Mengenal dan mengidentifikasi 16 jenis elang di Pulau Jawa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

16. Sikep madu asia / oriental honey buzzard 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sikep madu asia (Pernis ptilorhynchus) merupakan burung pemangsa dari jenis buzzard. Spesies ini adalah burung migran yang berasal dari wilayah utara bumi ini. Mereka akan mengunjungi Indonesia pada bulan Oktober-September hingga Desember, namun ada catatan bahwa sebagian burung telah menetap di Pulau Jawa.

Sikep madu asia
Burung sikep madu asia.

Sikep madu asia memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 60 cm. Kepalanya yang kecil dan panjang menjadi ciri khas burung dari kelompok buzzard.  Dalam perjalanan migrasinya, mereka sering terlibat konflik dengan elang-elang penetap lainnya seperti elang hitam.

Ciri khas lainnya adalah ekornya sering membentuk kipas. Kepalanya memiliki jambul kecil. Spesies ini sering terlihat mengunjungi hutan-hutan di pegunungan.

Saat terbang, burung akan mengepakkan sayap dalam beberapa kepakan lalu meluncur panjang dan melayang tinggi dengan sayap datar. Burung ini sering merampas sarang tawon atau lebah. Selain itu, mereka juga sering memakan serangga.

Penampilan burung sikep madu asia saat terbang:

Identifikasi sikep madu asia pada waktu sedang terbang
Penampilan burung sikep madu asia saat terbang.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Itulah 16 jenis burung elang yang memiliki daerah persebaran di Pulau Jawa. Selain memiliki populasi yang kian menipis, jenis-jenis elang ini merupakan satwa yang dilindungi UU No 5 Tahun 1990, serta PP No 7 Tahun 1999 dan PP No 8 Tahun 1999. Appendix II CITES menyebutkan pelarangan untuk memperjualbelikan atau memelihara satwa-satwa tersebut dalam kondisi hidup atau mati.

Sebelumnya | Halaman Awal

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.