Uniknya empat spesies burung kirik-kirik di Indonesia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

BURUNG KIRIK-KIRIK BIRU

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kirik-kirik biru
Burung kirik-kirik biru.

Kirik-kirik biru / blue-throated bee-eater (Merops viridis) memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 28 cm, termasuk pita ekornya.

Burung dewasa memiliki mahkota dan mantel berwarna cokelat, setrip mata hitam, sayap yang berwarna hijau kebiruan, dan tunggir dengan ekor yang berpita biru pucat. Adapun tubuh bagian bawah berwarna hijau pucat, dengan tenggorokan berwarna biru mencolok.

Warna pada bulu remaja lebih kusam dan tidak ada pita panjang pada bagian ekornya, dengan kepala dan mantel berwarna hijau.

Terdapat dua subspesies / ras dengan wilayah persebaran sebagai berikut :

  1. Merops viridis viridis yang tersebar di China tenggara, Thailand selatan, dan Indochina hingga selatan sampai Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Kepulauan Natuna utara.
  2. Merops viridis americanus yang memiliki penyebaran hanya di wilayah Filipina.

Secara umum, kirik-kirik biru merupakan burung penetap yang banyak terlihat di Sumatera dan Kalimantan. Namun burung ini tidak cukup umum dijumpai di Jawa.

Habitat mereka lapangan terbuka dan wilayah penuh pepohonan yang berada dalam dataran rendah, dan biasanya terletak tidak jauh dari lautan. Mereka hidup berkelompok dan berkembangbiak di daerah yang berpasir.

Tidak seperti kirik-kirik laut, gaya terbang kirik-kirik biru kurang atraktif dan kurang melayang. Selain itu, spesies ini jarang melakukan aktivitas terbang. Mereka lebih menyukai berburu serangga yang terbang dengan cara menunggu di cabang / ranting pohon. Terkadang mereka menyambar serangga yang berada di dekatnya, termasuk di permukaan tanah.

Burung kirik-kirik biru betina menghasilkan 3-4 butir telur yang berwarna kuning tua, yang diletakkan di terowongan horizontal yang panjangnya mencapai 5 meter di daerah berpasir terbuka. Sebagian besar burung ini akan berbiak dengan cara berkoloni.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sarang kirik-kirik biru
Sarang burung kirik-kirik biru.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Suara burung kirik-kirik biru | DOWNLOAD

Kirik-kirik senja | Kirik-kirik laut | Kirik-kirik australia | Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.