Ragam pakan bijian untuk burung kenari

Kenari termasuk salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara di Indonesia dan dunia. Meski pakan kenari umumnya berupa biji-bijian, beberapa kenarimania menyajikannya dengan cara yang bervariasi. Berikut ini ragam pakan bijian untuk burung kenari sebagai tambahan pengetahuan bagi para kenari mania.

Pakan untuk kenari
Pakan bijian bisa diberikan dalam berbagai bentuk dan olahannya.

Beragam jenis pakan kenari sudah banyak dikembangkan, mulai dari pakan biasa hingga pakan yang diyakini mampu meningkatkan produktivitas induk di kandang penangkaran.

Berikut ini beberapa jenis pakan bijian untuk burung kenari, termasuk cara pemberiannya, sebagaimana sering dilakukan para penangkar dan penggemar kenari di seluruh dunia.

1. Pakan kenari atau canary seed

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pakan ini cukup umum diberikan para penggemar burung di seluruh dunia. Canary seed terdiri atas campuran biji-bijian yang berbeda kandungan gizinya, sehingga saling melengkapi.

campuran biji-bijian untuk kenari
Pakan yang baik menggunakan campuran beberapa bahan dan biji berkualitas.

Salah satu pakan kenari hasil racikan Om Kicau, dengan menggunakan ramuan dan bahan-bahan berkualitas, adalah BirdFood. Pakan ini sudah terbukti ampuh.

Salah seorang pengguna setia BirdFood adalah Om Eka Jr (Jr’C Halim), pemilik kenari-kenari jawara di wilayah Jabodetabek. Bahkan kenari Naga Sari miliknya belum lama ini dinobatkan sebagai sebagai juara umum Liga BnR Jabodetabek 2013/2014.

( baca juga:  Kisah unik Naga Sari, kenari terbaik Liga BnR Jabodebatek milik Om Eka Jr )

2. Biji rebus (boiled seed)

Biji rebus sebenarnya merupakan canary seed juga, namun direbus dulu sebelum diberikan kepada kenari. Biji rebus tidak mengandung nutrisi tambahan, karena tujuannya sekadar memudahkan kenari dalam mencerna makanannya.

biji rebus
Bijian yang direbus memudahkan burung mencerna pakan.

Biji rebus sangat bermanfaat untuk burung indukan yang sedang meloloh anak-anaknya. Sebab biji yang telah direbus memiliki daging yang lunak, sehingga mudah dicerna oleh induk dan anak-anaknya.

Pakan ini juga disukai burung kenari muda usia, karena lunak dan mudah dicerna, sehingga konsumsi pakan bisa meningkat, yang otomatis mempercepat proses pertumbuhannya.

Cara merebus canary seed:

  1. Simpan pakan kenari atau biji-bijian dalam saringan atau ayakan.
  2. Rebus dalam air mendidih selama 20 menit, atau sampai biji terasa lunak.
  3. Angkat biji yang sudah direbus, lalu tiriskan.
  4. Setelah dingin, biji rebus bisa diberikan kepada burung kenari.
  5. Sisa bijian bisa disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas untuk persediaan selama 4 – 5 hari.

Selain biji rebusan, Anda juga bisa memberikan sayuran yang direbus, seperti wortel, kentang, umbi-umbian, dan jagung. Kenari sangat menyukai pakan tersebut, karena dagingnya lunak.

Perlu diperhatikan, kesegaran sayuran rebus hanya bisa bertahan selama 15 – 18 jam. Jadi segera ganti dengan yang baru sebelum pakan menjadi basi.

3. Biji berkecambah (sprouted seed)

Biji berkecambah adalah pakan bijian yang sebelumnya direndam dalam air bersih, lalu dibilas, dan dibiarkan selama 24 – 72 jam. Setelah tumbuh tunas atau kecambah, pakan bisa langsung diberikan kepada kenari.

Biji berkecambah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi daripada pakan biji-bijian yang kering, termasuk kandungan vitamin dan mineral.

Biji berkecambah
Biji berkecambah memiliki kandungan gizi lebih tinggi daripada biji kering.

Pakan kenari memang memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral yang bisa diterima oleh burung. Tetapi proses perkecambahan akan mengaktifkan prekursor vitamin, sehingga mengubah biji kering menjadi bentuk sayuran yang lebih bergizi.

Bagaimana cara membuat bijian berkecambah untuk konsumsi burung, silakan buka arsipnya di sini:

Biji berkecambah untuk pakan burung kicauan

Perlu diingat, pemberian biji berkecambah yang baik adalah ketika tangkai tunas masih pendek. Saat itulah biji memiliki kandungan vitamin, protein, dan mineral yang optimal.

4. Pakan suplemen berbahan biji-bijian

Pakan bijian juga bisa dijadikan salah satu bahan baku dalam pembuatan eggfood. Hanya saja, pakan racikan ini bukanlah pakan utama, sehingga tidak perlu diberikan setiap hari, melainkan sebagai pakan tambahan saja, misalnya dua kali seminggu.

Eggfood untuk kenari
Eggfood sangat bermanfaat untuk kenari dan finch.

Eggfood sangat bagus untuk burung kenari dan finch. Untuk mengetahui cara pembuatan eggfood untuk kenari, silakan buka arsipnya di sini:

Resep eggfood untuk kenari, paruh bengkok, dan burung pemakan serangga

Agar hasilnya lebih memuaskan, bijian yang digunakan dalam pembuatan eggfood bisa direbus terlebih dulu, atau dicampurkan dengan minyak ikan.

Itulah berbagai ragam pakan bijian untuk burung kenari, yang sebenarnya sudah lazim diterapkan para kenari mania di Eropa, Afrika Utara, Amerika, Australia, dan beberapa negara Asia.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. mantap ilmunya tapi sayang kenari saya gak suka kecambah …tapi gak masalah saya cukup puas dgn bird food nya mantap………………………………………………..

Komentar ditutup.