waca)

Hasil Lomba Grand Opening Kawula Alit BC

(Jogja, Minggu tanggal 18 Mei 2014)

KENARI REGULER A
1. HarmonyMr. AnggaConcat
2. TweetyMr. SusiloJogja
KENARI REGULER B
1. ZorroRony CahyanaCJT
2. OrchestraSarwokoCJT
KENARI SEMI ISIAN A
1. GladiatorMr. YongkyMejing
2. SurikenPCBJogo KM
KENARI STANDAR A
1. Suling SaktiMr. TrisJogja
2. Gold WingJojokKlaten
3. JaguarHakim ArifDT Raja
KENARI STANDAR B
1. JaguarHakim ArifDT Raja
2. Rolling StoneTNTJogo KM
3. Gold WingMr. JojokKlaten
KENARI KALITAN STANDAR
1. NyaniMr. BambangKarangmloko
2. UnyilDimas RondeJogja
CUCAK HIJAU A
1. MonsterMr. DKHLBM Team
2. MaestroMr. ArmedDegan
3. PregioPatarJogja
CUCAK HIJAU B
1. MonsterMr. DKHLBM Team
2. PregioPatarJogja
3. Hantu LautMr DediAngkringan
LOVEBIRD A
1. Diajeng JrPitik/TOMZona BF
2. JakemNadaJogo KM
3. Si SriGibranG Elektro
LOVEBIRD B
1. SOGIndra GHarpindo Jaya
2. JakemNadaJogo KM
3. LarasatiMr. ArisLempuyangan
KACER A
1. Kipas DewaEdi/KabulJogja
2. Naga ApiMr. ArmedDegan
3. RonggolaweTito HandiJogja
KACER B
1. PredatorMr. GinoPajeksan
2. TowerMr.RicoJogja
3. Raja RimbaH. MansyurMuntilan
CENDET A
1. Angin RibutCak Nur/UcritNgasem
2. MaveryxMr. Aziz JiBTDT Raja
3. AuroraMr. Evan JendraKMP Pasty
CENDET B
1. Angin RIbutCak Nur/UcritNgasem
MURAI BATU
1. Roda RolMr. UjangNgawen
2. Mr. XAchmed/TommyAKM 99 SF
ANIS MERAH A
1. BintangBernardJogja
2. DealovaH2RSH2RS SF
ANIS MERAH B
1. SensasiH. MansyurMuntilan
2. Dewa NdaruMr EDIABD

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.