Beberapa jenis burung pijantung dan suara kicauannya

6. Pijantung gunung ( Arachnothera affinis )

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pijantung gunung (Arachnothera affinis)
Burung pijantung gunung (Arachnothera affinis).

Pijantung gunung / streaky-breasted spiderhunter adalah burung pijantung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 17 cm. Warna tubuhnya dominan hijau dan abu-abu, dengan tubuh bagian atas hijau-zaitun, tubuh bagian bawah abu-abu, dan memiliki coretan hitam pada bagian tenggorokan dan dada. 

Burung pijantung gunung memiliki dua subspesies dengan daerah sebaran lokal di Kalimantan (utara dan tengah), Jawa dan Bali. Mereka senang mendiami kawasan hutan pesisir, hutan dataran rendah, hingga kawasan perbukitan hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut.

Spesies ini juga sering terlihat mengunjungi rumpun pisang liar dan pohon-pohon yang sedang berbunga, seperti pohon dadap Erythrina.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Pijantung gunung termasuk burung yang bisa beradaptasi dengan lingkungan manusia, bahkan terbiasa dengan kehadiran manusia di sekitarnya, seperti halnya burung cabe-cabean atau burung pleci. Suara kicauannya terdengar parau tetapi tajam.

Berikut suara kicauan pijantung gunung | DOWNLOAD

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

SebelumnyaBerikutnya

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.