Lomba Birdwatching Merapi 2014 berhadiah total Rp 20 juta

Bird watching atau mengamati burung-burung di habitat aslinya merupakan salah satu kegiatan yang menarik bagi para pecinta burung, baik di dalam maupun luar negeri. Untuk mendukung aktivitas tersebut, Balai Taman Nasional Gunung Merapi akan menyelenggarakan lomba bertajuk Birdwatching Merapi 2014 dengan hadiah total Rp 20 juta.

Taman nasional gunung merapi
Taman Nasional Gunung Merapi kerap dijadikan ajang pengamatan burung (birdwatching).

Sebelumnya, Balai Taman Nasional Gunung Merapi pernah mengadakan Merapi Birdwatching Competition 2012. Kali ini, Birdwatching Merapi 2014 akan digelar di Bumi Perkemahan Karang Pramuka, Kaliurang, Sleman, tanggal 5 – 7 September 2014.

Lomba ini bertujuan untuk mengumpulkan data-data persebaran dan keanekaragaman jenis burung di Taman Nasional Gunung Merapi, serta menjadi ajang pertemuan para pecinta dan pengamat burung dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyalurkan kemampuan dan pengetahuannya mengenai jenis-jenis burung.

ANis kuning di merapi
Anis kuning (Turdus obscurus) betina di lereng selatan Taman Nasional Gunung Merapi © Imam T

Birdwatching adalah kegiatan mengamati burung dengan peralatan khusus, seperti teropong atau binocular, lalu mencatat nama spesies, jumlah individu, perilaku, dan aktivitas burung ketika ditemukan. Kegiatan ini cukup popular di seluruh dunia, bahkan even-even akbar kelas dunia pun kerap digelar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain mengamati burung, birdwatching juga merupakan salah satu cara untuk mencatat penyebaran, populasi, dan perilaku burung di alam liar dalam suatu wilayah.

Birdwatching
Birdwatching: Kegiatan mengamati dan mencatat perilaku burung.

Birdwatching Merapi 2014 akan dibagi dalam beberapa sublomba yaitu, pengamatan, cerdas cermat, dan kuis. Ketiga aktivitas ini wajib diikuti seluruh peserta. Lomba tambahan yang akan digelar adalah fotografi dan desain logo.

Balai Taman Nasional Gunung Merapi menargetkan jumlah peserta sekitar 75 tim, masing-masing tim berjumlah 2-3 personil. Peserta yang mengikuti lomba ini merupakan kelompok pengamat burung yang ada di Indonesia.

Hingga Kamis (24/7) lalu, sudah ada 31 tim yang mendaftarkan kelompoknya. Pendaftaran ditutup tanggal 30 Agustus 2014.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

BALAI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI
Jl. Kaliurang Km. 22,6 Hargobinangun Pakem Sleman
Telp. (0274) 4478664 Fax. (0274) 4478665
YOGYAKARTA

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.