Suara kicauan marsh tit untuk masteran gelatik batu dan gelatik wingko

Burung gelatik yang popular di Indonesia adalah gelatik batu (Parus cinereus), serta subspesiesnya yang biasa disebut gelatik wingko ((Parus cinereus cinereus). Namun di China serta beberapa negara sekitarnya, spesies gelatik yang popular adalah marsh tit (Poecile palustris ). Keunikan gelatik ini adalah suara kicauannya yang cukup lantang dan bervariasi, sehingga cocok dijadikan masteran bagi gelatik batu dan gelatik wingko kesayangan Anda.

Marsh tit
Marsh tit cukup popular di China sebagai burung peliharaan.

Sebagian kicaumania di Indonesia menganggap gelatik batu identik dengan gelatik wingko. Tetapi berdasarkan penelusuran Om Kicau, sebenarnya gelatik wingko merupakan salah satu dari 13 ras / subspesies gelatik batu. Tiga dari 13 subspesies tersebut bisa dijumpai di Indonesia, termasuk gelatik wingko.

( Info selengkapnya bisa dilihat Tiga jenis gelatik batu di Indonesia )

Jika burung gelatik batu dan gelatik wingko memiliki panjang tubuh sekitar 14 cm, marsh tit memiliki ukuran tubuh lebih kecil, yaitu 12 cm. Nah, karena posturnya yang mungil, sejumlah ahli perburungan menyebutnya sebagai miniatur great tit. Perlu diketahui, great tit adalah gelatik batu sejati, yang berbeda spesies dari gelatik batu yang ada di Indonesia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Marsh tit masih memiliki hubungan kekerabatan dengan gelatik batu dan gelatik wingko. Meski berbeda genus, ketiganya sama-sama anggota keluarga Paridae.

Burung marsh tit memiliki wilayah persebaran di seluruh kawasan Eropa, serta Asia Barat dan Asia Timur. Mereka bisa dijumpai mulai dari wilayah timur Pegunungan Altai hingga ke utara Jepang dan baratlaut China.

Sekilas, penampilan marsh tit memiliki kemiripan dengan gelatik batu. Namun perbedaan terlihat jelas pada warna hitam di bagian kepala dan dadanya. Gelatik wingko memiliki warna hitam memanjang dari paruh bawah hingga perut, sedangkan marsh tit hanya memiliki warna hitam pada bagian leher atas saja.

Marsh tit
Burung gelatik batu (kiri) dan marsh tit (Poecile palustris)

Perbedaan lainnya, suara kicauan marsh tit terdengar lebih lantang dan lebih bervariasi daripada gelatik batu dan gelatik wingko. Bahkan beberapa individu burung ini memiliki lima jenis lagu atau lebih, yang akan dinyanyikannya secara bergantian.

Sepanjang sejarah impor burung asal China, burung marsh tit tak pernah ke Indonesia. Bisa jadi karena spesies ini sulit hidup dan berbiak di lingkungan tropis.

Meski demikian, kita bisa mendengarkan suara kicauannya melalui audio mp3 yang sudah disiapkan Om Kicau berikut ini. Audio ini bisa digunakan untuk memaster gelatik batu dan / atau gelatik wingko.

  • Suara kicauan burung marsh tit – variasi 1
  • Suara kicauan burung marsh tit – variasi 2
  • Suara kicauan burung marsh tit – variasi 3
  • Suara kicauan burung marsh tit – variasi 4

Download kicauan burung marsh tit (klik di sini) 

Video burung marsh tit

Seperti apa penampilan fisik burung marsh tit, silakan lihat videonya berikut ini:

dan bisa menambah pengetahuan kita.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.