Sukses beternak murai batu kandang minimalis (150 x 70 x 70 cm3) ala Om David DVD BF

Tips penjodohan untuk mencetak murai batu kualitas lomba

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Yang dimaksud tips penjodohan di sini bukan bagaimana menjodohkan calon induk jantan dan betina, karena sudah sering dibahas di website ini. Yang penting, bagaimana kita mengetahui kapan atau timing birahi pada burung jantan dan burung betina.

Kali ini, kita fokus kepada bagaimana cara Om David DVD BF Kudus mencetak murai batu kualitas lomba, sesuai dengan pengalaman dan hasilnya selama ini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dalam hal ini, produk yang dijual adalah filial kedua (F2), karena lebih berpotensi memiliki kualitas yang lebih baik, sebagai konsekuensi dari pengumpulan sifat-sifat (genetik) unggul dari kedua tetuanya.

Sebagai contoh, Om David ingin mengawinkan anakan jantan dari kandang nomor 7 dan anakan betina dari kandang nomor 10.

Dalam ilmu genetika, pasangan induk di kandang 7 dan 10 sama-sama disebut parental (P). Sedangkan anakan dari kandang 7 maupun anakan dari kandang 10 sama-sama disebut F1. Jadi, perkawinan antara anakan jantan dari kandang 7 dan anakan betina dari kandang 10 disebut F2. Produk inilah yang dijual ke para pelanggannya, dan sebagian besar merupakan murai batu kualitas lomba.

Tentu saja, kita perlu menyeleksi keunggulan tetua dari F2, yaitu F1 jantan dari kandang 7 dan F1 betina dari kandang 10.

Misalnya, induk jantan F1 dari kandang 7 memiliki volume yang keras, tetapi kurang panjang dan kurang nembak. Sebaliknya, bapak dari betina F1 di kandang 10 memiliki volume sedang tetapi lagunya panjang atau ngerol.

Kotak sarang berbentuk boks
Kotak sarang berbentuk boks.

Dari perkawinan terpilih inilah akan dihasilkan F2 yang menggabungkan keunggulan kedua induknya (F1 dari kandang 7 dan 10). Dan itulah yang terjadi pada sebagian besar produk DVD BF Kudus.

“Sudah banyak murai batu dari kandang DVD BF yang moncer di Jabotabek dan sekitarnya, menjuarai even-even besar, baik di kelas ring maupun non-ring,” kata Om David.

Hal ini tidak terlepas dari kepedulian Om David dalam melakukan seleksi indukan. Semua induk pejantan dulu pernah berprestasi  di lapangan. Adapun induk betina merupakan anakan dari murai-murai jawara pula.

“Ada beberapa pemain yang punya materi bagus, tetapi susah setelannya di lomba. Biasanya burung itu saya tampung untuk dijadikan pejantan. Ada juga murai jawara di lapangan, namun kalau mabung susah sekali dan lama, sehingga nggak bisa kerja maksimal. Itu juga saya tampung untuk dijadikan pejantan,” tutur Om David.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Anakan murai batu DVD BF Kudus
Anakan murai batu poduk DVD BF Kudus.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Materi indukan di David DVD juga beragam. Pasalnya, dia juga kerap mengawinkan murai baru blacktail / ekor hitam jantan dan murai batu ekor putih betina. Ada tujuh pasang induk yang kini menjadi materi indukan di kandangnya, yang merupakan hasil perkawinan beda warna bulu ekor tersebut. (v1rgoboy)

Silakan baca tips lain dari Om David DVD BF:

 Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.