Yudho, sukses beternak kenari dalam ruangan 2 x 3 m2

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Jangan pernah menyerah pada keadaan. Begitulah ungkapan yang diyakini Om Yudho. Meski lahan yang tersedia hanya 2 x 3 meter persegi (m2), itupun merupakan salah satu ruangan di dalam rumah, laki-laki asal Ketanggar, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, ini ingin sekali mewujudkan impiannya menjadi peternak burung kenari. Empat tahun lalu, dia mulai merintis usahanya, disertai jatuh-bangun demi memperoleh pengalaman.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Yudho - Revan BF Blora
Salah satu kenari dengan kode ring Revan.

Kini, kenari hasil penangkarannya yang diberi kode ring Revan terus diminati para kicaumania Blora dan sekitarnya, karena kerap moncer di berbagai latber dan lomba.

“Beternak kenari relatif mudah. Risikonya juga lebih kecil daripada breeding jenis burung lainnya seperti murai batu. Selain itu, permintaan pasar cukup tinggi,” ungkap Om Yudho mengenai alasannya beternak kenari.

Yudho - Revan BF Blora
Om Yudho memulai beternak kenari empat tahun lalu.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Berbagai jenis kenari diternak di rumahnya, mulai dari kenari lokal, AF, sampai F1. Kandang ditempatkan di dalam salah satu ruangan rumah, dengan luas hanya 2 x 3 m2, namun ventilasi dan sirkulasi udaranya lancar, dan sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang.

Om Yudho memulai beternak kenari empat tahun lalu.
Ruangan 2×3 m2 untuk beternak kenari. Sinar matahari leluasa masuk ke kandang.

Usaha yang dirintisnya sejak empat tahun lalu itutidak langsung menuai keberhasilan. Maklum, awalnya dia memang baru belajar, sehingga pengalaman beternak burung masih minim. Bahkan pernah ia ditipu saat membeli budung indukan, eh.. malah diberi kenari piyikan.

Yudho - Revan BF Blora
Salah satu kandang perkawinan di Revan BF Blora.

“Karena pengetahuantentang kenari saat itu masih minim, ya saya terima saja. Saya lalu mulai cari ilmu, menjalin silaturahmi dengan beberapa peternak dan rekan kicaumania. Saya beli lagi indukan, dan enam bulan kemudian mulai menghasilkan, terus produksi hingga sekarang,” jelas Om Yudho.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Yudho - Revan BF Blora
Beberapa koleksi kenari Revan BF Blora.

Meski tak pernah mengiklankan di media cetak maupun online (baru kali ini di omkicau.com, dan gratis), hubungan silaturahmi dengan para kicaumania sangat membantu aspek pemasaran.

Tak mengherankan apabila para penggemar dan pemain kenari kerap main ke rumahnya untuk membeli piyikan dengan ring kode Revan. Bahkan sebagian pemesan berasal luar Jawa.

Yudho - Revan BF Blora
Calon pembeli memantau produk Revan BF di teras rumah.

Keunggulan produk kenar ring Revan adalah umur 1 bulan dijamin sudah ngeriwik. Soal harga juga cukup bersahabat. Harga piyik lokal dibanderol sekitar Rp 150.000 – Rp 175.000 (dewasa Rp 500.000), dan piyik AFsekitar Rp 250.000 -Rp 350.000 (dewasa Rp 600.000 – Rp 700.000).

“Sebagian hasil keuntungan selalu saya sisihkan untuk investasi indukan baru. Belum lama ini nambah lagi enam ekor indukan,” kata Om Yudho.

Menurut dia, salah satu kendala dalam beternak kenari adalah proses perkawinan, karena faktor cuaca sangat mempengaruhi. Cuaca terlalu dingin atau terlalu panas dapat mengganggu proses perkawinan.

Dalam breeding kenari, Om Yudho menggunakan sistem cabut kawin. Induk jantan dimasukkan ke dalam  kandang betina selama 20 hari. Setelah itu induk jantan diangkat, lantas dimasukkan ke kandang betina lainnya.

Wadah sarang yang digunakannya sederhana namun fungsional, yaitu separo batok kelapa yang diisi daun cemara kering dan kapas. Pakan yang disediakan berupa millet, telur puyuh, dan multivitamin.

Yudho - Revan BF Blora
Piyikan produk Revan BF baru menetas.

Meski masih kecil-kecilan, usaha penangkaran burung kenari yang dikelola Om Yudho dengan ring kode Revan ini rata-rata memberi pemasukan bulanan sekitar Rp 3 juta – Rp 5 juta. (Neolithikum)

Semoga menginspirasi calon breeder kenari lainnya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

Komentar ditutup.