Lima audio burung bersuara unik dari Amerika Selatan untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak spesies burung bersuara unik yang bisa ditemukan di berbagai wilayah di dunia ini, namun paling banyak di kawasan Amarika Selatan. Burung-burung ini memang tidak bisa ditemukan di Indonesia, tapi toh kita masih bisa mendengar suara uniknya untuk dimanfaatkan sebagai suara masteran bagi burung kicauan di eumah. Berikut ini koleksi lima audio burung bersuara unik dari Amerika Selatan untuk masteran.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

 Koleksi 5 audio burung kicauan bersuara unik dari Amerika Selatan
Koleksi 5 audio burung kicauan bersuara unik dari Amerika Selatan

Kawasan Amerika Selatan, atau sering disebut Amerika Latin, memiliki keragaman fauna yang tak kalah dari Indonesia. Apalagi di wilayah ini terbentang hutan hujan cukup luas, yang dikenal sebagai hutan Amazon. Hingga kini, sebagian areal hutan Amazon belum terjamah oleh manusia modern.

Sama seperti di Indonesia, masyarakat di negara-negara Amerika Latin seperti Brazil, Argentina, Paraguay, Ekuador, Chile, Uruguay, Bolivia, Kolombia, dan Venezuela cukup gemar memelihara burung kicauan.

Berikut ini lima jenis burung kicauan yang memiliki suara unik dan cukup popular di Amerika Selatan.

1. Rufous-collared sparrow (Zonotrichia capensis)

Burung tico tico
Burung rufous collared sparrow atau tico-tico.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Rofous collared sparrow termasuk salah satu burung kicauan sangat popular di beberapa negara Amerika Latin. Burung yang memiliki beberapa nama lokal seperti tico-tico, chingolo, dan copeton.

Suara kicauannya cukup lantang dan penuh variasi. Silakan dengar sendiri dengan memencet panel play di bawah ini:

  • Suara kicauan burung tico tico

Download suara burung tico-tico (klik di sini)

2. Rufous-tailed jacamar (Galbula ruficauda)

Rofous tailed jacamar
Burung jacamar / rufous tailed jacamar

Rufous-tailed jacamar merupakan spesies burung dari keluarga Galbulidae, dengan wilayah persebaran di Amerika Utara hingga Amerika Selatan.

Penampilannya cukup unik, karena bentuk tubuhnya mirip burung kolibri, dengan panjang tubuh sekitar 25 cm. Paruhnya panjang dan kokoh seperti tengkek, serta memiliki ekor yang panjang.

  • Suara kicauan rufous-tailed jacamar

Download suara burung jacamar  (klik di sini)

3.  Troupial (Icterus icterus)

Burung troupial
Burung troupial yang bersuara merdu dan bisa meniru berbagai macam suara

Informasi lebih detail mengenai burung troupial pernah dikupas Om Kicau di sini. Troupial menjadi burung nasional atau burung maskot dari Venezuela.

Troupial cukup popular di sejumlah negara Amerika Selatan. Suara kicauannya merdu, bahkan bisa meniru berbagai macam suara burung lainnya, termasuk suara siulan yang dilatihkan kepada mereka.

  • Suara kicauan burung troupial

Download suara burung troupial (klik di sini)

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

4. Vermilion cardinal (Cardinalis phoeniceus)

Burung kardnial
Perbedaan antara burung northern cardinal (kiri), vermillion cardinal (tengah), dan pyrrhuloxia.

Vermilion cardinal (Cardinalis phoeniceus) merupakan salah satu spesies burung kardinal yang popular di Amerika Selatan. Burung-burung dari keluarga Cardinilidae ini memang banyak dijumpai di kawasan ini, meski sebagian juga dijumpai di Amerika Utara.

Ada tiga spesies burung kardinal yang sangat digemari di Amerika Selatan. Selain vermilion cardinal, ada juga northern cardinal (Cardinalis cardinalis) dan Pyrrhuloxia (Cardinalis sinuatus).

Ketiga spesies ini memiliki suara kicauan yang hampir mirip, dengan tembakan-tembakan khasnya.  Berikut ini suara burung vermilion cardinal dan perbandingannya dengan Pyrrhuloxia.

  • Suara vermilion cardinal
  • Suara pyrrhuloxia
  • Video penjebakan burung vermilion cardinal

Mengenai burung northern cardinal, Om Kicau sudah pernah membahasnya dalam  artikel Burung kardinal, angry bird dari dunia nyata. Burung ini juga bisa didapatkan di Indonesia, antara lain di Mahkota Galery Jakarta.

Download suara burung vermilion cardinal  (klik di sini)

 

5. Musician wren / organ wren (Cyphorhinus arada)

Musician wren atau organ wren burung unik dengan suara seperti pianis
Musician wren / organ wren: Burung unik dengan suara seperti bunyi pianika.

Namanya cukup unik: musician wren atau organ wren (Cyphorhinus arada). Penamaan burung ini cukup beralasan, karena suara kicauannya sangat mirip dengan irama alat musik tiup pianika.

Burung yang kerap dijuluki uirapuru ini merupakan satwa asli hutan Amazon yang memiliki penyebaran di sepanjang kawasan hutan hujan Amazon.

  • Suara kicauan burung musician wren

Download suara burung musician wren (klik di sini)

Itulah 5 audio burung bersuara unik dari Amerika Selatan yang bisa menjadi koleksi audio burung atau memaster burung kesayangan Anda.

Namun Indonesia juga memiliki beberapa spesies burung yang tak kalah unik dan cantik. Silakan buka lagi artikel di bawah ini:

Suara burung sorga (Bird of Paradise ) untuk masteran

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.