Punya kenari isian? Gabung saja ke PKII

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Berangkat dari keprihatinan atas nasib kenari isian yang sepertinya masih dinomorduakan di negeri ini, beberapa kicaumania seperti Fahmi dan Bayu (keduanya dari Bintang Jagad SF), Andre “Obelix” Sutanto (Surabaya), dan lain-lain bersepakat mendirikan komunitas Penggemar Kenari Isian Indonesia (PKII). Sobat kicaumania yang punya kenari isian bisa bergabung dalam komunitas ini, agar bisa bersama-sama mengangkat pamor kenari jenis ini, sejajar dengan kenari standar.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bayu Bintang Jagad SF
Bayu (kanan) dan Andre Sutanto (tengah).

PKII sudah dibentuk enam bulan lalu, tepatnya pada 12 Desember 2013, untuk mengakomodasi para penggemar kenari isian di Tanah Air. Aktivitas yang dilakukan saat ini adalah selalu mendukung setiap even lomba burung berkicau di Indonesia, dengan  membuka kelas khusus kenari isian.

Menurut Om Bayu, ini menjadi komitmen PKII untuk mengangkat kembali popularitas kenari isian di negeri ini yang selama ini makin tergeser oleh kenari standar.

Tanpa bermaksud membuat dikotomi antara kenari isian dan kenari standar, mestinya EO bisa bersikap adil dalam membuka kelas kenari. Selama ini kenari isian cenderung seperti anak tiri dalam berbagai even yang membuka kelas kenari.

Fahmi dan mobil berspanduk PKII
Fahmi bersama mobil dengan spanduk PKII.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Banyak sekali EO yang tak membuka kelas kenari isian, kecuali bertarung di kelas kenari bebas / campuran yang berpotensi ngglender. Sementara kenari standar dibuka dengan beberapa kategori, mulai dari standar kecil, standar besar, hingga standar umum.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Padahal esensi memelihara dan merawat burung lomba adalah bagaimana burung mampu merekam suara-suara burung master, sehingga seekor burung memiliki nilai tambah dan tidak terlihat sebagaimana di alam liar.

Contoh paling gampang, adakah lomba murai batu standar, kacer standar, cucak hijau standar, dan sejenisnya? Semuanya pemain pasti berlomba-lomba membuat gaconya bisa punya isian selengkap dan sebagus mungkin, dan bervariasi.

Dalam konteks inilah, kenari isian perlu lebih diberdayakan, tanpa harus menghilangkan apa yang sudah baik dalam berbagai gelaran di kelas kenari standar. Membuat gelaran khusus kenari isian juga bisa menjadi solusi, dan ini bisa menjadi salah satu bidang garap PKII.

Yang jelas, dengan kehadiran PKII sebagai komunitas kenari isian di Indonesia, semoga popularitas kenari isian bisa kembali bersinar. (d’one)

Sekretariat PKII

Alamat: Jalan KH M Usman Depok, Jawa Barat

Kontak: 0819 0846 8051 (Om Fahmi)

Join FB: Penggemar Kenari Isian Indonesia

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.