House wren, si kecil berperilaku unik dan bersuara lantang

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

House wren (Troglodytes aedon) adalah burung pengicau berukuran kecil dari keluarga Troglodytidae. Penyebaran burung house wren tercatat mulai dari Kanada hingga wilayah paling selatan Amerika Selatan atau Amerika Latin. Jadi penyebarannya meluas di seluruh Benua Amerika. Burung ini memiliki perilaku unik, dengan suara kicauan yang lantang. Silakan unduh beberapa audio burung house wren, untuk memaster burung kicauan Anda di rumah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

House wren
House wren, burung kecil bersuara lantang.

Meski bertubuh kecil, dengan panjang sekitar 11-12 cm, suara kicauan burung house wren cukup lantang. Suara tembakannya inilah yang sebenarnya banyak dicari kicaumania di Tanah Air, untuk memaster burung kesayangannya.

Burung house wren memiliki jangkauan penyebaran yang cukup luas, yang meliputi seluruh wilayah di Benua Amerika.

Habitatnya bervariasi, terkadang mudah ditemukan di sekitar perumahan, pekarangan, peternakan, serta bangunan-bangunan buatan manusia. Bahkan tidak sedikit warga sekitar yang sengaja membuatkan kotak sarang agar burung ini berkembang biak.

Perilaku unik burung house wren

Burung house wren jantan memiliki sifat sangat teritorial. Burung ini akan berusaha mengusir burung jantan sejenis yang masuk ke wilayahnya. Pengusiran dilakukan untuk mencegah burung jantan lain merebut perhatian burung betina atau merebut persediaan pakan mereka yang berupa serangga yang banyak terdapat di wilayah kekuasaannya.

Pada musim kawin, perilaku burung ini berubah menjadi sangat liar. dan kali ini sasaran mereka bukan sekadar burung sejenis, melainkan juga burung lain yang bersarang di dalam wilayah kekuasaannya.

House wren
House wren. si kecil dengan perilaku yang unik

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung house wren tidak hanya berusaha mengusir burung lainnya, tetapi juga memberantas seluruh keluarga burung tersebut, termasuk burung finch, gelatik, swallow, bahkan burung berukuran besar seperti blackbird.

Jouse wren jantan akan mencari sarang-sarang burung lain, kemudian dirusaknya. Bahkan telur yang ada pun dibuang dan dihancurkannya hingga berkeping-keping. Oh, kejaaam!!!

Bukan itu saja. House wren juga memiliki keberanian untuk membunuh burung lain yang coba melawannya, serta mengambilalih sarangnya, kemudian digunakan bersama pasangannya untuk berkembangbiak.

Sarang house wren
Sarang burung tree swallow yang diambilalih house wren. Lihat ranting menjulur sebagai penanda sarang telah direbut.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Umumnya sarang diletakkan dalam sebuah lubang di pohon atau kotak sarang yang telah disiapkan warga setempat di halaman atau kebun mereka.

Burung jantan akan meletakkan puluhan ranting kecil di dalam sarang, yang akan digunakan untuk menandai sarangnya, lalu menunjukkannya kepada burung betina.

Jika betina mau menerimanya, maka dia akan bersarang di dalamnya. Tetapi jika tidak mau, burung jantan akan kembali membuat sarang baru, atau mencari sarang lain melalui proses pengambilalihan dari sarang milik burung lain.

Sarang burung house wren yang terletak di dalam lubang sangat rentan terinfeksi tungau atau parasit. Untuk mengatasi masalah tersebut, house wren akan menambahkan bahan sarang lainnya seperti jaring laba-laba yang di dalamnya terdapat telur laba-laba.

Ketika menetas, laba-laba kecil kemudian akan memakan tungau atau parasit yang berada di dalam sarang house wren itu. Hmm, cukup pintar juga akalnya.

Kepintaran dalam mengusir parasit juga dimiliki burung great tit yang seringkali membawa puntung rokok dan meletakkannya dalam sarang untuk mencegah kedatangan parasit. (silakan baca juga Usir parasit, burung bawa puntung rokok ke sarang).

Suara kicauan burung house wren

Untuk mengenali suara kicauan burung house wren, silakan dengar beberapa audio berikut ini. Bagian akhir merupakan video burung wren, untuk menambah wawasan kita bersama/

  • Suara kicauan burung house wren variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan burung house wren variasi 2 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan burung house wren variasi 3 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan burung house wren variasi 4 | DOWNLOAD

Video burung house wren

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.