Murai batu Asoka siap tempur di Presiden Cup III

Bisa diprediksi sejumlah jagoan murai batu terbaik di Indonesia saat ini, sepanjang tidak mabung dan kondisinya fit, bakal tampil dalam even terakbar tahun ini, Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni 2014. Fakta ini tak menciutkan nyali Aping dan Mohiang, dua kicaumania senior asal Jambi, untuk menguji ketangguhan murai batu Asoka milik Aping dan Mohiang. “Kini Asoka full istirahat, siap tempur, dan semoga bisa bikin kejutan,” kata Aping.

Dalam even Presiden Cup III, Aping dan Mohiang akan memperkuat Obit BC Jambi. Duet ini, bersama Roni, membentuk ikatan persaudaraan yang dikenal di Jambi dengan nama Mapiron.

Nama Mapiron merupakan kependekan dari Mohiang, Aping, dan Roni. Meski Roni sudah wafat, duet Aping dan Mohiang tetap setia membawa nama Mapiron.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Aping dan Mohiang Jambi
Om Aping (kanan) dan Om Mohiang (kaos kuning).

“Tetapi kalau berlomba, kita tetap membela nama Obit BC,” ujar Aping yang memiliki beberapa gaco top seperti murai batu Anatta dan lovebird Venus.

Murai batu ini diberi nama Asoka untuk mengenang almarhum Om Roni. Sejumlah kicaumania Jambi dulu kerap mengikuti latber di Lapangan Asoka yang dikelola Om Roni. Setelah beliau wafat, latihan dipindah ke Lapangan Reagan.

Murai batu Asoka sebelumnya milik Om Ipung, pemilik Toko Burung Ipung di Jalan GR Djamin Datuk Bagindo No 77 Talang Banjar, Kota Jambi, yang rumahnya tiap malam kerap dijadikan “markas” bagi kicaumania anggota Obit BC.

Om Ipung Jambi
Om Ipung, pemilik lama murai batu Asoka.

Di tangan Om Ipung, Asoka sudah langganan juara dalam berbagai lomba. Mapiron mentransfernya sekitar enam bulan lalu, dengan mahar persaudaraan: Rp 20 juta.

Beberapa saat setelah dipinang, MB Asoka memasuki masa mabung, tetapi sekarang sudah rampung sempurna. “Asoka selama ini dirawat Om Mohiang yang sudah diakui kepiawaiannya dalam merawat murai batu jawara,” tambah Aping.

Ya, Mohiang merupakan salah seorang kicaumania senior di Jambi. Sebagian besar pemain mengenal dia dengan baik. Bahkan Om Akia acapkali menitipkan Happy Birthday, salah satu murai batu terbaik nasional, untuk dibawa ke berbagai arena lomba jika sang pemilik tidak bisa mengawalnya langsung.

Murai batu Asoka
Murai batu Asoka: Siap tempur dan siap bikin kejutan di Presiden Cup III.

“Sekarang Asoka sudah tidak diturunkan lagi, baik dalam latihan spesial maupun lomba. Kini saatnya fokus disiapkan menghadapi Presiden Cup III. Semoga tampil maksimal, bisa bikin kejutan,” tambah Aping.

Lomba terakhir yang diikuti Asoka sebelum diistirahatkan adalah Avanza Berkicau, Minggu (8/6) lalu. Dalam even tersebut, Asoka meraih juara 1 Kelas Rush dan juara 2 Kelas Avanza.

Murai batu Asoka memiliki isian suara burung tengkek, cililin, kenari, dan kapas tembak. Lagu-lagu dan tembakannya dikeluarkan secara bergantian, terus-menerus, sejak awal digantang hingga akhir penilaian. (Kelana Lana)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.