Rahasia penjemuran cendet pascamabung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cendet Hacker milik Om Temox’z (KMP Team Pati) tampil sebagai juara 1 Kelas VIP dalam even Road to Putra IMI di lapangan Stadion Joyokusumo Pati, Minggu (20/7) sore tadi. Cendet langganan jawara ini sehari-hari ditangani mekaniknya, Om Heru. Kali ini Om Heru ingin berbagi tips perawatan cendet, terutama penjemuran cendet pascamabung, yang sangat menentukan performa di kemudian hari.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Temox'z dan cendet Hacker
Om Temox’z bersama cendet Hacker.

Nama Om Temox’s sudah tidak asing lagi di kalangan kicaumania wilayah pantura timur, Blok Tengah, dan kawasan Jatim sebelah barat (Jalaratu). Kendati baru tiga tahun terakhir ini aktif sebagai pemain, sebagian besar gaconya terus berprestasi di berbagai even.

Beberapa burung koleksinya yang langganan juara antara lain trio cendet Rock Speed, Gajahmada, dan Hacker. Dia juga memiliki New Potter, kenari jenis F1 warna bon kuning.

“Saya membeli cendet Hacker tahun 2012. Jadi sekarang sudah dua tahun di tangan saya,” tutur Om Temox’s ketika ditemui Om Kicau.

Cendet Hacker baru saja merampungkan masa mabungnya. Kontes Road to Putra IMI di Pati, Minggu (20/7) ini, pun merupakan penampilan perdananya pascamabung.

Om Heru, selaku mekanik cendet-cendet koleksi Om Temox’z, mengakui kalau perawatan Hacker tak terlalu ribet. “Sebelum lomba, cukup diberi lima ekor jangkrik, satu sendok the kroto, dan lima ekor ulat hongkong,” ujarnya.

Saat di lapangan, cendet Hacker tidak perlu dimandikan. Sebab apabila dimandikan dilapangan akan gembos alias tenaganya habis.

Dengan cara inilah, Hacker selalu siap tempur di lapangan.Gayanya ketika bertarung sering njeglek / nyeklek, yaitu kepala mendongang ekstrem ke atas.Itu dilakukannya sambil ngerol, disertai tonjolan lagunya yang terdiri atas lovebird, burung gereja tarung, serindit, pelatuk, tengkek, jangkrik, walet, dan belalang.

cendet Hacker
Gaya njeglek cendet Hacker.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

“Durasi kerjanya maksimal, dengan speed rapat dan lagu yang berselang-seling. Volumenya kencang dan tebal. Kalau untuk golongan cendet, ya tembuslah,” kata Om Temox’z.

Dengan penampilan dan performa suara seperti ini, tidak mengherankan kalau banyak cendetmania yang berminat untuk meminangnya. Sejauh ini, tawaran tertinggi datang dari kicaumania Surabaya, yaitu Rp 40 juta. Hanya saja, Om Temox’z belum mau melepasnya.

Rontok bulu jadi tengara penting

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mr Temox
Om Temox’z bersama cendet Rock Speed.

Menurut Om Heru, salah satu tengara penting untuk cendet agar dapat tampil maksimal di lapangan adalah ketika rontok bulu alias mabung. Harus dicek apakah mabungnya broll alias tuntas atau tidak.

“Jika rontoknya tuntas, mulai dari bulu sayap, ekor, kepala, dan dadanya, biasanya cendet ini bakal nampil maksimal di lapangan pascamabung. Tentu harus disertai dengan settingan atau setelan yang tepat setelah mabungnya rampung,” jelas Om Heru.

Nah, berikut ini settingan / setelan tepat untuk cendet pascamabung, seperti yang biasa diterapkan Om Heru terhadap cendet-cendet koleksi Om Temox’z.

Kunci utama yang tak boleh diabaikan pada cendet pascamabung adalah penjemuran. Dalam hal ini, proses penjemuran harus dilakukan secara bertahap:

  • Pada minggu pertama,durasi penjemuran cukup 15-20 menit saja.
  • Minggu kedua, durasi penjemuran ditambah menjadi 30-45 menit.
  • Minggu-minggu berikutnya terus ditambah,sehingga bulu-bulunya nampak matang dan tua.
  • Jika bulu-bulunya sudah matang dan tua, penjemuran bisa dilakukanmaksimal selama 3 jam,mulai pukul 08.00 hingga 11.00.

“Sekitar dua bulan usai mabung, cendet baru bisa dilombakan. Jadi janganburu-buru melombakan burung jika bulunya belum matang dan tua. Jika dipaksakan, akibatnya bisafatal. Misalnya burung nggak mau kerja di lapangan, dan hanya mutar-mutar saja dalam sangkar,” kata Om Heru.

cendet Hacker
Cendet Hacker juara 1 Kelas VIP dalam even Road to IMI di Pati, Minggu (20/7).

Om Temox’z pun siap menurunkan cendet Hacker dan beberapa koleksinya dalam even akbar Kicau Mania Bersatu (KMB) Cup 2 yang digelar Pelestari Burung Indonesia (PBI) di Semarang, 10 Agustus 2014.

Kontes Specta RKBC Pati (24/8) dan Piala Raja di Taman Candi Prambanan Jogja, 7 September 2014, menjadi sasaran berikuttnya. “Mudah-mudahan dalam tiga even ini, Hacker bisa tampil dalam top formnya selama ini,” ujarnya. (v1rgoboy)

Om Temox’z – KMP Team Pati

Kontak: 085328229222 / Pin BB : 28c01f01

Video cendet Hacker saat digantang dalam even Road to IMI di Pati, Minggu (20/7): 

( Download Video )

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.