Melatih dan memaster burung ciblek agar rajin ngebren

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Para penggemar ciblek tentu berharap agar burungnya rajin bunyi dengan suara tembakan khasnya, yang dikenal dengan istilah ngebren. Istilah ngebren mengacu pada suara senapan mesin (bren). Terlepas dari julukan terhadap suara kicauannya itu, masih banyak ciblekmania yang penasaran karena burung miliknya jarang mengeluarkan suara ngebren. Kali ini, Om Kicau ingin memberikan panduan mengenai cara melatih dan memaster burung ciblek agar lebih rajin mengeluarkan suara ngebrennya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pada umumnya, semua burung ciblek memiliki kemampuan mengeluarkan suara tembakan khasnya. Tapi tetapi tidak semua individu bisa melakukannya secara maksimal.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Faktor yang mempengaruhi antara lain karakter burung, dan perawatannya termasuk pemasteran. Berikut ini gambaran keterkaitan dua faktor tersebut:

  • Dua ekor ciblek dengan kualitas genetik berbeda, tapi mendapat perawatan dan pemasteran yang sama, maka hasilnya belum tentu sama.
  • Sebaliknya, dua ekor ciblek dengan kualitas genetik hampir sama (misal dari pasangan induk yang sama), tetapi mendapat perawatan dan pemasteran berbeda, maka hasilnya juga akan berbeda.

Selain itu, potensi ngebren juga berkaitan dengan kengototan burung. Sifat ngotot rata-rata dimiliki ciblek yang masih muda. Burung muda yang latah cenderung mudah dilatih untuk memiliki kemampuan bersuara ngebren dengan lebih rapat dan panjang.

Ciblek Jatra
Ciblek Jatra yang pernah bersinar di Jabodetabek.

Berikut ini beberapa cara yang biasa dilakukan ciblekmania dalam melatih burungnya agar memiliki suara yang lebih maksimal :

  • Mengembunkan burung pada pagi-pagi hari sekali, untuk melatih burung agar lebih rajin berbunyi.
  • Memancing bunyi dengan burung kicauan jenis lain yang gacor dan memiliki karakter suara yang cocok, misalnya kenari atau perenjak betina.
  • Melatih atau memaster burung ciblek dengan ciblek lain yang bersuara ngebren.

Dalam konteks terakhir inilah, Om Kicau menyediakan beberapa audio rekaman burung ciblek bersuara ngebren yang bisa dimanfaatkan untuk melatih dan memaster ciblek muda agar kelak rajin mengeluarkan suara ngebrennya dan menjadi burung yang diidam-idamkan selama ini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Suara perenjak untuk masteran | DOWNLOAD

Kalau belum cukup, silakan buka pula koleksi lama berikut ini:

Ada juga beberapa rekaman suara burung lain yang dapat dijadikan masteran untuk ciblek Anda di rumah agar nantinya rajin ngebren :

– 

Selain pemasteran, jangan lupakan aspek perawatan harian seperti pemberian extra fooding (EF), mandi dan penjemuran.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

    • neembak pada burung ciblek tergantung karakter burungnya om, karena jika burung sudah ngotot pasti akan nembak-nembak. untuk itu sering dilatih/dimaster dengan suara tembakan burung lain saja om (misal: prenjak. dll)

Komentar ditutup.