Gubernur Jawa Barat Cup: Cucak hijau Boncu  dan kacer Rincong Aceh nyeri

Lomba Burung Berkicau Gubernur Jawa Barat Cup yang digelar di halaman Gedung BKPP Wilayah I, Jalan Ir H Juanda 4 Bogor, Minggu (8/6), berlangsung meriah, dengan jumlah peserta mencapai 1.600 ekor burung. Even garapan Yayasan BnR bekerja sama dengan Gunung Salak Enterprise ini bahkan berlangsung hingga pukul 19.00. Sebagian besar sesi (total 29 kelas) penuh peserta.

Lomba Burung Gubernur Jawa Barat Cup
Suasana lomba burung berkicau Gubernur Jawa Barat Cup di Bogor, Minggu (8/6),

Cucak hijau Boncu milik H Sadat (B16 SF) dan kacer Rincong Aceh milik M Khadafi (KDV Star Bird Farm) tampil menjadi bintang lapangan dengan menjuarai dua kelas alias nyeri juara 1.

Tiga burung lainnya juga meraih double winner, masing-masing pentet Raden Bentar milik Eki Gepeng (Duta PresCup III), murai batu Hammer milik Hery TSI, dan anis merah Jalu Bima kepunyaan Abdul Kohar (Paspampres).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cucak hijau Boncu makin menjadi ancaman seruis bagi ijomania lainnya, khususnya di Jabodetabek. Gaco milik H Sadat ini dalam beberapa pekan terakhir ini sering menjuarai even-even besar, termasuk mencetak hattrick dalam Jakarta Cup di Lapangan Monas, 18 Mei lalu.

Cucak hijau Boncu
Cucak hijau Boncu kembali tak tertandingi.

Boncu sukses menjuarai Kelas Wali Kota dan BKPP. Satu kelas lagi dimenangi cucak hijau Dophino, gaco lawas besutan Jhonpur dari Junior Team.

Dolphino memenangi Kelas Vita Grow yang menjadi sesi penutup. Meski berlomba saat hari sudah gelap, kinerjanya tetap maksimal.

Selain membawa Dolphino, Om Jhonpur juga menurunkan murai batu CR-7 yang masuk tiga besar di Kelas B BKPP.

Kacer Rincong Aceh kembali tak tertandingi lawan-lawannya. Pascamabung medio Mei lalu, burung ini selalu meraih juara 1 saat turun ke lapangan.

Rincong Aceh hanya tampil dua kali, yaitu Kelas Wali Kota dan BKPP. Kedua kelas ini bisa dilaluinya dengan kemenangan.

Kacer Rincong Aceh
Rincong Aceh makin stabil pasca-mabung.

Pada satu sesi lagi, Kelas Vita Grow, kru KDV Star BF mengistirahatkan Rincong Aceh, dan menurunkan pelapisnya, Setan Hitam. Hasilnya, burung ini juga menjadi juara pertama.

Kelas murai batu didominasi Hammer. Gaco milik Hery TSI ini menjuarai kelas paling bergengsi, Gubernur, yang berhadiah Rp 15 juta plus bonus Rp 5 juta. Hammer kembali menjuarai Kelas Wali Kota yang berhadiah Rp 5 juta.

Hammer mendapat perlawanan sengit dari Algojo, gaco milik H Nendra (N27 SF). Pada kelas utama, Algojo memang harus puas menjadi runner-up di bawah Hammer. “Sayang, hanya selisih satu bendera saja ,” ungkap H Nendra.

Murai batu Algojo
Murai batu Algojo milik H Nendra

Tetapi di Kelas B BKPP, Algojo tampil sebagai yang terbaik. Dalam beberapa pekan terakhir, Algojo selalu menjadi juaras. Diawali dari even Maestro Cup PBI, berlanjut ke Taman Radja, dan Gubernur Jawa Barat Cup.

Kelas MB Ekor Hitam tetap dikuasa Balotelli, jawara tak tertandingi koleksi lama Bonni N dari Jawara BC. Gaco ini juga nyaris setiap pekan meraih gelar juara di berbagai even yang diikutinya.

Di luar juara pertama, ada beberapa murai batu prospek unggulan seperti Rencong Mas milik Megananda dari MBOF Bogor.

Rencong Mas merupakan hasil ternak MBOF, yang kali ini menjadi juara 3 Kelas MB Ring. Kelas ini dimenangi KK7 milik KKTK 222 (Kaka SF), diikuti Fidel Castro milik Bonni / Budi (Mahesa Ratu) yang menjadi juara 2.

Duet kakak-beradik RG Bayu dan Fami (Bintang Jagad SF) juga menurunkan beberapa koleksinya. Kacer Raja Goda, misalnya, tampil sebagai juara 2 Kelas BKPP di bawah Rincong Aceh.

Kehadiran Bayu dan Fahmi sekaligus untuk mensosialisasikan kontes Depok Bird Song Champhionship di kampus Universitas Pancasila Jakarta, 6 Juli 2014.

“Ya, tadi sekalian mengundang kehadiran seluruh kicaumania agar datang dalam gelaran kami di kampus Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Jakarta Selatan,” ungkap Bayu.

Persaingan kelas kenari juga ramai. Dalam even ini, panitia membuka dua kelas kenari standar besar dan dua kelas kenari kecil. Tak ada seekor burung pun yang berhasil nyeri atau meraih double winner.

Kenari Aura Sakti
Kenari Aura Sakti

Kelas Standar Besar Wali Kota dimenangi kenari Aura Sakti, gaco andalan Nanda dari WintacoSF. Sejak awal digantang hingga menit terakhir, burung ini rajin bunyi dengan durasi kerja nyaris tanpa jeda. Aura Sakti membawakan lagu-lagu  khas kenarian standar terbaiknya.

Adapun Kelas Standar Besar Vita Grow dijuarai Cakra Donya, gaco anyar orbitan Waqi Wafi dari Jakarta. Jawara baru ini seakan ingin menujukkan kehadirannya bakal menjadi ancaman baru dikelas kenari besar.

Kenari Cakra Donya
Kenari Cakra Donya, debutan baru milik Waqi Wafi.

Hari itu, Wintaco SF juga mengantar cucak hijau Mr Granat  milik Ary RMI menjadi juara 2 Kelas Vita Grow. Jawara Liga  Ronggolawe Jabodetabek 2013 / 2014 ini masih tangguh dikelasnya.(d’one)

Hasil Lomba Gubernur Jawa Barat Cup  |  Galeri  Gambar

Salam sukses, Salam dari Om Kicau. 

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.