Beberapa hal yang membuat performa anis kembang lebih baik

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Meski pamornya dalam lomba burung berkicau cenderung menurun, anis kembang / chestnut-capped thrush (Zoothera interpres) tetap memiliki penggemar yang banyak. Penangkaran anis kembang juga muncul di mana-mana. Hal ini karena anis kembang memiliki suara kicauan yang variatif dan cukup keras. Namun tidak mudah untuk memperoleh anis kembang yang memiliki penampilan baik. Berikut ini beberapa hal yang membuat performa anis kembang lebih baik.

Anis kembang
Perawatan tepat bisa membuat anis kembang memiliki performa lebih baik.

Sebagian besar kicaumania ketika disodori dua pilihan antara memelihara anis merah atau anis kembang, biasanya spontan menjawab yang terakhir. Mengapa? Soalnya, burung anis kembang memiliki karakter yang relatif tidak mudah berubah seperti halnya anis merah.

Meski demikian, membuat anis kembang nampil di lapangan lebih sulit daripada anis merah. Ini yang menjadi salah satu alasan mengapa makin sedikit AK mania yang menurunkan burungnya di arena lomba, sementara kelas anis merah masih diminati di beberapa daerah (terutama Blok Barat, Blok Timur, dan Bali).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Padahal perawatan anis merah dan anis kembang relatif sama, alias tidak jauh berbeda. Karena itu, dalam artikel kali ini, Om Kicau ingin menyoroti beberapa hal yang mempengaruhi performa atau penampilan anis kembang menjadi lebih baik, agar burung mudah nampil di lapangan, atau setidaknya menjadi penyanyi istimewa di rumah.

1. Pemberian voer pada anis kembang

Pemberian pakan kering / voer pada burung kicauan, termasuk anis kembang, sebenarnya tak harus terpaku pada merek-merek mahal, merek-merek terkenal, dan sejenisnya.

Yang harus dijadikan patokan, apakah voer tersebut cocok diberikan kepada anis kembang. Apabila cocok, maka kotorannya akan berbentuk kecil-kecil tapi padat, dan tidak bercampur air.

Dalam beberapa kasus, voer mahal belum tentu cocok dengan pencernaan dan metabolisme burung yang Anda miliki. Akibatnya, kotorannya “becek” dan terkadang disertai bau / aroma yang sangat tajam.

2. Pemberian extra fooding (EF)

Extra fooding (EF) yang biasa diberikan kepada anis kembang adalah serangga, cacing tanah, dan buah-buahan. Untuk konsumsi standar, berikut ini pengaturannya:

  • Porsi jangkrik cukup 2-3 ekor pagi hari, dan 1-2 ekor sore hari.
  • Kroto bersih diberikan 2-3 hari sekali. Untuk burung bahan bisa diberikan setiap hari pada waktu pengembunan.
  • Cacing tanah cukup 2-3 kali seminggu. Untuk burung bahan juga bisa diberikan setiap hari, pada waktu pengembunan.
  • Buah-buahan bisa diberikan setiap hari, dengan jenis buah yang dibuat selang-seling agar lebih bervariasi.

3. Mandi setiap hari, hindari metode semprot

Mandi pada anis kembang diusahakan rutin setiap hari. Jika belum terbiasa, silakan latih anis kembang Anda untuk mandi dalam karamba mandi. Jangan dibiasakan burung mandi dengan cara disemprot menggunakan sprayer.

Nanti akan terlihat, jika burung dalam kondisi cukup baik, dia senang bermain-main dengan air. Anis kembang yang menyukai air mudah terangsang birahinya, sehingga bisa membuatnya rajin berkicau. Selain itu juga bisa mempengaruhi emosinya saat burung dalam proses perjodohan.

Anis kembang mandi
Mandi merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam perawatan burung anis kembang

Selain membiasakan anis kembang mandi dalam karamba, alternatif lain yang bisa memancing burung ebih rajin berkicau adalah menghujan-hujankan burung saat hujan rintik-rintik / tidak deras.

Waktu yang paling baik jika ingin menghujan-hujankan adalah pagi hingga siang hari. Jangan sekali-sekali melakukan hal ini pada waktu sore / malam hari, sebab air hujan saat itu banyak mengandung asam sehingga tidak baik bagi kesehatan burung.

Dengan memperhatikan tiga hal di atas, burung anis kembang akan menunjukkan penampilan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.