Gelatik jawa, burung masteran yang kian tersingkir

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung gelatik jawa (Padda oryzivora), atau di mancanegara dikenal sebagai atau java sparrow / java finch, merupakan salah satu spesies anggota keluarga Estrildidae. Gelatik jawa cukup terkenal di Eropa sebagai burung hias, dan sudah dikembangbiakkan menjadi beberapa varietas baru hasil mutasi warna. Gelatik silver pun merupakan salah satu varian gelatik jawa hasil mutasi. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung gelatik jawa
Gelatik jawa dengan beberapa varietasnya cukup popular sebagai burung piaraan dan penangkaran.

Ironisnya, burung asli Indonesia dengan wilayah persebaran di Jawa (termasuk Pulau Bawean) dan Bali ini kini justru tersingkir di negeri sendiri. Padahal, suara kicauan gelatik jawa bisa dimanfaatkan untuk memaster burung kicauan lainnya, termasuk murai batu.

Populasi gelatik jawa di alam liar terus mengalami penurunan, terutama akibat kerusakan habitat dan alihfungsi lahan pertanian, perkebunan, dan kehutanan di Jawa dan Bali. Beruntung saat ini sudah banyak penangkar burung gelatik jawa di Indonesia, sehingga bisa menghindari ancaman kepunahan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Untuk meningkatkan kembali populasinya di alam liar, ada baiknya para penangkar yang sudah sukses melepas sebagian hasil ternaknya ke habitat asli, agar burung juga bisa berbiak secara alami di alam bebas.

Gelatik jawa termasuk burung yang istimewa. Sebab penampilannya yang cantik telah mengilhami para penangkar di Eropa, khususnya Belanda, Belgia, dan Inggris, untuk menghasilkan berbagai mutasi warna yang cantik.

( baca juga Mutasi warna pada burung gelatik jawa )

Suara kicauan gelatik jawa untuk masteran

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain itu, suara kicauannya cukup unik sehingga bisa dimanfaatkan untuk memaster aneka burung kicauan lainnya, mulai dari murai batu, cucak hijau, hingga jalak suren.

Untuk mengenali bagaimana suara kicauan gelatik jawa, berikut ini beberapa audio yang bisa didengar atau didownload untuk dijadikan suara masteran bagi burung kicauan Anda di rumah.

  • Suara kicauan burung gelatik jawa – variasi 1
  • Suara kicauan burung gelatik jawa – variasi 2
  • Suara kicauan burung gelatik jawa – variasi 3
  • Suara kicauan burung gelatik jawa – variasi 4

Download suara kicauan gelatik jawa (klik di sini)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.