Penanganan burung kacer yang jadi pendiam usai mabung

Banyak pemilik burung kacer yang mengeluhkan momongannya berubah menjadi pendiam setelah mabungnya rampung. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan masa-masa sebelum mabung. Ini bisa terjadi pada kacer yang hanya dinikmati di rumah, maupun kacer yang kerap dilombakan. Kali ini, Om Kicau ingin berbagi tips mengenai penanganan burung kacer yang jadi pendiam usai mabung.

Kacer yang menjadi pendiam setelah mabung
Dibutuhkan perawatan yang tepat saat mabung agar kacer tidak jadi pendiam setelah mabungnya rampung.

Banyak hal yang bisa menyebabkan burung kacer kehilangan selera untuk berkicau setelah rampung mabung. Yang paling sering adalah perawatan yang kurang tepat ketika burung sedang membereskan masa mabungnya. Misalnya tetap melombakan burung, padahal burung belum selesai menumbuhkan bulubulu barunya.

Pada waktu sedang menyelesaikan masa mabungnya, burung membutuhkan energi dan protein yang lebih banyak daripada masa sebelum mabung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ketika burung dibuat selalu aktif, misalnya dengan menurunkannya ke arena lomba, maka energi dan protein yang seharusnya digunakan untuk membereskan mabungnya malah terkuras habis. Alhasil, burung cenderung mudah ngedrop, cepat lemah karena stamina yang kurang, dan mudah stres.

Di lapangan pun burung jelas tidak mungkin tampil maksimal, sehingga lebih banyak diam membisu lantaran tidak memiliki stamina cukup yang menyebabkan ia tidak berselera untuk berkicau, saat lawan-lawan bernyanyi dengan menggebu-gebu.

Kacer diam ketika dilombakan
Perawatan yang kurang tepat saat mabung dan setelah mabung bisa membuat burung kurang maksimal di lapangan.

Untuk mengatasi kacer dengan kondisi tersebut, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengistirahatkan burung untuk sementara waktu dari arena lomba, sampai kondisi dan staminanya kembali fit dan siap tempur.

Tidak sekedar mencutikan burung dari lomba, tetapi burung juga harus dirawat secara maksimal agar mentalnya kembali terbentuk sehingga bisa pulih seperti sediakala. Perawatan yang bisa diberikan antara lain:

  • Menggantang burung di tempat tenang, atau dikerodong jika tidak memiliki tempat lain yang bisa digunakan untuk menyimpan di ruangan yang tenang.
  • Memberikan pakan berprotein tinggi, misalnya jangkrik dan kroto.
  • Memberikan asupan vitamin dan mineral dari luar, misalnya BirdVit atau BirdMineral.
  • Kembali melakukan pemasteran dengan suara-suara masteran untuk menambah variasi suara kicauannya yang sempat hilang.

Adapun bentuk perawatan hariannya adalah sebagai berikut:

  • Hari Senin hingga Rabu, berikan 5 ekor jangkrik / hari yang diberikan dua kali: pagi dan sore. Penjemuran dilakukan selama 2 – 3 jam. Mandi tidak diberikan, tetapi alternatifnya bisa diberikan mandi malam tiga hari sekali. Jangan lupa berikan BirdVit selama tiga hari berturut-turut.
  • Hari Kamis dan Jumat , porsi jangkrik ditambah menjadi 8  ekor (pagi dan sore), penjemuran 2 – 3 jam, dan mandi diberikan pagi hari.
  • Hari Sabtu, porsi jangkrik kembali ditambah menjadi 10-12 ekor (pagi dan sore / malam). Mandi dan jemur tidak dilakukan pada hari ini. Burung cukup digantang di tempat teduh atau diangin-anginkan, setelah itu full kerodong. Pada hari ini, burung bisa diberikan BirdPower untuk membantu memulihkan staminanya sehingga berdampak baik pada peningkatan mental dan kegacorannya.
  • Hari Minggu, jika kondisinya siap tempur, burung bisa kembali dilombakan.

Perawatan di atas bisa dilakukan secara bervariasi atau tergantung kondisi dan karakter burung, karena ada kacer yang tidak terlalu banyak mengkonsumsi jangkrik, dan ada juga kacer lebih senang mengkonsumsi kroto.

Pemasteran sebaiknya dilakukan tiap hari pada saat burung sedang tidak aktif, atau saat burung beristirahat.

Setelah kacer mulai kembali pada kondisi normal, atau seperti saat sebelum mabung (rajin bunyi dan memiliki mental bagus), maka perawatan harian yang biasa diberikan kepada kacer tersebut bisa segera diterapkan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. Met siang Om, mau nanya ni. Kenapa ya burung kacerku tidak mau buka paruh. Dan sampai sekarang masih giras, padahal burung itu aku beli ketika masih anakan?
    Terimakasih. . . Salam kenal.

  2. Om saya punya kacer….dulu sering moncer di latber….tp gara2 kutu sekarang bulunya rusak…burung jd sering bagong dan tidak mabung mabung…terus bulu bulu di sekitar paha gundul…apa gimana ya om agar burung bisa mabung ato bulu bulu pada paha biar tumbuh lagi…perawatan harian..mandi pagi …jangkrik 5/5 jemur sampe jam 7 sampe jm 11….minta sarannya om…perawatannya supaya kacer saya kembali seperti semula….terima kasih….

    • kemungkinan besar burung kacer punya om terserang kutu/tungau yang menginfeksi bagian-bagian dari bulu burung. cuma untuk membuang/membersihkan kutu yang bermukim di sela-sela bulu tidak bisa sekedar dimandikan atau disemprot saja om, karena burung harus sambil dipegang lalu diurut bagian bulu-bulunya dengan cairan desinfektan / pembersih kutu/tugau seperti freshaves, juga bagian kulit paha yang botaknya untuk membuang jamur atau ketombe/sisik bulu/kulit kering yang menutupi pori-porinya. Kalau dilakukan secara rutin, biasanya dalam waktu beberapa minggu bulu baru akan tumbuh dan burung tidak akan terganggu oleh tungau atau kutu lagi, sehingga penampilannya pun akan kembali seperti semula.

      • Oke terima kasih om aries…..saya minta bantuannya untuk mendapatkan fresh aves om…domisili saya di banjarnegara,jawa tengah…saya pernah menanyakan lewat sms kpd salah satu agen produk om kicau di purwokerto untuk membeli tp saat saya sampai di TKP orang yg bersangkutan tidak bisa di hubungi om…akhirnya saya pulang tdk membawa apa2….hehehe….tolong minta agen yg bisa saya order secara online saja om….trima kasih…

        • om bisa minta pada agen yang dekat dengan lokasi om, misalnya di agen Wonosobo: Bp. HM Subroto, d/a. UD. SUBUR MAKMUR ABADI, Bunderan Bugangan Utara RT. 01 RW. 04, No. 54, Wonosobo 56319, Telp. 0286-324518 dan HP. 085385398797, nanti bisa ditanyakan melalui sms/telp apa bisa dikirim ke alamat, untuk agen lain yang ada di jawa tengah bisa dilihat di sini om:
          https://omkicau.com/bird-top-product/agen-produk-om-kicau/

Komentar ditutup.