Tips Om Benkbenk memaksimalkan kembali murai batu Natuna milik Mike

Michael Maulana, atau akrab disapa Om Mike, semula kolektor aneka jenis burung parrot atau paruh bengkok. Maraknya kelas murai batu, khususnya di Jabodetabek, membuatnya tertarik untuk mengokeksi burung ini. Dua murai jawara, Special One Jr dan Natuna, pun diboyongnya. Natuna merupakan jawara lawas yang kini moncer kembali berkat polesan om Benkbenk.

Murai batu Natuna
Murai batu Natuna, jawara lawas yang kembali moncer.

Murai batu Naruna dibelinya dari H Tavip (Pamulang) beberapa waktu lalu. Burung ini pernah menjuarai beberapa even, kemudian sempat dalam kondisi kurang top form. Tidak mau berlarut-larut, Om Mike memercayakan perawatan burung ini kepada Om Benkbenk yang memang dikenal sebagai pengorbit murai jawara.

Kini Natuna mulai menemukan kembali top form-nya, bahkan sudah mulai stabil di jalur juara seperti dulu. Ini sudah dibuktikannya saat turun dalam even Taman Radja, Juni lalu, dengan meraih double winner.

Tentu saja hal ini membuat Om Mike senang. Dia berharap prestasi murai batu Natuna dan Special One Jr, serta lovebird Candy dan Mata Dewo terus stabil, sehingga menjadi amunisi andal bagi NDB SF di berbagai even.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mike NDB SF
Om Mike bersama sejumlah piagam gaco-gaconya.

Full kroto, tanpa voer

Lalu bagaimana kiat Om Benbenk memaksimalkan kembali murai batu Natuna? Menurut dia, settingan yang dilakukannya biasa-biasa saja.

“Pagi buka kerodong, kemudian burung langsung dianginkan sebentar. Setelah itu masuk keramba mandi, lalu dijemur selama satu atau dua jam, tergantung kondisi cuaca,” jelas Om Benkbenk.

Selesai dijemur, burung langsung diberi 3 ekor jangkrik dan full kroto. Setelah itu burung dikerodong sampai sore.

Sore hari, burung kembali diberi jangkrik sebanyak tiga ekor. “Pakannya hanya full kroto dan jangkrik, tanpa voer,” tambahnya.

Om Benkbenk
Om Benkbenk sukses memoles kembali murai batu Natuna.

Dalam kondisi normal, MB Natuna sehari-hari hanya menggunakan sangkar harian saja, tanpa kandang umbaran. Tetapi jika birahinya sulit dikendalikan, burung tampak galak, barulah dimasukkan ke kandang umbaran sampai kondisinya normal.

Natuna memiliki isian cukup komplet, mulai dari suara burung tengkek, ngekek lovebird, suara burung gereja tarung, belalang, jangkrik, hingga tembakan cililin. Volumenya pun tembus,” jelas Om Benkbenk.

Murai batu Natuna bisa dibilang menjadi gaco masa depan Om Mike bersama NDB SF. Meski demikian, Om Mike masih ingin hunting burung jawara lainnya.

“Persaingan murai batu di Jabodetabek sangat ketat, lawannya berat-berat, jadi perlu hunting amunisi lagi agar makin mantap,” ujar pengusaha muda yang tinggal di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini.

Sebelumnya, dia juga sudah membeli lovebird Candy dari Om Benkbenk. Prestasi Candy sudah cukup banyak. Yang terbaru, burung ini menjadi juara 2 dalam Ramadhan Fiesta -Mampang Enterprise, 29 Juni lalu.

Lovebird Candy
Lovebird Candy moncer di Ramadhan Fiesta Mampang, 29 Juni 2014.

Om Mike juga memiliki lovebird Mata Dewo yang dibelinya dari Happard BC. NDB SF siap turun di beragam even akbar, termasuk even kolosal Piala Raja di Jogja, 7 September 2014. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.